Ayo Ngeblog : Tombo Ati Mujarab

Posted on Desember 23, 2011

72


Cerita perjalanan ngeblogku cukup panjang sebetulnya. Diawali dengan membuat  ulang akun di yahoo (akun yang lama lupa password karena jarang sekali dibuka, ) ketika diajak  bergabung dengan milis teman SMP.

Sejak itu kegiatan dunia maya hanya membuka arsip milis dan baca percakapan lama teman-teman. Lama kelamaan  bosan juga,  dan mulai ikut milis lain. Di  sinilah kutemukan alamat sebuah blog, blog yang bukan hanya sekedar diary online saja, tapi bisa memuat banyak hal berguna.

Langsung kuteringat keinginanku dulu untuk punya catatan buat anak-anak agar mereka bisa punya sesuatu yang bisa menggambarkan kepribadian ibu.  Keinginan ini karena pengaruh sebuah film lawas, Sunshine on my shoulders.

Maka,  jadilah sebuah blog di blogspot pada Januari 2009.   Sangat gampang membuat blog,  aku yang tanpa pengalaman apapun bisa membuat blog sendiri. Takjub tulisanku sudah tampak di layar . Dulu kukira tanpa usaha apapun, jika tulisan sudah muncul, maka akan berdatanganlah orang dari segala penjuru melihat dan membacanya. Satu demi satu artikel kubuat, jangankan komentar, kunjunganpun masih nol.

Blogwalking  baru kukenal setelah menemukan blog milik seorang teman masa kecil yang penuh dengan komentar. Kuklik link di sana sini, blog biasa saja ataupun blog terkenal. Tapi tetap saja tak ada kunjungan balik. Sedih nggak tuh?

Sampai akhirnya   kutemukan link milik  seorang ibu, bunda Lily. (mungkin bunda sudah bosan, cerita ini kuulang lagi)

Melihat bunda sudah punya teman banyak, kucoba mengaktifkan akun wordpress yang sudah kubuat bulan Mei 2009 tapi tak pernah diisi. Saat itu kupikir apa karena akun wp yang dipakai bunda ya yang membuat blognya ramai.  Kubuat sebuah artikel di wp, dan   setelah dua atau tiga kali komen di tempat bunda, beliau membalas balik. Senangnya tak terkira, Alhamdulillah. “love you bunda”, muah…..

Terkadang masih timbul rasa tak percaya,  adakah tulisanku ini betul bermanfaat dan menarik yang membuat teman-teman datang dan kembali lagi?  Meskipun terkadang merasa tulisanku ada yang tak layak tampil dan tak layak baca, apalagi banyak teman yang sudah pernah menulis buku, guru, dosen, dan orang pintar lainnya.  Memang tulisan di sini kubatasi tak akan ada curhat, meski demikian, kegiatan sejak awal memetik ide, menuliskan, mengedit, membalas komentar, berkunjung ke blog teman, bisa membuat lupa akan keresahan, kesedihan  dan kemarahan.  Bisa mendinginkan hati. Sebuah tombo ati yang sangat mujarab. Apalagi di dunia nyata tak banyak kutemui teman sejiwa, yang punya minat yang sama denganku.

Jika ada ide, atau suatu hal kecil, seperti kata atau benda  yang baru kukenal kucari penjelasan mengenai itu dan menuliskannya di sini, betul bisa menambah pengetahuanku. Dengan menuliskannya, insya Allah banyak lagi orang lain akan terbantu.

Tak usah jauh-jauh mencari bukti. Selain  ada orang lain yang menemukan manfaat lewat google search, anakku sendiri terbukti bisa mengandalkan artikel di sini. Si sulung pernah  mengambil artikel tentang  pencemaran alam dan alat musik tradisional Sunda, karinding, untuk tugas sekolahnya.

Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam

About these ads
Ditandai:
Posted in: blog, peserta lomba