17 Agustus

Tahun ini bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya untuk yang ke 65 kalinya. Banyak yang telah dicapai bangsa dan negara dan banyak pula kekurangan yang masih belum bisa diperbaiki.

Tetapi, bukan itu yang akan kutuliskan di sini.

17 Agustus itu selain merayakan kemerdekaan bangsa dan negara, bagi keluarga kami sampai beberapa tahun yang lalu tanggal ini adalah tanggal istimewa. Pada tanggal ini almarhum Opung Godang, ayah mamaku, merayakan hari kelahirannya.

Kok bisa pas dengan hari kemerdekaan ya?

Dipas-pasin aja tuh.

Seperti layaknya orang kita di jaman dulu, Opungpun tidak tahu tanggal kelahiran yang sebenarnya, tidak ada catatan tertulis di jaman itu hanya tahunnya saja, yaitu tahun 1919. Kelak,  beliau memilih tanggal 17 Agustus sebagai tanggal kelahiran alasannya  agar bisa sekalian bersyukur atas kemerdekaan negara, he..he… bisa saja si Opung ya.  Tapi, sekarang perayaan ini tidak ada lagi, yang ada hanyalah tinggal mengirimkan doa saja buat Opung yang sudah mengahadap Sang Khalik.

Iklan

14 thoughts on “17 Agustus

  1. alisnaik berkata:

    moga opung bisa hidup damai di alam sana.

    tapi lucu juga,
    milih tanggal lahir semaunya.

    kalo gitu saya pilih 1 Januari aja deh 😛

    1 januari biar dirayain orang sedunia ya

  2. Bundanya Dita berkata:

    Semoga Opung Godang nya Bunda damai di sisiNya dengan iringan doa dari keluarga. Kalau tgl 18 Agustus ultahnya Bapak saya dan Bou (mama mertua) saya. Kalau yang ini gak dipas-in…lha emang gak pas 😀

  3. edratna berkata:

    Pinter tuh Opung..memilih tanggal lahirnya.
    Orang zaman dulu kalau ditanya, kapan lahirnya..jawabnya bisa bermacam-macam…saat gunung Agung meletus pertama kali dan abunya sampai kesini, atau
    Saat banjir bandang nyaris menenggelamkan rumah ini….hehehe

    Lha saya aja punya surat kenal lahir, bukan akte kelahiran…hehehe….
    Untungnya ayah ibu sudah mencatat tanggal lahir dengan benar….

    Semoga Opung bahagia disana ya mbak Monda,,,

  4. didot berkata:

    hehe,bisa aja opungnya milih tanggal buat kelahirannya 😀

    kalau saya boleh milih mending pas tahun baru,jadi yg ngerayain banyak hihihi 😉

  5. nakjaDimande berkata:

    Alm Opung pinter ya Mbak.. pilihnya tanggal istimewa.
    klo Amak (nenekku) gak punya hari ulang tahun. Tahunnya juga dikira2 saja 😀

    met malam mbak, gmn puasanya..? semoga lancar, amiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s