Ayo Ngeblog : Tombo Ati Mujarab

Cerita perjalanan ngeblogku cukup panjang sebetulnya. Diawali dengan membuat  ulang akun di yahoo (akun yang lama lupa password karena jarang sekali dibuka, ) ketika diajak  bergabung dengan milis teman SMP.

Sejak itu kegiatan dunia maya hanya membuka arsip milis dan baca percakapan lama teman-teman. Lama kelamaan  bosan juga,  dan mulai ikut milis lain. Di  sinilah kutemukan alamat sebuah blog, blog yang bukan hanya sekedar diary online saja, tapi bisa memuat banyak hal berguna.

Langsung kuteringat keinginanku dulu untuk punya catatan buat anak-anak agar mereka bisa punya sesuatu yang bisa menggambarkan kepribadian ibu.  Keinginan ini karena pengaruh sebuah film lawas, Sunshine on my shoulders.

Maka,  jadilah sebuah blog di blogspot pada Januari 2009.   Sangat gampang membuat blog,  aku yang tanpa pengalaman apapun bisa membuat blog sendiri. Takjub tulisanku sudah tampak di layar . Dulu kukira tanpa usaha apapun, jika tulisan sudah muncul, maka akan berdatanganlah orang dari segala penjuru melihat dan membacanya. Satu demi satu artikel kubuat, jangankan komentar, kunjunganpun masih nol.

Blogwalking  baru kukenal setelah menemukan blog milik seorang teman masa kecil yang penuh dengan komentar. Kuklik link di sana sini, blog biasa saja ataupun blog terkenal. Tapi tetap saja tak ada kunjungan balik. Sedih nggak tuh?

Sampai akhirnya   kutemukan link milik  seorang ibu, bunda Lily. (mungkin bunda sudah bosan, cerita ini kuulang lagi)

Melihat bunda sudah punya teman banyak, kucoba mengaktifkan akun wordpress yang sudah kubuat bulan Mei 2009 tapi tak pernah diisi. Saat itu kupikir apa karena akun wp yang dipakai bunda ya yang membuat blognya ramai.  Kubuat sebuah artikel di wp, dan   setelah dua atau tiga kali komen di tempat bunda, beliau membalas balik. Senangnya tak terkira, Alhamdulillah. “love you bunda”, muah…..

Terkadang masih timbul rasa tak percaya,  adakah tulisanku ini betul bermanfaat dan menarik yang membuat teman-teman datang dan kembali lagi?  Meskipun terkadang merasa tulisanku ada yang tak layak tampil dan tak layak baca, apalagi banyak teman yang sudah pernah menulis buku, guru, dosen, dan orang pintar lainnya.  Memang tulisan di sini kubatasi tak akan ada curhat, meski demikian, kegiatan sejak awal memetik ide, menuliskan, mengedit, membalas komentar, berkunjung ke blog teman, bisa membuat lupa akan keresahan, kesedihan  dan kemarahan.  Bisa mendinginkan hati. Sebuah tombo ati yang sangat mujarab. Apalagi di dunia nyata tak banyak kutemui teman sejiwa, yang punya minat yang sama denganku.

Jika ada ide, atau suatu hal kecil, seperti kata atau benda  yang baru kukenal kucari penjelasan mengenai itu dan menuliskannya di sini, betul bisa menambah pengetahuanku. Dengan menuliskannya, insya Allah banyak lagi orang lain akan terbantu.

Tak usah jauh-jauh mencari bukti. Selain  ada orang lain yang menemukan manfaat lewat google search, anakku sendiri terbukti bisa mengandalkan artikel di sini. Si sulung pernah  mengambil artikel tentang  pencemaran alam dan alat musik tradisional Sunda, karinding, untuk tugas sekolahnya.

Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam

About these ads

72 thoughts on “Ayo Ngeblog : Tombo Ati Mujarab

  1. saya justru selalu menantikan posting ttg museum versi mbak Monda…makasih banyak ya mbak.

    satu lagi mbak, punya teman di dunia maya itu salah satu untungnya kita bs memilih mana yg kita suka tanpa perlu merasa tidak enak dengan yg tdk kita sukai.

    Kalau nggak sreg juga mau dia nulis tiap hari juga kita jarang bacanya….tp kl dah sreg,,,tiap ada waktu luang pasti berkunjung :)

  2. aku juga dulu pertama kali ngeblog ngga ada pengunjungnya hehehe……ternyata emang kita merasa tersanjung yach kalo tulisan kita dikomentari sahabat…..sukses utk kontesnya bunda….

  3. Iya bun.. kadang masih gak.pede dengan tulisan sendiri..

    Dan soal curhat aku juga gak mau masukin seh.. taoi kadang masih keselip juga satu dua postingan.. heheheh

  4. he…he..he.he
    jangan bilang bilang ya…
    waktu pertama kali inon ngeblog juga..
    mamih sama bunda itu yang pertama kali inon datengin :D :D :D :D

    bener banget senangnya ngeblog ,, karena menemukan orang-orang yang sehati dan sejiwa ya sama kita

  5. Hehehhee jadi inget dulu awal2 ngeblog juga mikirnya gitu, udah bikin tulisan pasti banyak org dtg ternyata kita perlu blogwalking ya bun. Sukses dengan kontesnya bun :-)

  6. Manfaat nge-blog itu luar biasa ya, mbak Monda…selain wawasan bertambah, silaturahmi kita juga jadi lebih indah.
    Bagaimana tidak, berkunjung dan ninggalin komen itu kan bentuk silaturahmi di dunia maya, karena ternyata susaaaah banget buat ketemuan di dunia nyata, apalagi kalo kita beda kota… :D

  7. waahh ternyata sahabat blogger pertama bunda monda itu bunda lily to.. waahh ayoo bund, bunda lily udah nerbitin satu buku lho, bunda monda kapan?? hehe :P

    sukses kontesnya yaa bund, dhe juga ikutan kontes ini

  8. Justru blog yang memberikan banyak informasi, bukan curhat, yang akan banyak di klik.. postingan yang banyak di klik, bukan berarti banyak orang datang berkomentar. Blognya mbak Monda ini memuat banyak informasi, sehingga orang suka datang kesini.

    Saya sendiri merasakan, postingan yang masuk 10 besar di klik orang, justru postingan yang sepi komentar…tapi justru itu kan tujuan kita ngeblog? Sharing ilmu dan pengalaman.
    Terus ngeblog ya mbak…saya jarang ikutan kontes, karena waktu luang sering kacau.

  9. ichaawe berkata:

    aku dulu suka ngeblog, hampir tiap hari posting dan bw kemana2. sampe komen di blog nyentuh ratusan. wkwkwkwk. itu duluuuuu..saat masih jadi ibu0ibu pengangguran. Sekarang dengan waktu yang terbatas. bw juga dipaksa2. blogku sepi kayak kuburan. Lumutan juga soalnya, jarang di apdet :D

    good luck kontesnya yah mbak

  10. kayaknya sama ya pengalaman kita ngeblog, nulisnya semangat banget, tapi kok gak ada yang komentari?? :)
    hehehe…ternyata memang belum ngerti apa itu gunanya bewe… :oops:

    cihuuyy….jadi aku ya ternyata komentator pertama disini, dulu itu … :)

    aku paling suka tulisan BuMon itu selalu didukung data, misalnya museum atau ttg sejarah jembatan……. :)

    semoga sukses di kontes ini ya BuMon :)
    salam

  11. Ayo menulis….kalau bukan sekarang kapan lagi…kita memang ngak ngerasa kalau artikel kita itu berguna atau tidak, orang lain yang menerima..jadi menulis saja mbak yach…dan sukses untuk kontesnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s