JAMBORE, pramuka?….bukan, tapi ini jambore blognya pakde

Warning : unresponsive script, a script on this page may be busy, continue or stop bla..bla…

Sedang konsentrasi baca kiat-kiat Pakde untuk meningkatkan Alexa traffic rank tiba-tiba muncul kotak biru di tengah dengan tulisan peringatan seperti di atas. Klik aja stopnya, bisa terus lagi membaca lanjutan posting, lalu pindah lagi ke posting yang lain, ada lagi kotaknya, lho kok muncul lagi. Ada apa sih Pakde? Cukup mengganggu lho, kalau boleh tolong dibetulkan biar pengunjung lebih betah.

Sejak pertama berkunjung ke blog Pakde (yang lama, sebelum mengalami gangguan) sudah banyak ilmunya yang kuserap dan kuikuti, meskipun beliau belum ke tempatku, hik..hik..hik..sedih…Nggak apa deh, sambil menghibur diri, Pakdenya lagi sibuk membetulkan blog yang rusak, buat yang baru dan cari-cari tali asih untuk jambore kali ini.

Pertama, tentang Alexa tadi. Nilai  awal Alexaku sama dengan yang dialami pak de di awal memasang logo yaitu di posisi 6 juta sekian, kalau duit sih oke banget dikasih nilai segitu, tapi Alexa janganlah. Maka kuikutilah kiat-kiat beliau, banyak blogging dan blogwalking. Alhamdulillah terbukti, perlahan-lahan turun menjadi 4 sekian, 3, dan saat ini 1 juta sekian (masih jauh dari pak de), dan kiat-kiat dengan si manis Alexa ini masih ada lagi, ayo cari aja di bhirawa.

Jangan terjebak oleh kalimat pertama, pelajaran kedua yang kuambil dari blog bhirawa. Memang selalu sulit untuk membuat posting baru bagi pemula sepertiku. Jadi dengan ikut saran pakde, kutulis kalimat atau kata apa saja yang terlintas, nanti tinggal digabungkan dan disunting, karena kalimat-kalimat lain akan segera keluar dari ingatan. Mantap kan…akhirnya posting barupun jadi dan siap ditampilkan.

Hal-hal lain yang dapat diambil sebagai pelajaran yaitu menulis dan membaca, dwi tunggal dalam ngeblog, ( betul sekali, tulisan kita jadi ada nilai tambahnya), promosi blog, jangan lupa, (mudah-mudahan kiat inipun bisa mendongkrak kunjungan ke tempatku), belajar dari kejadian rusaknya blog, maka harus ada blog cadangan atau back up.

Theme Bhirawa ini minimalis, tidak banyak pernik dan loadingnya cepat, widget secukupnya tetapi lengkap dan memudahkan pengunjung.

Tetapi, ada satu kiat yang sulit ditiru, yaitu komentar balasan dari beliau, karena komennya selalu kreatif lucu, ramah dan tidak menggurui lain dari yang lain. Mungkin itulah yang membuat orang betah berlama-lama di rumah pak de dan berulang-ulang datang berkunjung. Terima kasih ya pak de buat ilmunya.

Tulisan ini dimaksudkan sebagai peserta Jambore on the Blog.

31 thoughts on “JAMBORE, pramuka?….bukan, tapi ini jambore blognya pakde

  1. edratna berkata:

    Mbak benar-benar rajin, saya selama ini hanya menulis…tema blog dibuatkan si bungsu.
    Jadi benar-benar hanya menulis, sehingga memang tak pernah memikirkan trafik, ataupun rating tertentu.

    Jika ada waktu, baru mengunjungi teman-teman yang tulisannya memang menarik minatku. Kalau kunjungan balik, materi tulisan tak saya pahami atau yang kontroversial, saya hanya membaca sekilas.

    Pak De terlihat memang semangat ya, satu dua kali saya pernah mengunjungi.

    • monda berkata:

      bu, karena ada lomba2 itu makanya jadi ide menulis juga, abisnya kadang2 bingung mau nulis apa, lha nanti blogku kan kosong,
      baik banget sih bu mbak narpennya ngasih ide terus,

  2. kyaine berkata:

    saya lagi berkeliling baca2 review blog bhirawa. sengaja saya lakukan stlh saya krmkan review saya ke pakde cholik.
    **ternyata teman2 narablog bagus cara mereview sebuah blog, dan ini menambah wawasan saya.

  3. NURA berkata:

    salam sobat
    wah kreatif ya ada jambore on the blog,,
    memang kalau dibalas komentarnya dengan kreatif, lucu dan memberikan ilmu,,saya juga senang mas,,

  4. bundadontworry berkata:

    cihuy…..akhirnya Mbak Monda bkin review juga khusus utk PAkdhe kita tersayang.🙂
    bunda juga ikutan, tapi reviewnya abal abal gitu deh.
    semoga Mbak Monda menang dan berhasil mendapat tali asih dr PakDhe.
    selamat ya Mbak.
    salam hangat utk keluarga.
    salam

  5. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Assalaamu’alaikum Monda

    Alhamdulillah, dapat BW hari ini untuk blog monda dan beberapa yang lain. harap hari yang lain juga dapat beberapa orang lagi lantaran banyak urusan untuk dilakukan BW secara ramai. Mudahan persahabatan akan terjalin erat. Ahhhh… saya juga lama sudah tidak ke laman pak De Cholik.. Salam mesra monda semoga sihat dan bahagia selalu. salam rindu dari Malaysia.

  6. zipoer7 berkata:

    Salam Takzim
    Maap selamat malam, salam kenal dari belahan jakarta bagian selatan manusia pecinta sepeda onthel, hadir mengucapkan selamat atas partisipasi yang diberikan kepada sahabat, siapapun dia, dengan memberi artikel review berarti ibu adalah blogger sejati
    Salam Takzim Batavusqu

  7. sunflo berkata:

    BW ya…hhehehehe.. kenapa akhir2 ini aq mandeg BW ya mbak…:mrgreen: tmasuk jarang2 ke sini, maap yaa… dingin banget di sono..^^

  8. darahbiroe berkata:

    ijin mengamankan ketigaxxxxx

    moga menang kmrin dapat undangan dari pakdhe

    tapi saya gak berani ikut hehhe pada master2 saya cuman newbie

    berkunjung n ditunggu ajah kunjungan baliknya makasih

  9. Pakde Cholik berkata:

    Waduh..saya malah tidak tahu kalau ada gangguan itu,apa itu ya mbak..entar tanya dokter. Soal penyakit dalam di blog saya memang harus belajar nich.
    Terima kasih atas partisipsinya mbak.
    Nah, sekarang sudah bisa membuat review kan, Insya Allah makin lama makin mantep. Cobalah membuat review blog-blog yang sudah akrab untuk latihan.
    Setelah itu silahkan meningkat membuat Book Review, saya pernah membuat Book Review beberapa kali di BlogCamp, mungkin bisa dilihat sebagai pembanding.
    Dengan demikian maka ada kemajuan dalam seni tulis-menulis di Blog.
    Mirip sholat kan mbak, masa suratnya Kulhu atau Ina a’thoina… terus, kan mestinya sudah meningkat dan tambah dengan surat2 yang lain, betul ?? He he he he

    Sudah saya catat sebagai peserta.
    Salam hangat dari Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s