Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan   berada dekat Hotel Omni Batavia di wilayah Kota Tua, tepatnya di jalan Kali Besar Barat. Jembatan ini berfungsi sebagai jembatan penyeberangan di atas Kali Besar.

Jembatan Kota Intan ini bisa dinaik -turunkan jika ada perahu yang akan melintas di bawahnya karena dilengkapi dengan semacam pengungkit untuk menaikkan sisi bawah jembatan. Saat ini tidak bisa diungkit lagi karena faktor usia.

Jembatan dibangun pada 1628, dan diberi nama Jembatan Inggris. Beberapa waktu kemudian jembatan mengalami kerusakan dan beberapa kali pula direnovasi, berganti pula namanya. Pernah dinamakan jembatan Pasar Ayam, jembatan Pusat dan jembatan Juliana (Ophalsbrug Juliana /Grote Boom/ Het Middle puntbrug/Hoender Pasarbrug).

 

Sumber foto dari sini

Dikisahkan jembatan ini dibangun agar menyerupai jembatan di kota Amsterdam, alasan yang sama untuk membangun gedung yang menyerupai bangunan di ibukota Belanda itu. Jembatan di atas sungai Amstel, Amsterdam ini bernama Magere Brug.

Sumber foto dari sini

Dan ini adalah beberapa foto yang kuambil 1 Agustus 2010 lalu.

Jembatan ini sangat menarik jika dipandang dari berbagai sudut, tak heran anggota rombongan Batmus berhenti cukup lama di sini. Di pinggir kali ada beberapa lampu sorot besar.  Di tepi Kali Besar inipun telah dibangun pedestrian yang cukup rapi dan luas, ada tempat duduk pula, pasti  menjadi pengalaman yang mengesankan duduk di tepi sungai memandang ke arah jembatan yang disinari lampu.

Iklan

36 thoughts on “Jembatan Kota Intan

  1. Ping-balik: Me Time « Kisahku
  2. jaya saputra berkata:

    bagi nyang melihat kote tue dan jembatan intan,,,,,buruan dtng ga bkl nyesel sumpe,,,,,,,, tp mlm weekend ye kesanenye cos sklian kongkow aje,,,,,,,,,

  3. edratna berkata:

    Saya baru sampai museum Fatahilah, museum wayang, museum keramik…dan yang tak lupa Batavia Cafe.
    Kapan-kapan ingin ke kota Tua….hmm kapan ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s