Mudik Anak SMP

hari pertama, 24 Juli 2009

Berawal dari sekadar usulan iseng, akhirnya kita berkumpul di terminal 3 bandara Soetta untuk berangkat ke Balikpapan dengan Mandala Airlines pukul 11.20 untuk mudik ke kota yang telah ditinggalkan selama 28 tahun. Perasaan berdebar tak sabar, apa yang akan ditemui nati.
Tapi sayangnya 5 orang membatalkan keberangkatan karena masalah keluarga dan pekerjaan. Setelah mendarat dengan mulus di bandara Sepinggan yang telah direnovasi dan bergeser sedikit dari tempat semula (sejak 1993), check in di hotel Bahtera dilanjutkan dengan makan siang lezat tak terlupakan di restoran kepiting Kenari.
Kota ini telah jauh berubah tentu saja, sulit untuk melihat jejak-jejak masa lalu, lebih padat tetapi bersih sekali.

Malam pertama di kota Balikpapan diisi dengan dinner by the pool side, dengan dress code busana jadul a la tahun 70-an, ( ada yang mematuhi?).
Teman-teman yang masih berdomisili di Balikpapan bergabung, begitu pula yang dari Bandung, Jogja, Surabaya (Yanur dari Banjarmasin baru bergabung hari ke dua), dan dari mancanegara diwakili oleh teman yang bekerja di Qatar.
Di malam ini tampil foto2 jadul.
Menakjubkan , Lili berhasil mengumpulkan pas foto sd, Erica dengan badge sekolah yang masih apik, Iwan yang masih menyimpan buku kenangan.

Hari kedua, 25 Juli 2009

Dress code hari ini blue jeans dengan atasan putih.  Salut, kompak semuanya berbusana putih biru.
Acara dibuka dengan main perosotan kardus, tetapi kardus diganti dengan tikar plastik di lereng tercuram gunung Dubbs di jalan Tidore. Tikar ternyata gesekannya tidak semulus kardus, sehingga gerakannya lambat. Tetapi ada juga satu korbannya yang terguling-guling ke bawah, untung hanya mengotori baju, memar sedikit mungkin.
Kemudian beranjak ke sekolah yang masih tetap bangunan lama, hanya ada tambahan satu gedung kantor sekolah di bagian depan, sehingga pintu masukpun berubah melewati kantor ini.
Aula sekolah telah berubah, lantai semen yang dulu dipakai untuk lapangan basket telah diganti, tak ada lagi tangga-tangga di dinding aula dan berbagai peralatan senam seperti kuda2, palang bertingkat.
Ruang kelas sudah ber AC (bijaksanakah? sementara jendela2 lebarnya masih ada).
Guru-guru kitapun datang, ada pak Asnawi Onel, kepala sekolah dan istrinya bu Sri, pak Marlin, pak Siswantoro, bu Purba, bu Kudarningsih, bu Siti Aisyah, dan pak Toro serta pak Japri Duhu.
Mereka sudah pensiun kecuali bu Purba yang masih mengajar di sekolah lama.
Tentu saja semuapun bernostalgia mengenang masa-masa sekolah, guru-gurupun masih mengenali kita. Alhamdulillah, terima kasih guruku.
Makan siang di sekolah adalah buatan teman kita Pipit, terpuaskan rindu dengan sanggar dan ubi rebus saus kacang, jajanan masa kecil.
Yang paling emosional adalah acara berikutnya, napak tilas ke gunung Dubbs dan Pancur dengan berjalan kaki mencari akar kenangan masa kecil, menyusuri jalanan kompleks mencari rumah masing-masing. Ada yang beruntung bisa masuk ke rumahnya, tetapi paling banyak hanya bisa berfoto di depan rumah saja.
Makan malam hari itu di pinggir pantai Klandasan, a la Jimbaran, inipun dahulu belum ada.

Hari terakhir 26 Juli 2009

Nasi kuning makanan yang diimpikan untuk sarapan, lupakan dulu breakfast a la hotel, gurih sekali. Kemudian mencari oleh-oleh ke pasar tradisional Klandasan, di pinggir pantai. Pasar inipun bersih dan tertata.
Jam 12.00 waktu setempat check out dari hotel, dan menuju pasar Kebun Sayur yang sekarang menjadi pusat oleh-oleh. Makan siang di sinipun tak terlupakan, udang bakar yang bikin kalap, hmmmm……, kemudian dilanjutkan mencari soto Banjar dan es campur yang nikmat…dan bakpia lezat yang mengalahkan bakpia Patuk.
Berangkat dari Balikpapan menuju Jakarta sekitar puku 18.00 an. Perpisahan yang mengharukan dengan teman-teman disertai janji untuk berkumpul lagi tahun 2011 di tempat lain, Bali atau Lombok, yang penting berkumpul lagi.
Persahabatan masa kecil sekarang berubah menjadi persaudaraan yang tak ingin dipisahkan.

6 respons untuk ‘Mudik Anak SMP

  1. Arman berkata:

    waaa seru banget bu…
    itu jadi semua barengan temen2nya dari jakarta gitu ya? keren banget reuni nya…
    foto2 yang lain kok gak ditampilkan juga bu? hehe

    lha kok Arman udah nyampe sini, aku sempat bingung tadi soalnya lagi buat link ke sini juga,

    iya berangkatnya bareng2 dari Jkt,
    serasa jadi anak smp beneran, heboh,
    nggak pada nyadar udah tua2 he..he…
    foto2nya di fb ajalah, terlalu banyak yang terlibat soalnya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s