Lagi-lagi Angkutan Umum

Kemarin sore Jakarta macet lagi melebihi hari biasa yang memang sudah terkenal macet. Kali ini selain menjelang hari libur, kemacetan terjadi karena ada sebuah  gedung terbakar di jalan utama.   Macet panjang tak dapat dielakkan lagi.

Tak jauh dari terminal, bis tiba-tiba saja berbalik arah untuk menghindari kemacetan sehingga tidak melalui jalur yang seharusnya, padahal penumpang masih sedikit. Aduh, apa jadinya jika tadi aku menunggu di tempat biasa pastilah aku akan lama  menunggu bis yang tak kunjung muncul.  Karena melihat kepadatan lalu lintas  aku memang berjalan ke arah terminal,. Sudah menjadi rahasia umum di tengah kemacetan  supir bis suka mencari alternatif sendiri. