Review Artikel 2010

WordPress mempunyai fasilitas statistik yang asyik juga diperhatikan. Dari sini bisa dilihat jumlah pengunjung, klik terbanyak, dan beberapa hal lagi.

Aku tertarik melihat apa yang dicari pengunjung di tempatku, maklumlah baru setahun ini aktif blogging, jadi merasa seperti menemukan mainan baru he..he… Mau coba-coba  ikutan lihat statistik sendiri?  Di dashboard klik site stats, lalu  istilah2 mesin pencari, nah tinggal pilih saja waktu yang diinginkan, bisa seminggu, sebulan, setahun atau sepanjang waktu (all time).

Posting yang paling banyak dicari sepanjang tahun 2010 adalah tentang Alex Haley dengan 10  jenis  variasi kata kunci. Haley adalah pengarang buku terkenal Roots yang menceritakan pencarian asal usul Haley yang terlacak sampai beberapa ratus tahun lalu di Afrika.  Artikelnya di sini. Secara keseluruhan jumlah pencarian ini jauh melampaui angka pencarian untuk posting kedua.   Padahal aku menulis tentang buku ini hanya singkat saja dan belum memenuhi ketentuan menulis resensi…. jadi malu ….

Kemudian di urutan kedua cerita anak smp. Masih ingat waktu itu ada ajakan dari rekan-rekan blogger untuk membersihkan kata kunci anak smp di SEO yang banyak memuat artikel dan gambar negatif? Sampai hari ini  kata kunci anak smp masih terus muncul di statistik.

Batik Indonesia,  adalah posting di urutan ketiga.  Artikel inipun lagi-lagi hanya singkat saja, tidak banyak memberi masukan tentang batik.

Di urutan keempat ada Padrao, yaitu batu bertulis atau prasasti perjanjian dengan Portugis yang ditemukan di wilayah Kota Tua Jakarta.  Cerita tentang Padrao ini ada di sini .

Di urutan kelima ada Jai Alai,  jenis olahraga yang berasal dari Spanyol yang sebutannya mirip dengan  nama gedung Hailai di Ancol, mengusik rasa penasaranku apakah  olahraga jai-alai ini pernah dimainkan di Indonesia.

Aku hanya menampilkan 5  pencarian tertinggi saja, tetapi di statistik ditampilkan semua posting yang bahkan hanya dengan 1 kali pencarian.

Traffic tertinggi terjadi  selama setahun ini terjadi pas hari ibu. Banyak yang datang dengan kata kunci puisi hari ibu, ucapan untuk hari ibu dan beberapa jenis kata lainnya. Rupanya banyak anak yang ingin mempersembahkan sesuatu buat ibunda masing-masing. Itu pasti karena aku pernah mengupload puisi buatan si bungsu  setahun lalu di I Love Mom.

Aku tahu angka kunjungan ke blog ini masih sangat sedikit dibandingkan angka kunjungan ke blog rekan-rekan semuanya.   Aku sengaja mengangkat ini agar bisa menjadi semacam evaluasi bagiku untuk menulis lebih lengkap, lebih detail, lebih sempurna lagi, dan tidak menulis singkat asal jadi, karena aku memang malas berlama-lama mencari referensi. Kalau apa yang kutulis ternyata bermanfaat bagi orang lain, alhamdulillah wa syukurillah.

Ada lagi satu hal yang ingin kutambahkan di tahun depan. Aku ingin mencantumkan copyscape, sekedar ingin tahu apakah tulisanku ditiru oleh orang lain. Aku terkejut ketika membaca artikel di De Asmara, ada orang lain yang copas artikel bunda Kalum ini bulat-bulat dan hanya mengganti nama saja. Itupun lebih dari satu artikel. (update terbaru, masalah ini sudah beres dan blog si peniru itu sudah dinon-aktifkan)

Oh ya kalau ada yang mau copas tulisanku, boleh kok, asal mencantumkan sumbernya dan kasih link ke sini.

SELAMAT TAHUN BARU  2011

33 thoughts on “Review Artikel 2010

  1. cabe rawit berkata:

    selamat tahun baru bunda monda..semoga tahun ini lebih baik dari sebelumnya..mengenai masalah copas..hmmm kok bisa yah, padahal apa susahnya nulis pake gaya sendiri, tentu dong tindakan seperti itu harus ditindak tegas supaya tidak terulang lagi dimasa mendatang..

    happy blogging ya bunda..

