Bukittinggi, Si Sexy Nan Menawan

Bukittinggi, kota kelahiran proklamator Bung Hatta   pernah menjadi ibukota pemerintahan darurat Republik Indonesia di tahun  1948.   Bukittinggi berjarak lebih kurang 2 jam perjalanan dari Bandara Internasional Minangkabau di kota Padang.  Dari bandara menuju kota ini bisa memakai taksi sewaan seharga lebih kurang Rp 250.000,- atau bisa dengan mobil travel dengan biaya Rp 45.000,- per orang.

Baru tahu dari artikelnya Nique,  Bukittinggi dapat julukan kota yang sexy dari Gol A Gong. Belum jelas mengapa  disebut sexy.  Mungkinkah karena wisata kulinernya? Atau karena pemandangan alam, atau karena  hasil kerajinannya yang mengundang turis dari negara serumpun datang memborong  songketnya ? Ataukah karena kota ini sangat pas dijadikan basis untuk menjangkau semua lokasi wisata ?  Padahal kota ini tak terlalu luas, dalam sehari bisa hafal seluruh jalan di Bukittinggi, itu katanya.

Kota Bukittinggi dikelilingi oleh dua gunung berapi yaitu, gunung Singgalang dan gunung Merapi. Lokasi ini menjadikan kota  sangat menawan. Tak pelak hal ini menobatkannya sebagai  salah satu kota turis. Tetapi ada yang masih kurang, masyarakat kita belum mengenalnya sebagai tujuan wisata. Ketika kukatakan akan wisata ke Bukittinggi,  pertanyaan yang timbul “ada saudara ya disana?”.  Sangat berbeda jika bertujuan ke Bali yang semua orang mahfum pastilah untuk  berwisata.

Keindahan Bukittinggi digambarkan dengan baik sekali oleh penyair kawakan.  Simak  puisi Taufik Ismail  yang menggambarkan keelokan wilayah  ini. Spanduk sajak Dua Gunung Kepadaku Bicara  ini dipasang di rumah sastrawan yang   ada di kompleks  Rumah Puisi Taufik Ismail di Aia Angek, sedikit di luar kota Bukittinggi.

 

kelanjutan isi puisi selengkapnya :

Kedua gunung tentu saja
Cuaca dingin bahasanya
Kabut putih kosa katanya
Rintik hujan ungkapnnya
Senyap biru bisikannya
Kepada dua gunung kuulang tanya
Berjawab lewat desahan jutaan daun rimba raya
Bergema begitu indahnya lewat margasatwa
Ombak nyanyian insekta betapa merdunya
Bertanyalah pada Yang Di Atas Sana

( Idul Adha, Senin, 8 Desember 2008. Nagari Aie Angek, di seberang Nagari Pandai Sikek)

Gunung Merapi di kejauhan dilihat dari dalam hotel

Gn Merapi dari balik jendela mobil

Pagi berkabut di Bukittinggi

Gunung Singgalang nun di sana

Kedua gunung ini bisa dilihat berdampingan dari Ngarai Sianok  dan Gulai Bancah dua tempat yang cukup tinggi. Tetapi tampaknya harus punya lensa khusus untuk menangkap kedua gunung dalam sebuah frame. Tempat wisata lainnya yang layak dikunjungi selain Jam Gadang dan Ngarai Sianok, ada benteng Fort de Kock yang dihubungkan dengan Taman Puti Bungsu dan Kebun Binatang (sayang, kurang terawat, kolam air minum rusa kering) oleh jembatan Limpapaeh. Wisata sejarah lainnya ada Rumah Kelahiran Bung  Hatta dan Masjid Jamik Taluak.

Bukittinggi yang berhawa sejuk sangat cocok untuk bertanam bunga. Bunga yang menjadi penanda kota ini adalah Dahlia.

Sayangnya semua keindahan itu tak cukup didukung dengan kesiapan kota.  Papan penunjuk tempat wisata sedikit, kebersihan kurang terjaga, fasilitas toiletdi tempat umum  tak memadai ( toilet dijadikan tempat menyimpan kardus bekas oleh para pedagang). Semoga ada perhatian penguasa setempat.

About these ads

98 thoughts on “Bukittinggi, Si Sexy Nan Menawan

  1. Klu k bkittinggi jgn lupa maen ke puncak lawang tmpt kelahiran ku. .
    Menakjubkan skali dsna. .
    Ckup anda aj yg menilai. .
    Lalu jgn lupa jg mmpir di embun pagi. .daerah plg dingin di indonesia.
    Percya at gx. .cb aj buktiin sndri.

    • trims dani,
      ini dimabil jam 6, padahal menurutku jam 6 ini udah cukup siang lho (kl di Jakarta udah kabut polusi ya he..he…) tapi masih aja berkabut

  2. Saya berharap, suatu saat bisa benar-benar menetap di Bukittinggi, menyudahi segala perantauan dan menikmati indahnya kampung halaman. Tapi… entah kapan itu bisa terjadi, hehe… :)

  3. Pemandangan kabutnya keren pisan tuh bu :)
    Kalo soal perawatan fasilitas umum mah dibanjarmasin juga sama bu, jgnkan wisatawan luar daerah yg dr dalam daerah sendiri aja udah gerah ngliat kondisinya yg bikin gk nyaman. Gk tau knp ya kynya kurang begitu diperhatiin sm pemda setempat, pdhl tempat wisatanya yg sdh oke bakalan makin plus kalo fasilitas umumnya juga mendukung&memadai kan #sok keren nih komennya :D

  4. menurut aku, kota akan jadi objek wisata yang rame kalau tiket pesawatnya murah bun.. hehehe..

    soalnya aku pasti mikir2 deh kalau mau ke bukittinggi.. ke jakarta aja tiket normalnya 700an ribu, jadi bisa 3 jutaan satu orang cuma untuk tiket pesawat.. mahal.. >.<

    • nambah hehehe : perbandingannya aku barusan pesan tiket pesawat ke KL – Phuket – Singapore dari kuching harganya cuma 2 jutaan udah PP untuk 2 orang pula..

      • wah Niee mau jalan2 ke luar negri asyiknya….
        iya … kalau dari Pontianak ke daerah lain di dalam negri harus lewat Jakarta dulu ya…. terang aja ongkos jadi mahal….

        ongkos tergantung demand juga sih ya…

  5. begitulah keadaan pariwisata di negeri kita, yang penting uang masuk tapi kurang memperhatikan aspek penunjang keindahan dan kebersihannya… sungguh sangat di sayangkan..

  6. Bukittinggi memang kota yang indah…..rasanya daerah Minangkabau memang indah. Gunung, danau, sawah, ladang, belum songketnya….
    Rasanya selalu ingin kembali kesana.

  7. mechtadeera berkata:

    itu jembatannya cantik ya mbak…tampak kuno gitu…foto yg ada g. singgalang juga bagus…jadi berharap suatu saat sampai di sana juga.. amin…

  8. Membaca postingan ini saya kembali teringat buku Anak-Anak Langit, dan semakin penasaran, semoga satu saat nanti – dengan alasan dan tujuan yang belum saya ketahui – saya bisa singgah, ‘membaca’ kebesaran Allah di kota ini. Amin..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s