lontong

Pilih mana lontong daun atau plastik?

Plastik tidak boleh terkena makanan atau cairan panas, karena dapt menimbulkan kanker.
Karena itu jika hendak membeli makanan panas dari luar sebaiknya bawa wadah sendiri dari rumah. Repot ? Yah, makan di tempat saja kalau begitu.

Ada lagi makanan yang dibuatnya langsung memakai plastik. Lontong misalnya. Karena praktis banyak penjual makanan yang membuat bungkus lontong dari plastik. Bukan daun.
Dengan pemanasan berjam-jam agar lontong matang bisa dibayangkan berapa banyak unsur kimiawi yang berubah bentuk dan bersifat karsinogenik (mempengaruhi terjadinya kanker).

Jadi, tanyakan dulu “bang, bungkus lontongnya pakai daun kan?’

Iklan

24 thoughts on “lontong

  1. bundadontworry berkata:

    aku masih suka lontong yg pakai daun, selain harum juga lebih gurih, ternyata lebih sehat pulak ya Mbak Monda. 🙂

    ada juga sih tukang ketoprak di rumahku yg lontongnya pakai plastik, tampilannya lebih bagus , lebih putih bersih .

    salam

  2. zee berkata:

    Kak Monda,

    Lontong yang bungkusnya plastik itu aku belum pernah dapat lho. Masih sering sih ketemu lontong dengan bungkus daun pisang.,.,.

  3. nandini berkata:

    Juga segala makanan panas yang dibungkus dengan plastik..

    gaya tulisan yang “dokter sekali” bunda.. 🙂

    he..he… bagi2 info aja mbak mudah2an berguna,
    makanan panas dan bersantan memang sebaiknya jangan pakai wadah plastik, lebih baik wadah keramik

  4. Sash berkata:

    waduh, selama ini gak pernah kepikiran tentang hal ini bunda, untung saya jarang makan lontong, gak begitu suka sih hehe..

    aman deh kalau gitu mbak,

  5. Kakaakin berkata:

    saya perhatikan di tempat tinggal saya masih banyak yang menjual lontong berbungkus daun. Tapi yang aneh, ada juga yang melapisi plastik dengan daun pisang pd bagian dalamnya. Sama juga bo’ong… 😀

    he..he… maksudnya apa ya, biar gampang buatnya mungkin

  6. tutinonka berkata:

    Setuju dengan teman-teman … lontong dibungkus plastik mana enak? Daun pisang pembungkusnya saja seharusnya bukan sembarang daun pisang, tapi daun pisang tertentu (kalau nggak salah pisang klutuk), sehingga aroma lontong jadi enak dan harum …

    Iya lah, beli lontong yang masih dibungkus sja … 🙂

    daunnya harus khusus ya bu? baru tau nih

  7. ok berkata:

    sulit jga lho bun, karena terkadang mamangnya ga mau ngaku kecuali ketangkep basah lontongnya pake plastik 😀 aku juga kepikiran bukannya biayanya malah jadi lebih mahal pke plastik?

    liat tampilan lontongnya,. kalau dibungkus plastik lontong jadi putih mulus
    lontong daun lebih kusam dan agak kehijauan

  8. ~jayaros berkata:

    Waduhhh … kyknya sepelt tapi bahaya juga rupanya 😦

    mangkanya orang dulu jarang terkena penyakit yg di derita orang zaman sekarang … 🙂

    kembali ke alam deh ya, pake yg serba natural aja

  9. nh18 berkata:

    Wah serem juga ya Kak …

    Yang jelas …
    saya lebih suka lontong pakai daun …
    (bukan karena alasan kesehatan)

    namun …
    Aroma daun turut membuat Lontong yang kita makan semakin … mak nyuuuusss …

    salam saya Kak

    emang bener, lontongnya lebih gurih… makannya makin lahap deh

  10. monda berkata:

    @pagit: jeli ya bisa peratiin tanggal, memang ini posting lama, sengaja ditaruh ke depan lagi, buat bagi2 info kesehatan aja yg penting utk hari2

  11. monda berkata:

    @arman : tukang lonsay ada yg pake lontong plastik, alasannya praktis, ngebungkus pake daun itu perlu ktrampilan tersendiri, kl gak ahli bisa buyar

  12. p49it berkata:

    Tanggal dimuatnya tulisan di atas, kok sudah setahun lewat (10 Oktober 2009)?

    Begitu juga dengan tempe. Paling enak yang dibungkus dengan daun pisang.

  13. Bibi Titi Teliti berkata:

    waduh…
    baru kepikiran lho aku…
    Tapi…
    untunglah rata2 lontong yang ku beli dibungkus daun semua…

    Tapi tukang kupat tahu di rumah ku,
    lontongnya suka dibungkus plastik niiiiih…
    *huh*

  14. arman berkata:

    masa sih bu… ada lontong yang dibungkus pake plastik?

    yang saya tau sih ada lemper yang dibungkus pake plastik, tapi so far belum pernah liat lontong dibungkus pake plastik.

    gak asik dong ya kalo pake plastik. lemper aja gak asik kalo dibungkus pake plastik, apalagi lontong… 😀 sensasinya pasti beda.. hahaha.

    lagian bukannya harusnya kalo pake daun lebih murah ya daripada pake plastik?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s