MOS

Posted on Juli 16, 2010

14


MOS, masa orientasi siswa,  sekarang sudah jamak dilakukan di tingkat SMP, kalau aku dulu sih merasakannya di SMA.

Sebagai ibu sudah dua kali aku ikut merasakan repotnya MOS, sewaktu si kakak memasuki SMP, dan baru saja kemarin selesai MOS SMA.

MOS SMP waktu itu aku ikut mersakan sibuknya mendandani kerudung si kakak dengan pita kecil sebanyak tanggal kelahiran, padahal kakak lahir tanggal 29, buat pitanya saja sudah ribet, apalagi harus dijahit. Itu untuk penampilan, kemudian disuruh membawa makanan yang namanya dibuat seperti sandi. Teletubbies merah cari keringat, ratu perak yang ternyata menyebut pocari sweat dan silver queen. Untungnya bawa aneh begini hanya berlangsung sehari, selanjutnya acaranya diisi dengan ceramah.

Tiga hari MOS SMA yang lalupun hanya disuruh bawa makanan dan minuman yang nanti akan dikonsumsi sendiri. Yang ribet memang nebak kata sandinya. Karena mama bekerja dan sampai di rumah malam hari, si kakak kupesan segera menelfon sepulang sekolah dan aku segera mencari bahan-bahan yang diminta di sekitar kantor,  repot kan kalau baru dicari malam hari, pasar kan sudah tutup.

Hari pertama disuruh bawa nasi lava, mata melirik ke kanan  disiram lumpur bermandikan ular minumannya air gunung dan minuman lo artinya nasi putih telur ceplok  kuningnya di pinggir dikecapin tambah mi goreng, air mineral dan milo. Hari kedua nasi santan ayam ancur dan telur sobek. Hari ketiga bawa nasi malam-malam lihat UFO kejedot tiang merah. He..he..aneh kan…padahal itu cuma kode buat nasi uduk nugget dan telur dadar iris, serta nasi semur telur tambah sosis. Minumannya disuruh bawa minuman ustad. Apa itu ? Ada yang tahu? Ternyata air putih juga.

Buat surat cinta juga selalu ada ya di setiap MOS, sampai2 blognya trainer terkenal itu kebanjiran pengunjung yang mencari contekan surat cinta. Ha..ha.. akhirnya akupun mencoba intip-intip ke sana, tapi belum  sempat nyontek plek sinyal mengalami gangguan. Akhirnya dikutiplah dari syair lagu sana sini, antara lain lagunya Oddie Agam, Ari Lasso, dan digabungkan jadilah surat cinta ngasal.

Kegiatan lainnya di MOS ini berupa pembekalan, ceramah tentang bahaya narkoba, dan diakhiri dengan bakti sosial ke masyarakat kurang mampu di sekitar sekolah.

About these ads
Posted in: keluarga