Tips Supaya Dapat Tempat Duduk di Bis Kota

Transportasi umum di Jakarta sudah tahulah masih banyak kekurangannya,  datangnya suka-suka. Bis yang ditunggu tak  tahu kapan datangnya, apalagi sore saat  jam pulang kerja bvis kota sangat padat penumpang, kita  musti cari akal bagaimana supaya bisa  mendapat tempat duduk.Bayangkan lelahnya kalau berdiri terus, apalagi  bila tujuannya  jauh. Jika bisa  dapat tempat duduk, lumayan bisa menyandarkan badan dan ambil kesempatan untuk tidur, tentu saja lihat dulu  keamanan sekeliling.

Nah supaya dapat kursi, caraku ada : yaitu kenali jalurnya, lihat di halte mana yg relatif kosong antrian penumpang, lebih baik menunggu di situ saja, pasti dapat tempat duduk.

Karena bis datang sesukanya  ada lagi cara supaya tak lelah  memanjangkan  leher seperti  jerapah agar bisa melihat ke arah kedatangan bis. Untuk ini aku sering  tanya pada pedagang kaki lima yang “mangkal” di halte, biasanya tukang rokok. Dia akan kasih info bila bis sudah lewat.

Sekali waktu saat   baru saja turun dari bis,  dan akan  pindah ke bis lain jurusan ,  di halte itu si bapak pedagang rokok memberitahukan bis baru saja lewat, dan menyuruhku mengejar bis tersebut.
“Naik lagi aja bu, bis baru sampe lampu merah, masih dapat” mana sempat berpikir  kan, kuikuti saja sarannya, untunglah, jika terlewat terpaksa harus menunggu lebih lama dan akan makin lama sampai di rumah, makin sore lalu lintas akan makin padat.

Tentu saja harus ada dong imbalan buat si bapak, yah  sesekali belilah dagangannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s