Ditolong Allah Dengan Tawakal

Salah satu keuntungan blogging adalah punya banyak kenalan baru yang pintar dan mempunyai kelebihan yang tidak kita punya. Dari blogwalking kukenal beberapa penulis buku, salah satunya adalah Dewi Yana. Mbak Dewi  Yana ini ternyata orangnya masih muda usia tetapi sudah bisa menulis beberapa buku keagamaan. Judul artikel ini meminjam  judul sebuah buku yang ditulisnya “Ditolong Allah Dengan Tawakal”.

Buku ini mendapat pengantar dari Dr. M. Syafii Antonio, MEc. Antara lain beliau mengatakan ” Di antara konsekuensi globalisasi adalah semakin banyaknya orang yang kehilangan kedamaian spiritual dan mengalami stres yang tinggi. Dunia membutuhkan satu obat mujarab serta murah dan bisa diperoleh di mana-mana saja dengan mudah. Di Indonesia nama generiknya dikenal dengan Tawakal”.

Di halaman 24 Dewi menuliskan 10 pengertian tawakal, antara lain menyerahkan diri kepada Allah terhadap apa yang Allah kehendaki, ridha terhadap segala ketentuan Allah, dst. Tingkat pertama tawakal seorang muslim adalah menjadikan Allah sebagai penolong dirinya. Puncak tawakal seorang muslim adalah bila telah berhasil memasrahkan dirinya semata-mata di bawah kehendak Allah dan hanya menginginkan apa yang dikehendakiNya.

Bagaimana memotivasi tumbuhnya sikap tawakal ? Yaitu dengan cara mengenal Allah, melalui nama-namaNya yang indah (Asma Al-Husna), rasa percaya kepada Allah dan mengetahui kelemahan diri.

35 thoughts on “Ditolong Allah Dengan Tawakal

  1. yanrmhd berkata:

    alhamdulillah,,
    kembali tercerahkan bu,,,😀
    berserah diri pada Sang Pemilik Jiwa memang penting,
    syukur dan ridho akan hasil yg diperoleh dgn sekuat tenaga, semoga jadi jalan pada kemuliaan,,
    🙂

  2. jalandakwahbersama berkata:

    Subhanallah, terima kasih mbak Monda, telah berkenan membaca buku saya, dan terima kasih atas postingannya ini. Bila mbak Monda berkenan, boleh saya minta alamat rumah mbak Monda, kebetulan saya ada stock buku terakhir saya yang sdh terbit. Bila mbak Monda berkenan, InsyaAllah akan saya kirimkan ke Mbak Monda. Mohon maaf, saya lama absen ngeblog, krn sedang sibuk mengurus buku ke 4 saya yg sedang dalam proses terbit, yg judulnya “Dasyatnya Zikir” dengan kata pengantar dari ust. Muhammad Arifin Ilham, mohon doanya mbak Monda, agar semua lancar dan bisa terbit sesuai jadwal (akhir mei 2010). (Dewi Yana) ohya, bila berkenan, alamatnya, mohon di email ke : dewiyana_29@yahoo.com

    • monda berkata:

      mbak Dewi maaf ya baru bisa menulis singkat2 aja,takut salah ngereview buku agama,
      terimakasih sebelumnya mau dikirimi buku, berkenan banget mabk, he..he.. biar makin baik ibadahnya, ntar kukirim alamatku ya

  3. Asop berkata:

    Bagaimana memotivasi tumbuhnya sikap tawakal ? Yaitu dengan cara mengenal Allah, melalui nama-namaNya yang indah (Asma Al-Husna), rasa percaya kepada Allah dan mengetahui kelemahan diri.

    ….akan saya lakukan…🙂

  4. nopi berkata:

    duh, saya ketinggalan rupanya ya..
    saya blm kenal mba Dewi Yana ini, tp spt nya buku itu inspiratif sekali.
    thanx info nya ya..

  5. abrus berkata:

    dari pertama kenal mbak dewi yana sbg dbloger yg mengupas masalah agama Islam … sayang saya pernah membaca bukunya …😀

  6. Lia berkata:

    Isi bukunya bagus dan berbobot ya..jadi ingin membelinya, kira2 didaerah ku udah ada belum ya???. Thanks untuk infonya mbak monda.

  7. Plesiran berkata:

    Dalam setiap usaha kita harus berusaha keras disertai doa yang khusuk. Setelah keduanya dilakukan maka apapun hasilnya kita harus tawakal. Jika berhasil kita bersyukur dan jika belum berhasil ya kita harus bersabar, jangan menyalahkan orang lain apalagi marah kepada Allah Swt.

    Di BlogCamp ada acara pemilihan Superman Favorit berhadiah, silahkan bergabung sambil menengok blog kesayangan.
    Salam hangat dari Surabaya

  8. isil berkata:

    aslkm mbak monda..
    itu buku terbaru dari mbak dewi yana ya mbak??
    bener banget, sil setuju dengan kata2 awal mba monda..
    salah satu keuntungan blogging adalah kenal banyak orang yang punya kelebihan dan keunikan masing2..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s