Muhasabah

Kapan pertama kali mengenal kata blog? Tepatnya sih sudah tak ingat lagi, mungkin dari bacaan atau dari media lain.

Rasanya bertahun-tahun setelah itu baru aku tergerak menulis. Pertama kali menulis di Notes di FB. Sayangnya di sini tulisanku kurang mendapat tanggapan, mungkin teman-teman yang kukenal punya minat di bidang lain dan tak ada waktu untuk melihat tulisanku.

Membuat blog yang sebenarnya baru pada akhir Januari 2009. Yang pertama kukenal adalah blogspot, itupun karena dari suatu milis blog yang sering muncul ya blogspot. Tanpa ada yang membantu karena aku tak mengenal seorang bloggerpun aku membuat akun di blogspot. Setelah membuat akun barulah kutahu susahnya  membuat posting pertama. Akhirnya aku mencari buku–buku panduan cara membuat blog di blogspot di toko buku. Walaupun mengalami kesulitan karena banyak sekali  istilah yang tak kumengerti, akhirnya aku bisa menerbitkan tulisan pertamaku. Waktu berlalu, akupun belajar memindahkan tulisanku dari notes FB ke blogspot.

Saat itu aku tak mengerti istilah blogwalking, tunggu punya tunggu tak seorangpun mengunjungi blogku. Suatu saat aku berhubungan lagi  di FB dengan teman SDku yang seorang blogger. Blognya banyak pengunjung.  Barulah aku mengerti harus mencari teman dulu baru blog kita dikenal.

Di saat yang sama  aku membaca di sebuah harian mengenai wordpress yang banyak peminatnya. Akupun membuat akun di wordpress. Tapi sayangnya setelah membuat akun itu aku lupa username dan password, makanya 5 bulan akun itu terbengkalai, sambil tetap menulis di blogspot.

Desember 2009, seperti sebuah sulap tiba-tiba aku ingat lagi username dan password di wordpress. Setelah itulah aku terus menulis di akun ini. Disinipun akhirnya aku  bisa belajar memindahkan artikel yang ada di blogspot. Jadi tulisan awal di blog ini adalah hasil migrasi.

Pertama kali memasang Alexa, ranking blog ini di kisaran 6 juta sekian, perlahan-lahan turun sampai sempat mencapai  3 ratusan, tetapi kini kembali melorot di sekitar 1 jutaan karena belakangan ini agak jarang membuka blog. Tak apalah, sampai saat ini aku masih belum mengejar ranking, masih berlatih menulis saja dulu.

Jumlah tulisanku saat ini hanya 141 buah. Sangat sedikit bukan…? Tahun depan aku akan berusaha lebih giat lagi ah.

Selain blogwalking aku sudah ikut serta di beberapa acara yang diselenggarakan oleh teman-teman blogger lain. Antara lain ikut   lomba dan  kuis,  ikut urun rembuk menyetor ide dongeng, satu kali menjadi penulis tamu di blog Ladang Jiwa dengan judul Halte Gayus dan pernah mendapat buku langsung buku dari pengarangnya. Dan dari sekian banyak teman yang kukenal di dunia maya ini, 4 orang diantaranya sudah pernah kutemui dalam sebuah kopdar beberapa waktu lalu.

Artikel ini diikutkan dalam acara Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di Blogcamp.

49 thoughts on “Muhasabah

  1. edratna berkata:

    Mbak Monda, saya malah tak pernah mikirin ranking dan lainnya. Tujuan ngeblog, hanya agar bisa menuliskan tentang pemikiran kita, sharing ilmu dan pengalaman….dan tujuan nya adalah agar tidak pikun, maklum usia makin merambah.

    Dan tulisan di blog juga naik turun tergantung kesibukan. Awalnya, saat belum sibuk (saat awal pensiun), suka melototi berapa pengunjung yang datang…lama-lama karena sibuk, kadang malah nggak sempat menulis….
    Tapi saya berusaha menyisihkan waktu untuk tetap menulis, paling tidak tak ada bulan yang kosong dari tulisan…hehehe

    benar banget, setuju sama bu Enny …. selain itu juga ngeblog bagiku buat kenang2an untuk anak2 dan agar mereka termotivasi untuk banyak belajar

  2. vizon berkata:

    2010 ini aktivitas blogging saya banyak berkurang Kak Monda. Alasannya? yaa… biasalah… hahaha… 🙂 Tapi, meski kesibukan bertambah, saya sama sekali tidak berniat meninggalkan jagat perbloggan. Saya sangat merasakan manfaat darinya. Maka, paling tidak, dua minggu sekali harus ada postingan, meski cuma ringan-ringan saja.. 🙂

  3. Bundanya Dita berkata:

    Awal ngeblog, saya iseng komen sendiri ke blog saya sendiri dengan nama suami hahaha, habis masih sepi. Skr sih juga gak ramai2 amat, tapi senenglah dapat temen dunia maya. Semoga berhasil di KUMAT bun 🙂

  4. nh18 berkata:

    Awal ngeblog saya akhir tahun 2007
    gara-gara menteri saat itu ribut masalah UUITE, dan salah satu yang dibahas adalah Blog
    2008 awal mulai aktif

