Earth Hour Turunkan Beban Listrik

earth hourDemikian  isi kilas ekonomi di harian Kompas pagi ini. Program earth hour yang diselenggarakan pada Sabtu 27/3 2010 pukul 20.30 – 21.30 secara signifikan telah menurunkan beban listrik Jawa-Bali sebesar 811 megawatt atau jika dirupiahkan ada penghematan sekitar Rp 580 juta. “Jika kita hemat listrik, pembangkit listrik akan lebih sedikit membakar bahan bakar dan ini akan mengurangi pemanasan global” kata Kepala Divisi Komunikasi Korporat PT PLN Bambang Dwiyanto.

Himbauan untuk mematikan listrik pada tanggal 27 itu memang telah diiklankan di televisi sejak beberapa hari sebelumnya, jadi seharusnya masyarakat cukup paham. Tetapi apa yang dikatakan teman kerjaku : “Untuk apa ikut-ikutan matikan lampu, kita sudah bayar kok”

Mungkin itu pula alasannya mengapa di blok perumahanku tidak ada yang mematikan lampunya kecuali rumah kami, bukannya mau membanggakan diri, tetapi tahun lalupun hanya kami yang mengikuti. Miris sekali.

Kami mulai mematikan lampupun sebenarnya lebih lambat 10 menit dari waktu yang ditentukan karena si kakak yang akan mengikuti UN masih belajar. Setelah dia selesai, semua lampu dan peralatan listrik dimatikan. Keadaan rumah masih cukup terang karena lampu jalan dan rumah tetangga masih hidup, sehari-haripun jika malam hari lampu rumah kami padam seluruhnya karena lampu jalan di depan dan samping rumah sangat terang. Anak-anak sudah terbiasa dalam keadaan gelap, karena waktu tidur mereka memang sekita jam 9, jadi earth hour di rumah kami tetap dilanjutkan sampai pagi hari.

Tidak cukup sampai di situ, ternyata setelah memadamkan lampu semalaman, keesokan harinya, hari Minggu kami mengalami pemadaman sejak pukul 11 pagi sampai jam 6 sore, he…he…Earth hour nyambung lagi.

48 thoughts on “Earth Hour Turunkan Beban Listrik

    • monda berkata:

      posting lama memang, dibuat sticky
      abisnya temanya tahun ini kan masih sama ya, jadi nggak usah buat artikel baru lagi he…he…

  1. pri crimbun berkata:

    wah klo di kampung ane earth hourna tiap ari bun….. dari jam 12 malam smua lampu sekampung pasti mati… nah besoknya lagi baru idup, mulai dari jam 7 sore….

  2. usagi berkata:

    Tulisannnn tahun kemarin ya bun
    Sepertinya Earth Hour tahun ini sepi yaa
    Karena kurang promo,,
    Lebih gencar tahun lalu,, (^o^)

    Aku lgi nginep dirumah bunda lily malam minggu kemarin,, jdi gak ikutan,,
    Bunda thun ini ikutan gakk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s