Roots by Alex Haley (reposting)

 

Roots , the saga of an American Family

Sekali lagi aku mencoba reposting karena tiap hari kutemukan  di dashboard Wp ada saja laporan seperti ini, ada  yang mengklik kata kunci alex haley atau roots menunjukkan ketertarikan orang akan masalah ini.

Kemarin

Cari Tampilkan
alex haley 2
apakah harimau suka makan durian 1
tahun kunjungan museum 1
malaikat menyamar jadi pengemis 1
jambore pramuka 1
middlesex in oprah show 1
pampers mora bayi 1
genetika bayi berkelamin ganda 1

Artikel pertama ini dibuat Juni setahun yang lalu dan dimuat di blog lama yang kemudian kuekspor ke wordpress, masih asal-asalan dan terlalu ringkas, khas orang yang masih belajar. Kali kedua aku melakukan reposting,  mau pakai ilmu yang disampaikan bundo dan pakde :

nakjaDimande April 11, 2010 at 10:52

selamat siang mbaa..!
klo mau reposting cukup dengan merubah tanggal publish yang ada disebelah kanan itu loh mba.. hihi aku ngga jago ngejelasinnya. pokoknya mba monda edit dulu postingannya.. boleh edit isinya artikelnya lalu dirubah tanggal publishnya.. gitu aja kok mba

BlogCamp April 15, 2010 at 18:49

Kalau mau reposting ya, edit cepat, edit tanggal publishnya. Jadi muncul pada tanggal yg kita inginkan.
Gampang kan mbak.
Salam hangat dari Surabaya

Buku ini adalah warisan dari almarhum ayahku. Pertama kali kulihat beliau membaca buku ini waktu aku masih smp. Buku yang dibacanya cetakan ketiga terbit tahun 1977. Aku melihatnya asyik sekali membaca buku yang cukup tebal, 729 halaman, dengan font kecil dan rapat. Beliau menceritakan sekilas isi buku, dan waktu itu aku bertekad akan membacanya juga suatu saat. Dan akhirnya memang aku bisa membaca buku ini walaupun dengan dua kamus di tangan kiri, Inggris-Indonesia dan Inggris-Inggris, karena ternyata banyak sekali kata yang tidak kumengerti dengan bahasa Inggrisku yang pas-pasan.  Sampai sekarang aku masih menyimpan buku ini,  kertasnya sudah menguning, maklum kertasnya jenis kertas koran, edisi paperback.

Roots mendapat hadiah Pulitzer tahun 1977, film televisi yang diadaptasi dari novel inipun mendapat pernghargaan Emmy pula.

Penulis menceritakan kisah nyata yaitu asal-usul keluarganya dari benua Afrika. Kisah dimulai dengan masa kecil Kunta Kinte  di kampung Juffure di pedalaman Afrika. Kunta  diculik dan dijual sebagai budak di Amerika tahun 1767 sewaktu ia masih remaja belasan tahun. Dapat dibayangkan kesedihan Kunta yang tercabut dari kampung halaman, akar budaya dan agamanya (ia Muslim) dikurung  dan diperlakukan tidak manusiawi di negeri yang tidak dimengerti bahasanya, tak ada yang dikenal  dan tanpa ada harapan akan bertemu dengan orang tua dan sanak keluarganya kembali.

Cara Haley mencari asal-usul nenek moyangnya  berdasarkan cerita lisan dan kata-kata Afrika yang dikisahkan  turun temurun di keluarganya dan menemukan kampung di tempat yang sekarang bernama Gambia.  Haley menyatakan walaupun novel ini fiksi tetapi Kunta adalah benar nenek moyangnya. Ia mendapat tuduhan plagiat karena sebagian isinya dikutip dari buku lain ( sumber: Wikipedia). Banyak lagi kontroversi seputar isi buku dan tokoh-tokoh di dalam cerita ini yang diselidiki oleh ahli genealogi, ilmu yang mempelajari asal-usul.  Meski demikian buku ini telah membangkitkan minat orang Amerika untuk mencari  asal-usul keluarga masing-masing.

43 thoughts on “Roots by Alex Haley (reposting)

  1. Bening berkata:

    Wah dia memang hebat ya mbak sampai terkenal begitu. Saya belum mengenalnya..karena agak asing namanya…dibandingkan dengan Lady Diana aau Madona misalnya he he he he

    Salam hangat dari Bening

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s