  2. zoothera berkata:

    Malam bunda Monda,
    Gimana sudah ketemukah email dr WP ttg review blog Bunda? *udah cek ke spam blum bun?*
    Seandainya gak ada, review bunda yang ini jg gak kalah oke kok dari reviewnya WP, lebih oke malahan😉

    Btw, postingan aku yang trafficnya tertinggi juga pas hari ibu (22 Desember) itu lah makanya aku kepingin bisa jadi ibu *lho ga nyambung ya?*😆

    Doakan ya bun, aku bisa sesemangat bunda dalam menyalurkan apa-apa yang ingin diungkapkan dalam bentuk tulisan, jadinya kan tiap tahun kita bisa merefleksikan kembali apa aja kejadian yang sudah kita lalui via goresan di blog. Bukan begitu bunda?

    • monda berkata:

      Kemarin udah cek spam, ke trash juga nggak ada, ntar diulang deh, mana tau kelewat. Yuk salin doakan biar sama2 rajin ngeblognya dan yg utamanya didoakan biar cepat jadi ibu. Amin

  3. p49it berkata:

    Selamat tahun baru Ibu Monda. Semoga sehat, sukses dan bahagia untuk Ibu dan keluarga.

    Saya mendapat tambahan ilmu nih, terutama mengenai copyscape yang Ibu sebutkan di atas. Terima kasih.

    Mengenai copy-paste ini saya akan melihat kembali tulisan-tulisan saya terutama di awal nge-blog. Mudah-mudahan sih tidak ada blogger yang dirugikan.

    • monda berkata:

      Selamat tahun baru ya mbak pagit. Oh ya aku juga mulai perbaiki ketidaktahuan di awal2 ngeblog dulu termasuk link foto dan ping back ke situs2 yg kita ambil foto dan copas sbgn artikelnya.

  4. edratna berkata:

    Mbak Monda, di blog saya tak mencantumkan hal yang aneh-aneh….dan karena niatnya untuk sharing, saya tak terlalu mempersalahkan copy paste. Karena pada dasarnya, jika ada yang mengcopy tulisan saya, siapa tahu ide tersebut makin banyak dibaca orang lain (semoga ybs juga mencantumkan sumbernya, jika tidak juga tak apa-apa).

    Selamat Tahun Baru 2011
    Semoga tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu
    Amien

    selamat tahun baru bu Enny,

    menurutku kalau copas sebagian sih nggak apa-apa, asal jangan satu artikel lengkap dan sengaja mengganti nama orang dan nama tempat

  5. Bibi Titi Teliti berkata:

    mba Mondaaaaa….
    eh..eh…aku baru tau lho di wordpress bisa begitu *maklumlah emak emak gaptek*

    Tapi asyik juga ya mba,..
    biar bisa sekalian evaluasi:)

    Aku sih gak pernah copas ya…selalu original..tapi kalo ada yang nyontek sih, pasti bakalan bete deh…pasrah aja laaaah…*gaptek soalnya…hihihi…*

    Selamat taun baru mba Mondaaaa:)
    Semoga tambah sukses di tahun mendatang yaaaa:)

    nggak akan bisalah orang mau copas tulisannya Erry
    penggemarmu seperti diriku ini pasti langsung mengenali gaya tulisanmu

    Selamat Tahun Baru
    salam buat du panakan lucu-lucu itu

  6. Sugeng berkata:

    Selamat menikmati udara di pagi yang cerah pada tahun 2011 ini bunda, semoga di tahun yang akan datang kita bisa memproteksi semua tulisan kita ya. Tapi kalau di rumah ku keknya gak ada yang perlu dan penting di copas😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Selamat tahun baru juga ya
    Jangan merendah ah, pasti banyaklah hal berguna di tulisan masing-masing individu

  7. bintangtimur berkata:

    Selamat tahun baru mbak Monda, selamat juga buat tulisan-tulisan yang bermanfaat di blog ini🙂
    Semoga kebahagiaan dan kesuksesan senantiasa menyertai setiap langkah kita. Amin.

    mbak, selamat tahun baru juga ya
    tulisan di mbak Irmapun banyak yang kuserap manfaat dan petuahnya, kita saling melengkapi ya mbak

    bagaimana kabarnya jalan-jalan Risa di sana, aman saja kan??

