Anak Saya Sudah Boleh Cabut Gigi Bu?

Anak saya sudah boleh cabut gigi bu adalah pertanyaan yang  sering diajukan orang tua. Padahal anak  masih berumur 2 tahun. Prihatin sekali melihat anak-anak balita giginya sudah merata berwarna coklat tanda adanya kerusakan gigi atau gigi berlubang (karies gigi). Alasan orang tua gigi berlubang  lantaran si anak tidak mau sikat gigi, atau susah disuruh sikatan,  atau sikat hanya digigit saja. Merawat gigi anak sebetulnya gampang saja.

“Kok gampang, anak saya sampai jerit-jerit nangis nggak mau lho bu”

Menyikat gigi adalah soal kedisiplinan. Orang tua yang harus melatih. Sejak kapan? Ya, sejak anak dilahirkan.

“Baru lahir kan belum punya gigi bu”

Meskipun bayi baru lahir belum punya gigi (gigi pertama biasanya tumbuh di usia 5-7 bulan), tetapi sudah bisa diajarkan cara menjaga kebersihan mulut. Bayi yang sudah selesai disusui  gusinya perlahan diusap dengan sentuhan lembut memakai kain halus. Cara ini akan membiasakan anak merasa mulutnya tetap segar.

Setelah bayi bisa menggenggam kenalkan padanya sikat gigi. Produsen kelengkapan bayi ada yang membuat sikat gigi pertama untuk bayi belum bergigi berupa tangkai sikat yang dilengkapi karet di ujungnya, jadi seperti mainan untuk belajar menggigit. Jika tidak menemukan yang seperti itu, kenalkan saja sikat gigi yang berbulu halus. Setelah gigi tumbuh, ibu bisa mulai menyikatnya, tanpa odolpun tak apa. Biasakan melakukan ini setiap hari, maka anak akan terbiasa.

Nah, kembali pada pertanyaan di atas. Meskipun gigi anak sudah rusak semuanya, pencabutan sebaiknya ditunda. Gigi yang sudah rusak itu berfungsi untuk mempertahankan ruang bagi gigi tetap yang akan tumbuh nantinya. Karena bila gigi susu sudah tidak ada, maka gigi yang bersebelahan akan bergeser menutup ruang ompong yang menyebabkan gigi baru nanti akan bergeser pula tempatnya.

Gigi tetap yang pertama kali tumbuh adalah gigi geraham, letaknya persis di belakang deretan gigi susu. Ini yang sering tidak disadari orang tua sehingga membiarkan gigi tersebut rusak, padahal gigi geraham itu  adalah gigi terpenting yang menentukan oklusi gigi. Yaitu gigi yang menentukan hubungan gigi rahang atas dan rahang bawah. Bila oklusi berubah, berubah pula tampilan wajah.

20140518-182537.jpg

 

45 thoughts on “Anak Saya Sudah Boleh Cabut Gigi Bu?

  1. alfa berkata:

    Kalo gigi anak sdh rajin disikat tp msh ttp terjadi karies pd hmprt semua giginya itu gmna Ƴɑ̤̈ªªªª☺☺ bun?? ApA kurang kalsium jg pengaruh Ƴɑ̤̈ªªªª☺☺ ? Gmna ni bun solusinya? Sy takut lht gigi anak sy habis sblm waktunya,,(˘̩̩̩⌣˘̩ƪ)

    • monda berkata:

      yg terpenting jangan lupa sikat gigi sebelum tidur dan tidak dikasih makan Dan minum susu lagi ya
      ditambal aja gigi yg berlubang

  2. Anonim berkata:

    Kalo anak sudah rajin sisikat giginya, tp ttp terjadi karies pd gigi itu gmna bu, salahnya dimana yaa? Apa krn kurang kalsium..?? Haduuuh jd bingung & takut gigi anak hbs sblm wktunya, pdhl umur msh 3,5thn.. Gmna nii bun?

  3. Ikkyu_san berkata:

    wah aku nyesel banget dengan Kai krn aku sibuk dgn kerja dan urus 2 anak kelewatan mengurus giginya Kai. Kasian dia. Sekarang sedang dalam perawatan sih, cuma nyesel sekali….hiks

    EM

  4. bintangtimur berkata:

    Setuju banget…kalau anak susah sikat gigi, tentu bukan salah anaknya, tapi karena kurang sabar dan disiplinnya orangtua dalam menjaga kebersihan gigi anak.
    Menjaga kebersihan gusu saat anak belum mempunyai gigi, adalah upaya awal agar anak terbiasa mempunyai rongga mulut yang bersih dan membuat mereka nyaman dengan kondisi itu. Kelak, dia akan ‘ketagihan’ buat merasakan mulut yang bersih dan gigi rapi…
    Makasih informasinya, mbak🙂

  5. edratna berkata:

    Dua tahun?
    Kasihan amat anak itu ya….

    Saya kagum dengan profesi dokter gigi, sayang zaman saya ke dokter gigi baru kalau ada gigi sakit, itupun antri di RS Umum….

