Gedung dari plastik daur ulang, EcoArk

Menonton acara televisi membuatku tergugah dan ternganga heran. Di saluran National Geographic ada acara serial dokumenter Megastructure. Tanggal 27 Maret malam ternyata ada premier tentang proses pembuatan gedung dari botol plastik daur ulang. Gedung bernama EcoArk ini berlantai 3 dan dipakai sebagai aula pameran, terbuat dari 1.5 juta botol plastik.

Lokasi di Taiwan, tepatnya untuk acara Taipei International Flora Exposition (2010 Flora Expo) yang dibuka tanggal 6 November 2010 dan akan berlangsung sampai 25 April 2011.

Foto dari Photobucket

Dikabarkan Taiwan sempat kewalahan mendaur ulang botol plastik bekas kemasan air minum. Jumlah sampah ini bila dibariskan bisa beberapa kali mengelilingi negara pulau tersebut.

Arsitek dan desainer gedung adalah Arthur Huang, 31 tahun yang memimpin tim terdiri dari orang–orang muda berusia akhir 20an. Semangat para muda ini sempat beberapa kalai mengalami benturan dengan arsitek senior (bagi yang suka drama Korea, nggak asing deh dengan etos kerja keras tak kenal lelah ini). Tetapi pada akhirnya semua bisa bekerja sama dan saling berkonsultasi.

Mula-mula mereka memakai botol PET (jenis plastik untuk kemasan makanan dan minuman) biasa yang disatukan. Bentuknya yang bulat itu disadari akan menimbulkan celah antar botol yang tidak menguntungkan. Setelah mencari ide akhirnya didapat rancangan yang meniru struktur sarang lebah, yang tipis tetapi sangat kuat. Dari sini terciptalah botor dari hasil daur ulang berbentuk  mirip sarang lebah yang diberi nama pollibrick.

Foto dari sini.

Beberapa pollibrick disatukan seperti panel dengan ukuran tertentu yang dipasangkan dengan sistim knock down, sehingga nantinya bisa dibuka pasang kembali.

Gedung ini berkonsep totally green, karena tidak memakai listrik sama sekali. Untuk penerangan siang hari cukup mengandalkan sinar matahari  dan pada dinding luar dipasang panel surya yang diandalkan untuk penerangan malam hari. Untuk mendinginkan ruangan dipakai pengaliran air dengan sistim air terjun.   Gedung diarahkan ke  bagian tertentu sehingga dapat menuai angin sebanyak mungkin dan merasakan aliran angin maksimal. Ada bagian gedung yang terangkat dari permukaan tanah sehingga aliran angin bisa melewati bagian bawahnya yang menambah suasana nyaman di dalam gedung.

Iklan

63 thoughts on “Gedung dari plastik daur ulang, EcoArk

  1. krismariana berkata:

    wah hebat banget ya! jangan2 besok makin banyak gedung spt ini? 🙂 tapi pasti awalnya banyak tentangan dan cemoohan ya. semoga makin banyak arsitek yg peduli pada lingkungan

  2. Ikkyu_san berkata:

    PET botol kalau di Jepang langsung ke pabrik daur-ulang dan menjadi bentuk lain sih (karpet, baju dsb) Jadi ngga ada sebanyak itu untuk didaur-ulang menjadi bangunan. Hebat memang arsiteknya ya.

    NB: kalau aku sih sudah pasti selain membuang di tempat khusus daur-ulang, juga memakai kembali sebagai tempat menyimpan air jaga-jaga gempa bumi

    EM

  3. Pembalut Wanita berkata:

    Sore mbak Monda.

    Hal2 seperti ini luar biasa betul, merubah yang zero ke hero! Jadi bermanfaat bahkan bergaya. Salut buat penemu daur ulang benda apapun.

    🙂

    Tukaran link boleh kah mbak??

  4. LIB berkata:

    bagus sekali yaa
    plastik bekas bisa jadi gedung.
    sebaiknya perumahan perumahan baru jaman sekarang dibikin dari plastik juga

  5. melly berkata:

    Keren bgt.
    aku jg pernah baca di kaskus, kalau nggak salah di Bandung ada rumah dr botol bekas kratingdeng (bener gk ya nulisnya) 😀
    dan itu jg keren bgt, arsiteknya asli indonesia

  6. Anugrha13 berkata:

    coba diterapkan diIndonesia…ga akan ada tuh demo2 penolakan gedung DPR yg bikin kecemburuan sosial…tapi btw klo pake botol atau piranti plastik lainnya apa klo ketiup angin ga rubuh ya hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s