  8. alice in wonderland berkata:

    Wah Bunda saya juga baru ngeh soal ginian, memang gmana caranya me-nonaktifkan fungsi klik kanan? Selama ini keliatannya tulisan saya gak dicontek orang, jadi ada 2 kemungkinan:
    1. gak ketahuan
    2. emang gak ada yang mau copas^^ wkwkwkwkwk
    Happy New Year Bunda🙂

    hi.hi… alice aku juga masih belum bisa non aktifkan fungsi klik kanan
    ntar kalau udah nanya yang ahli dan bisa praktekinnya, kukasih tau ya

  9. arman berkata:

    paling kesel kalo nemu tulisan kita dicopas tanpa ngasih sumbernya ya bu…
    heran dah ama orang2 kayak beigtu itu. padahal apa susahnya sih ngasih sumbernya sebagai wujud apresiasi buat penulisnya ya….

    met tahun baru ya bu!

    selamat tahun baru juga Arman,
    iya bener, biarpun tulisanku cemen dan dangkal, nulisnya juga pake usaha lho

  10. Ann berkata:

    Mbak, saya sudah pernah minta izin kan lihat ‘dapurnya’ buat inspirasi tulisan, sepertinya selera lidahnya sama
    Semoga di 2011 tetap sehat dan berbagi informasi.

    selera kita sama ya Ann? boleh aja kalau bisa jadi inspirasi tulisan
    akupun begitu, banyak juga tulisanku yang terinspirasi dari teman-teman

  11. SITI FATIMAH AHMAD berkata:

    Senang membaca review artikel 2010 dari mbak di atas. Hal ini memberi satu jawaban kepada keupayaan kita dalam menulis dan tambah menarik dapat melirik kepada dapatan kajian ringkas melalui statistik wordpress.com yang sungguh membantu.

    Sungguh mbak, sangat kecewa sekali apabila mengetahui ada tulisan kita di”curi” oleh mereka yang tidak bertanggungjawab. saya juga mengalami keadaan yang sama. Semoga mereka yang bertindak tidak jujur itu sedar bahawa cara tersebut amat merugikan mereka.

    Selamat menulis dan semangat menempuh tahun baru 2011.

  12. SITI FATIMAH AHMAD berkata:

    Assalaamu’alaikum mbak Monda…

    Salam terakhir buat 2010 dan huluran mesra tahun 2011.

    Alhamdulillah, semoga kehadiran tahun baru akan menyemarak semangat kita untuk terus mengejar impian yang tertunggak di tahun 2010. Harapan yang tinggi untuk kita meneruskan kehidupan yang lebih bermakna di samping beramal dan melakukan ibadah dengan lebih berkesan.

    Hadapi hari esok dengan lebih optimis dan tinggalkan hari kelmarin dengan teladan juga sempadan yang membuahkan kejayaan. belajarlah dari pengalaman lalu untuk mencipta sejarah masa depan.

    SELAMAT TAHUN BAHARU 2011.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  13. Ikkyu_san berkata:

    Memang kalau sudah publish di internet kita tidak bisa menahan orang-orang tak bertanggung jawab untuk mengcopy tulisan kita. Aku juga pernah pakai copyscape, tapi di situ ada batasnya (limit) dan aku sudha melewati batas.

    Ada juga plugin yang mencegah orang copy paste dengan menutup fungsi klik kanan. Aku pernah coba, tapi giliran aku mau copy paste juga tidak bisa hihihi. akhirnya plugin ini aku hapus.

    Happy Blogging dan Happy New Year ya mbak.

    EM

  14. apikecil berkata:

    Wah,,tega banget yang copas gak nyantumin sumbernya..
    rasanya gimanaaaa gitu,,heheheh
    dengan melihat artikel2 yg kita tulis, kita bisa lihat perkembangan tulisan kita ya tante,,mau nyoba ah…
    have a nice holiday ya Te…

  15. Masbro berkata:

    Seneng ya Te, kalau baca2 tulisan lama. Kadang bisa senyum senyum sendiri, hehe..
    Untuk copas bulat2? Sangat menyayangkan.
    Selamat taon baru ya Tante Monda;

  16. advertiyha berkata:

    apakah daku pertamaxx mbak?? hehehe…
    dengan menengok atau review artikel2 yang pernah kita tulis, akan semakin meningkatkan semangat dan kemauan juga kemampuan kita dalam menulis ya mbak, semoga semakin menebar manfaat..🙂

    kalo baca soal CoPas, saya pribadi merasa prihatin dan sedih sekali..🙂 apa susahnya sih mencantumkan identitas si pemilik ide asli?? heheh…

    Hepi Nu Year mbak..
    sukses selalu

    ya ya ..pertamax mbak Iyha…Selamat Tahun Baru ya…

    setelah menulis review ini baru aku sadar juga, tidak membalas semua komen, hanya beberapa per artikel
    aku sadar memang waktuku terbatas untuk menjawab komen,
    biasanya aku langsung menuju blog yang bersangkutan

    maafkan aku teman-teman. insya Allah tahun depan akan merespon lebih baik lagi

Tinggalkan Balasan

