Karies Gigi

Karies atau lubang gigi adalah penyakit pada jaringan keras gigi yang disebabkan oleh bakteri dan terjadi di tempat-tempat tertentu. Air liur, lidah dan otot-otot mulut tidak dapat membersihkan makanan yang tertinggal sehingga menyebabkan terkumpulnya protein air liur dan bakteri yang disebut dengan plak.
Proses karies tidak dapat terjadi tanpa plak gigi.

Penyebab karies dapat dibagi dalam tiga kategori : mikroorganisme, gigi, dan makanan.
Agar karies terjadi, ketiga keadaan ini harus ada bersama-sama. Karies merupakan penyakit kronis, karena itu keadaan ini harus berlangsung lama agar jumlah substansi gigi yang dirusak cukup besar sehingga dapat dilihat secara klinis.
Insidens karies selama berabad-abad dapat  ditelusuri karena karies dapat dikenali pada gigi yang telah terkubur ribuan tahun.  Tengkorak bebas karies ditemukan hanya pada bangsa Eskimo sewaktu belum ada kontak dengan kulit putih. Bangsa ini tidak memakan karbohidrat, mereka hidup hanya dari hewan buruan dan ikan.
Tetapi setelah mengenal cara hidup dan makanan modern jumlah karies giginya sebanding dengan orang kulit putih.

Karbohidrat adalah faktor makanan terpenting yang mempengaruhi jumlah dan jenis bakteri plak. Makanan dan minuman yang mengandung gula dapat menurunkan pH plak dengan cepat. Plak menjadi asam dan untuk kembali ke pH normal, sekitar 7, perlu waktu 30 – 60 menit. Frekuensi konsumsi gula yang berulang-ulang menyebabkan pH plak tetap rendah dan tidak dapat kembali ke pH normal. Dengan pH yang rendah ini maka mulai terjadi demineralisasi enamel yaitu lepasnya mineral dari lapisan enamel /email gigi, yang akhirnya menimbulkan lubang gigi.

Iklan

One thought on “Karies Gigi

  1. mei berkata:

    jalan2 ke sini nih.. wah info yg bagus sekali mbak, terutama fakta ttg bangsa eskimo itu dan mekanisme gula/ kabrohidrat thd tumbuhnya plak. makasih ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s