    Dan betul sekali …
    Ibarat bermasyarakat … kita harus nenangga duluan sebelum rumah kita dikunjungi balik

    Salam saya Kak
    (dan saya tau 4 orang blogger yang sudah pernah Kopdar dengan Kak Monda … Bu Enny, Kakaakin, Didot dan Yessy)

  5. bundadontworry berkata:

    aku sama deh dgnmu Mbak, gak ngerti BW sewaktu masih di blogspot, dan setelah pindah ke WP, yg di blogspot jadi terbengkalai 😦

    semoga beruntung ya Mbak Monda di acara KUMAT ini 🙂
    salam

    • monda berkata:

      Susah banget sih nggak kin, malahan sangat terbuka mau kita pasang apa aja. Widget yg bisa dipakai ratusan. Tp krn kebanyakan pilihan malah jadi bingung.

  6. intan rawit berkata:

    wah sama aja yah bu..dulu juga pake blogspot..nulis diary sendiri ga jelas..,hehe..baru setahun terakhir ngedong gmn caranya ngeblog dan nemuin asyiknya ngeblog..
    salam kenal bu monda..
    ijin pasang linknya di blog saya ya bu..

  7. ysalma berkata:

    selamat untuk muhasabah blognya mbak,,
    saya juga keder di blogspot dengan html kode yang canggih2,,
    yang ga bisa, blognya culun sendiri deh 😀

  8. isil berkata:

    kalau sil awal ngeblog di multiply mbak. tapi setelah itu sempat beberapa saat si multiply error, akhirnya buat blogspot…
    terus lebih dari setahun di blogspot. kasusnya hampir sama dengan mbak monda, nulis aja tanpa banyak pengunjung..
    tepatnya november 2009 baru pindah ke wordpress, dan baru sedikit ngeh dengan PR, BW dan istilah blogger lainnya..

    jadi ingaat, kira2 udah hampir setahun ya mbak kita kenal..
    hehe

  9. intan rawit berkata:

    wah sama aja yah bu..dulu juga pake blogspot..nulis diary sendiri ga jelas..,hehe..baru setahun terakhir ngedong gmn caranya ngeblog dan nemuin asyiknya ngeblog..
    salam kenal bu monda..

  10. Masbro berkata:

    Saya lebih parah lagi Tante. Sampe sekarang pake hosting blogspot, hehe. Semoga menang ya Te. Semoga blognya tambah maknyus…

    Kalo yg pinter sepertimu emang lebih cocok pake blogspot, deh
    aku kerepotan, males utak-atik html he… he….

  11. Bali Property berkata:

    Semangat, sedikit-sedikit pasti ilmu yang kita dapatkan akan semakin banyak, dan akan bisa untuk memperbaiki blog kita, jadi semakin maju.
    semoga semakin rajin ya ngebognya..
    Bali Villas Bali Villa

    trims dukungannya ya, aku sih belajar sambil jalan aja, kl dapat info dari teman2 kucoba terapkan sedikit2

  12. nakjaDimande berkata:

    ” GAYUS…..GAYUS…!!” xixi geli inget ceritanya mbak Monda 😀

    semangat terus ya mbak..
    walaupun gak sering komen
    aku selalu baca lewat reader
    cerita milik mbak monda, unik..!

    nah itu bundo, ajarin aku buat reader biar bisa lebih cepat dapat artikel terbarunya bundo dan teman2,
    kl yang pakai wp.com kan ada blog surfer, yang punya blog di tempat lain itu yg aku pengen buat,

    • nakjaDimande berkata:

      hedehhh yang diminta ngajarin bengong musti mulai darimana..

      pokoknya mbakku coba ke google reader deh.. **minta dianter sama mbah gugel ajah** 😀

      ntar disana gampang kok, bikin akun trus masukin url nya teman2.. selesai deh.

      😀

      kok keliatannya gampang mak, beneran nih cuma gitu aja
      nyoba ah
      trims ya

  13. marsudiyanto berkata:

    Saya juga di awal2 ngeblog tertatih2 sendiri Bu…
    Awalnya pakai blogspot.
    Sepi, nggak ada yang mengunjungi.
    Kadang malah saya komentari sendiri 😀
    Lalu pelan2 baru tau kalau harus berkunjung ke blognya orang lain.
    Baru sedikit2 ada yg datang.
    Saat itu saya nggak tau kalau komentar masuk itu sebaiknya direspon.
    Lalu ada sahabat yg ngingatkan.
    Atas masukan sahabat juga, bilang bahwa pakai wordpress lebih familiar.
    Tapi karena sudah terlanjur biasa dg blogspot, maka masukan itu saya abaikan.
    Hingga akhirnya ada yg ngasih domain & hosting gratis.
    Demi menyenangkan yg ngasih, akhirnya saya pindah ke wordpress sampai sekarang.
    Selamat ikut kontes muhasabahnya PakDhe
    Salam

    • monda berkata:

      Sebenarnya keder juga pak, lha peserta KUMAT sudah banyak dan keren2, tp ya kok kebetulan sekalian aja ultah blog, he.. he.. Di wp enaknya tersedia tag surfer dan related post jadi kita bisa cari teman dr situ juga.

Tinggalkan Balasan

