Ujian Nasional Sebentar Lagi

Untuk sementara aktifitas dan blogging mungkin akan agak melemah untuk beberapa hari.

Si adek minggu ini akan menghadapi ulangan mid semester atau blok. Kebiasaannya kalau akan ulangan minta tanya jawab, jadi sebagai mama pasti harus mendampingi. Besok mata pelajaran yang diuji matematika dan bahasa Arab (nyerah deh, aku nggak pernah belajar bahasa Arab, mungkin perlu bantuan sunflo nih).

Si kakak dalam 2 minggu lagi yaitu mulai tanggal 29 Maret akan mengikuti ujian nasional SMP. Tahun ini meskipun sudah ada keputusan dari Mahkamah Agung untuk tidak mengadakan ujian nasional, tetapi pihak terkait masih mengadakannya. Malahan UN dipercepat, tahun lalu UN sekitar Mei, sekarang diadakan Maret tetapi Mei nanti ada ujian perbaikan . Sebagai orang tua ternyata khawatir juga bagaimana nanti si kakak, mungkin lebih khawatir aku daripada anaknya sendiri, karena pengawas dari sekolah lain, biasanya anak-anak agak gugup.

Mata pelajaran yang akan diujikan untuk UN SMP ada empat yaitu matematika, IPA, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Teman-teman guru dan narablog lainnya mungkin ada masukan bagaimana supaya anak tenang menghadapi UN?

Iklan

34 thoughts on “Ujian Nasional Sebentar Lagi

  1. isil berkata:

    wah..maaf mbak sudah lama tidak berkunjung…
    sampai – sampai keponakan sil ujian sil ga tahu…

    moga sukses ya ujiannya buat si adek dan kakak..

  2. mademelani berkata:

    mbak, kok bisa nemu ide gambar perangko “pelita republik indonesia” itu? antik bgt… (tp suka bgt!) 🙂

  3. r3tno berkata:

    Doa orangtua paling mujarab menemani langkah anak waktu ujian… Semoga buah hati bisa menjalankan ujian dengan baik dan menjauhi godaan untuk percaya tahayul (bocoran soal.red) atau godaan untuk berbuat curang (kayaknya gak bakalan ya???) emangnya jaman jahiliyah dulu hahaha…
    Yang terpenting kita terus membantu anak-anak jadi orang baik ya Mba.

  4. anna berkata:

    semoga ananda sukses ujiannya mbak..
    blm bisa ngasih saran.. blm ngerasain mbak.
    yang jelas, dengan si anak belajar dengan bener2, pasti akan jadi percaya diri dan tenang menghadapi ujian.

  5. wieda berkata:

    hehehehe ikut heboh yah? lebih heboh pasti….jadi ingat jaman sekolah, pagi2 benar klo musim ujian itu ibu selalu menyediakan makan pagi yg “lebih” biar ngga lapar di sekolah….
    trus sholatnya pasti ditambah doa panjang….

    semoga ananda semua sukses……

  6. monda berkata:

    si masnya udah sehat mbak?
    mendekati waktu ujian sy malah melonggarkan aturan sedikit, biarin dulu main game sebentar biar ilang groginya

  7. bintangtimur berkata:

    Mbak, lagi deg-degan ya nungguin anak yang mau UN?
    Rasanya tips yang paling jitu adalah dibantu doa oleh orang tuanya. Mudah-mudahan dengan pendampingan yang tepat tanpa perlu menakut-nakuti, anak-anak itu akan bisa deh melalui UN ini dengan baik, Insya Allah…
    Sukses, salam sayang buat mereka 🙂
    Makasih juga doa dan dukungannya ya!

  8. kakaakin berkata:

    Mbak lagi sibuk ya…
    Mudahan anaknya bisa tenang menghadapi ujiannya ya 🙂
    Skalian mau kasih tau, tempat saya yang baru di
    Silakan mampir kalo udah nggak sibuk 🙂

    • monda berkata:

      bu tuti menyempatkan bw juga nih, trims doanya bu sama buat ibu juga semoga sukses
      ilustrasi dari perangko lama bu, jaman orde baru

  9. edratna berkata:

    Jika anak mau ujian, ibu akan heboh…dan sejauh mungkin membantu agar anak bisa nyaman dalam mempersiapkan diri.
    Saya dan teman-teman sesama pekerja perempuan, dulu minta cuti jika bertepatan anak-anak mau ujian…minimal bisa mendampingi mereka belajar dan berdoa.

    Semoga putra/putrinya sukses dalam ujian bu.

  10. sunubiz berkata:

    tips,ini dipake waktu masih sekolah,semoga bermanfaat:
    – untuk yang hafalan, biasanya efisien kalo membuat rangkuman,kata-kata kunci dari materi2 pelajaran.Jelas harus sering di ulang (aku mau makan ingat kamu, mau apa saja ingat kamu,kira2 begitu,hehehe)…dan hasilnya menakjubkan, saya yang sangat susah menghafal dapat nilai A untuk pelajaran hafalan…:D (eforia masa lalu)
    – untuk yang hitungan, pelajari prinsip dasar dari rumus2nya, jadi dikembangkan ke dalam bentuk lain mudah memahaminya. Yang ruwet itu kadang, ada satu soal, penyelesainnya bukan hanya 1 rumus tapi ada beberapa, nah kalo prinsip dasarnya ga tau, binun deh…:D, kalo yang ini harus banyak latihan mengerjakan soal…ga bisa dengan mengandalkan sekedar hafal rumus…kira2 begitu…mohon maaf kalo ada kekurangan.

  11. sunflo berkata:

    balik lagii… mbak mondaaaaa… iya tuh di tempat mba si snepsot ganggu nuuuiiii… umpetin ajaaaah… contek tips nya sunflo yaaa… hehehe…

  12. sunflo berkata:

    dooh jadi ingat kala aq ngajar dulu, mba… hehehe… aq ga bisa basa arab e… piye kie??
    iya,kata sobatku yg masih ngajar, sekarang musimnya ulangan … ah, ga bisa ngomong banyak dech, pokokna postingan ini ngingetin aq ke masa silam saat masih ada di antara murid2Q… *antara mellow n senyum2 sendiri*

  13. monda berkata:

    @abughalib, mamah aline,ossy : terima kasih doanya ya
    @desri : si kakak ini sering pusing kl mau ujian
    @yolanda: trims sarannya ya, kakak memperbanyak ngaji dan zikir
    @ok : ya itu juga sudah dijelaskan, memang ada ujian perbaikan sih

  14. ok berkata:

    mungkin dgn memberikan kisi2 yg baik bila gagal UN jadi ga perlu malu, bunuh diri, mengurung diri, dsb sebenernya bila saya terlahir di jaman ini saya sendiri ga yakin bisa lulus UN heheheheuy…

  15. Yolanda berkata:

    kalo gue kmrn pas ujian nasional gak gugup2 bgt sih
    secara gue suka serong kanan serong kiri
    hehe

    suruh berdoa ajja mbak anaknya
    dan tarik napas 3 kali sblm msk ruang ujian 😀

  16. Desri Susilawani berkata:

    sempet deg-degan juga gara-gara UN ini mbak. tahun kemarin keponakanku yang anaknya makngah lena itu ikut UN SMP. kita sih yakinnya, tapi si Tiwi kan punya masalah sama mata mbak, jadi khawatir ia tidak bisa membuat bulatan yang sempurna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s