Go green a la ibu rumah tangga 2

Hari ini membongkar pot kompos buatan  sendiri, alhamdulillah sudah jadi, kupindahkan  ke wadah yang lebih besar untuk dijemur dulu, sesudah kering baru nanti akan dipakai sebagai media tanam untuk mengisi pot baru.  Pot kompos ini kusiapkan akhir Desember lalu.

Cara membuat kompos ini gampang sekali. Mula-mula siapkan wadah, bisa wadah bekas apa saja yang terbuat dari kaleng, ember  atau pot bekas. Dasar wadah harus berlubang untuk tempat keluarnya air. Dasar dilapisi kerikil atau arang kayu, kemudian lapis kedua sekam atau pasir,  masukkan sampah organik berupa sisa potongan sayur dan buah dan sisa sampah dapur lainnya.   Bahan organik ini dipotong kecil-kecil dan dilembabkan dengan percikan air untuk mempercepat pembusukan. Pisahkan bahan yang keras seperti tulang ikan atau ayam dan tongkol jagung karena proses pembusukannya lebih lama. Di atas bahan organik tadi ditutup tanah, demikian seterusnya sampai wadah penuh.  Cara ini membutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan, sedikit menimbulkan bau dan belatung, letakkan saja di pojok.

Jika ingin mempercepat proses dan meminimalkan bau dan binatang, pakai mikroorganisme cair  untuk melembabkan sisa makanan.  Larutan mikroorganisme ini  bisa ditemukan di toko pertanian. Dengan cara ini kompos dapat dipanen setelah 2 atau 3 minggu.

22 thoughts on “Go green a la ibu rumah tangga 2

  1. Ping-balik: Award Lagi « Kisahku
  2. Tanti berkata:

    Mbak Mondaaaa…
    Huebat deh… Go Green lah for our future..
    Oiya berarti kalo sampah tulang2 begitu, panennya berapa lama ya..
    Aku juga lagi kesem-sem ama tas yang dari kemasan sabun/kopi itu loh… tapi belum hunting benang en jarumnya.

  3. edratna berkata:

    Pekerjaan membuat kompos, membongkar pot, merupakan hal yang sangat menyenangkan dan mengurangi stres…tentu bagi yang suka bongkar pasang tanaman.
    Hal tsb tak bisa diterapkan untuk anakku, dia geli pada ulat, cacing dan temen2nya…lebih memilih bongkar pasang komputer, kabel2 dan temannya.

    • monda berkata:

      telaten banget sih nggak, cuma ngebuang aja kok,
      peran utama tetap asisten krn dia yg ada di rumah sepanjang hari, kita bagian kontrolnya aja

      segera meluncur ke tkp menjemput hadiah

  4. bundadontworry berkata:

    wh, Mbak Monda hebat sekali, dr cara2 yg seperti dicontohkan diatas, kita jadi bisa membuat pupuk sendiri.
    Terima kasih krn telah berbagi Mbak.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s