Sampah Elektronik

Posted on Juni 5, 2011

59


Perkembangan teknologi masa kini membuat peralatan elektronik cepat berganti model dan fungsi.  Ingat tidak dahulu ada  video player a la Betamax yang kasetnya besar, kemudian berganti dengan LD player, vcd player dan dvd player. Lalu ke mana barang-barang lama yang sudah ketinggalan model itu, dibuang atau disimpan sajakah?

Telepon genggam, dahulu yang besar sekali, sekarang sudah semakin tipis dan kecil. Setelah itu ada pula telepon genggam baru dengan fitur yang lebih baik.

Kitapun tergoda untuk membeli barang dengan model terbaru, karena takut ketinggalan jaman. Memang mungkin untuk sementara kita bisa bilang  telepon lamaku sudah dibeli orang kok. Tetapi bila tiap orang ganti telepon genggam semudah mengganti baju, produk baru akan tumbuh terus. Demikian pula dengan komputer, laptop dan barang lektronik lainnya.

Alat elektronik  terbuat dari berbagai macam bahan. Ada plastik, tembaga, PCB, timah, emas, perak dan kobalt. Zat-zat ini sangat beracun Jika racun dari sampah elektronik ini masuk ke dalam tanah maka akibatnya bisa meracuni mahluk hidup.

Cara pengambilan logam-logam berbahaya itu  dengan ditambang dari dalam perut bumi. Bisa dibaca  di artikel Coltan  yang ditulis oleh Nana Harmanto sebagai penulis tamu di Tuti Nonka’s Veranda. Penambangan coltan dari perut bumi Kongo merusak hutan  habitat gorilla dan menimbulkan lubang menganga di permukaan. Hasilnya dibelikan untuk senjata dan tumpahlah perang saudara.

Telepon genggam dan komputer menghabiskan 3 persen hasil tambang emas dan perak. Padahal tanah bumi harus digali 1 ton hanya untuk mendapat 1 gram emas. Indonesia termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang banyak menghasilkan sampah elektronik.

Maka, untuk alat elektronik tetap dipakai simbol 3 R  : Reduce, Reuse, Recycle. Pilihlah barang elektronik dengan kode ini.

simbol recycle

Untuk mengatur sampah elektronik ini ada perjanjian Basel (Basel Convention) yang diawasi oleh PBB.

Selamat Hari Lingkungan Hidup.

Artikel ini  dibuat untuk  berpartisipasi dalam  tantangan yang dikemukaan oleh sahabat blogger y Mas Alamendah . Selamat  Hari Lingkungan Hidup   5 Juni 2011

About these ads
Posted in: lingkungan hidup