PSN demam berdarah

Jumat pagi ini, seperti setiap Jumat lainnya, sebagai petugas kesehatan kami bergantian turun ke lapangan ke rumah-rumah warga dan fasilitas umum di lingkungan kerja bersama-sama dengan kader jumantik (juru pemantau jentik) setempat untuk pemberantasan sarang nyamuk.

Insidens demam berdarah yang tetap tinggi yang mengharuskan kita untuk tetap waspada.

Penyakit demam berdarah /dengue  haermorhagic fever termasuk salah satu penyakit lingkungan, kalau lingkungan bersih insya Allah angka kesakitan  demam berdarah akan berkurang.
Banyak orang menyangka pengasapan atau fogging adalah cara pemberantasan nyamuk, padahal dengan fogging yang mati hanyalah nyamuk dewasa, sedangkan jentik tetap hidup dan nanti bisa berkembang jadi nyamuk dewasa yang berbahaya.  Yang diutamakan adalah pencegahan agar tak ada jentik.
Sudah pasti 3M , menguras, menutup dan mengubur harus terus menerus dilakukan.

Cara memeriksa jentik nyamuk : arahkan senter ke wadah air, jika ada jentik maka jentik akan bergerak menjauhi cahaya, jentik akan kelihatan menggelepar menari-nari.

Tempat-tempat yang mudah menjadi sarang jentik : wadah penampung air di bawah keran dispenser, di bawah meteran air, di bagian belakang kulkas, di baju-baju yang bergantungan, kaleng atau barang-barang bekas berisi air, dan daun-daun yang ada genangan air.

11 thoughts on “PSN demam berdarah

  1. Djangan Pakies berkata:

    seminggu lalu dapat kabar, kalo ipar saya yang tinggal di parung panjang terkena DM, alhamdulillah setelah di rawat instensif haemoglobinnya membaik.

    Selamat bertugas Mbak dalam memberantas DB yang tentunya perlu dukungan masyarakat di lingkungan masing-masing

  2. saidah berkata:

    Oooh gitu toh cara memeriksa jentik nyamuknya bu🙂 hihihi selama ini kalo yg ky diwadah2 air gitu palingan cm saya tengok doang gk pake senter, makasih yah udah ngingetin nih. Kudu lebih waspada dong saya apalagi ada bayi dirumah🙂

  3. danirachmat berkata:

    masih aktif di sini Mba Monda?
    Terimakasih ilmunya. Kadang suka serem kalo ada nyamuk pas bobo siang. Semoga sih selalu terhindar dari demam berdarah ya Mba Monda.😀

    • monda berkata:

      iya masih aktif juga di sini Da..
      cuma, aku heran ya ..kok bisa pada bareng2 komen di sini he..he…, nggak dibuat sticky lho….ngecek di beranda juga nggak ada posting ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s