    Saya dikenalkan denga dokter gigi (cewek) saat anak-anak kecil. Setelah berkali-kali ganti dokter gigi, anak-anak suka dengan dokter gigi ini. Sebelum diperiksa diajak mengobrol dulu, latihan menyikat gigi pada boneka…jadi anak-anak tak takut untuk mulai sikat gigi.

    Artikel ini akan saya tunjukkan ke anak dan menantu saya mbak….minggu kemarin saya menjadi nenek mbak Monda….semoga dia bisa mulai melatih bayinya.

    • monda berkata:

      selamat ya bu Enny, atas kelahiran cucunya, cewek atau cowok nih bu…
      terimakasih ya bu mau menunjukkan artikel ini pada si sulung, mudah2an berguna

  6. zee berkata:

    Untunglah Vay tidak susah disuruh sikat gigi. Saya selalu memuji mulut dan giginya wangi setiap kali dia habis sikatan, jadi dia dgn senang hati suka bila giginya disikat.🙂
    Mudah2an sih sikatan saya atau mbaknya bersih ya, biar besarnya nanti gak coklat2..

  7. niQue berkata:

    terima kasih banyak infonya ya mba
    tambahan ilmu buat ngawal para keponakan,
    sekarang siy giginya masih pada bagus,
    tapi kan suatu saat pasti tanggal yah,
    alhamdulillah juga mereka mah rajin sikat gigi,
    jadi engga perlu perang nyuruh sikat giginya hehehe

    semoga menang kontesnya ya🙂

  8. bundadontworry berkata:

    Alhamdulillah, sewaktu kecil anak2 gsmpang aja disuruh sikat gigi, krn odolnya rasanya enak semua , rasa macam2 buah, Mbak Monda🙂

    sekarang malah kok emaknya yg giginya pd bolong …….😳
    salam

  9. mrpall berkata:

    klo sebelum 12 thn masih bs tumbuh lg …
    Gigi tetap yang pertama kali tumbuh adalah gigi geraham, letaknya persis di belakang deretan gigi susu.

  10. omietha BunAff berkata:

    Terima kasih Bu Monda… Iya saya baru ngeh akhir2 ini kalau gigi susu itu penting untuk dirawat agar ruang untuk gigi sesungguhnya tar bagus.. coz dulu2 sering liat anak2 kecil gupis *gigi rusak* itu hal biasa.. hehehe.. jadi tambah sadar sekarang..

    Oya td dituliskan : Gigi tetap yang pertama kali tumbuh adalah gigi geraham, letaknya persis di belakang deretan gigi susu.
    maksudnya gigi yang mana ya Bun? tumbuh mulai usia berapa? gigi Affan mulai tumbuh yang geraham belakang satu..itu gigi tetap apa gigi susu ya?

      • monda berkata:

        Gigi geraham tetap atau dewasa itu tumbuh sekitar umur 6 tahun bunda. Bentuknya lebih besar dari gigi susu, letaknya paling belakang, jadi kalau dihitung dgn gigi susunya itu gigi yang ke 11.(gigi susu masing2 rahang jumlahnya 10)

        • Anonim berkata:

          Anak saya usia 6th, sudah tumbuh geram gigi 11 dan 12, tapi 2 gigi kanan kiri 78910 bolong, apakah boleh dicabut n apakah bisa tumbuh lagi trims

  11. arman berkata:

    wah iya kalo diturutin terus mah yang ada anak2 pasti gak mau sikat gigi. harus dipaksa! hehehe.
    kalo udah dipaksa, lama2 bakal jadi kebiasaan kok dan bakal gak susah lagi nyuruh anak sikat gigi.😀

  12. Apikecil berkata:

    Kalau masalah cabut mencabut gigi, saya punya pengalaman lucu tante..
    jangankan anak kecil,,yg udah gede aja masih takut kalau urusan gigi.
    Adek saya yg terakhir, susah sekali kalau urusan gigi
    jangankan gosok gigi, gigi yg udah hampir tanggal aja susahnya minta ampun nyabutnya..
    udah duduk di kursi, disuruh buka mulut sama dokternya nggak mau,malah mingkemmm terus,,sampek sama ibuk dicubit2,tetep aja gak mau..
    hhaahha,,alhasil gigi2nya banyak yg canggaren (gingsul)

    hmmm, tante,tulisan ini bisa gak ya dijadikan kontes kakaakin?

    • monda berkata:

      Ikutin aja Han, syarat lengkapnya cek di blognya Akin ya. Kalau gigi adek goyang, biar aja copot sendiri, nggak usah ke drg, kasihan nanti jadi trauma.

      • Anonim berkata:

        Gimana yah klw giginya belum goyang,eh gigi permanennya udah tumbuh,apa yg mesti di lakukan

        • MS berkata:

          sebaiknya anak dibawa ke drg terdekat..
          jika memang gigi susu masih kuat sedangkan gigi tetap sudah cukup muncul, sebaiknya gigi susu dicabut saja agar gigi tetap mendapat cukup ruang untuk tumbuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s