Keroncong

di bawah sinar bulan purnama
air laut berkilauan
si miskinpun yang hidup sengsara
di malam itu bersuka

beribu bintang taburan menghiasi langit biru
menambah cantik alam semesta
serta murni pemandangan

dst

Pernah mendengar lagu ini ? Lagu ini adalah potongan lagu keroncong dan mungkin sudah jarang lagu ini ditampilkan.

Lagu Di Bawah Sinar Bulan Purnama ciptaan Maladi, tahun 1940an  ini dulu diajarkan kepada kami, murid2 kelas 6 SD di Sorong oleh guru kelas kami.
Jaman itu (jadul banget kayanya ya..), yang mau diajarkan guru itu sepertinya terserah guru
yaa…, guru masih dibebaskan memilihkan pelajaran tambahan, karena kalau tidak salah kelas paralel tidak diajarkan seperti kami.

Mulanya murid-murid  pria menolak diajarkan lagu seperti ini.
Alasan pak guru memilihkan lagu keroncong karena kelas kami banyak badungnya sehingga harus diajarkan lagu2 lembut untuk meredam emosi.
Akhirnya murid pria mau mengikuti dan jadi sedikit lebih  kalem.

Selain lagu di atas,  seingatku pernah juga kami diajarkan lagu Jembatan Merah dan Bengawan Solo keduanya karya musikus legendaris almarhum pak Gesang.

Iklan

18 thoughts on “Keroncong

  1. tunsa berkata:

    Hehe…wah, kalo saya sih gak tau bun. Apalagi masalah lagu2 beginian. Lagu yg biasa aja gak tau 😀
    Jaman skrg kok gak ngajarin lagu2 tempoe doeloe ya?
    Salam

  2. nh18 berkata:

    Saya tau lagu ini …
    Dan .. Yes Indeed …
    ditangan Chrisye dan Erwin Gutawa (arrangernya kalau tidak salah) … lagu ini menjadi “kini” kembali …
    Sayangnya Erwin tidak memasukkan genre keroncong di lagu ini …

    Yang dimasukkan genre keroncong adalah lagu “Pasar Gambir” (ini juga dinyanyikan oleh Chrisye …

    (halah trainer nyerocos maning …)

    Salam saya

  3. bundadontworry berkata:

    sampai sekarang aku masih suka Mbak Monda dengerin lagu2 keroncong, yang paling suka itu lagu “Aryati” dan juga “juwita malam”.
    alhamdulillah, sekarang msh bisa di download di 4share ya 🙂
    salam

    • monda berkata:

      Kedua lagu itu juga lagu abadi ya bun, didengar kapan aja masih enak. Tp Juwita Malam ada versi barunya dari Slank, lumayan anak muda jadi banyak yg suka.

  4. vittayuni berkata:

    Di kelas anakku, cowok-cowok yang kelebihan energi malah diajak main jimbe (alat musik pukul)
    Gimana reksi mereka ya kalo diajak keroncongan 😀

  5. DM berkata:

    Bukan saja pernah dengar, malah setiap hari dengar. Karena salah satu hp-ku ringtone-nya kupasang lagu keroncong itu 🙂

    Tapi skenario filmku tentang film keroncong dengan lagu andalan (barangkali juga judulnya) “Di Bawah Sinar Bulan Purnama” belum kelar-kelar sampai sekarang 😦

    Aku kaget membaca judul “Keroncong” di google reader. Lebih tersentak lagi ketika mengetahui lagu keroncong yang dibahas adalah lagu “Di Bawah Sinar Bulan Purnama”. Seolah-olah hendak mengingatkan dan berkata: “Ayo Daniel, gimana riwayat skenario itu…” Huhuhu.

    • monda berkata:

      Ayo Daniel, selesaikan skenarionya, ditunggu seperti apa sih kelak ceritanya. Pasti penuh dengan lagu2 keroncong indah dan legendaris ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s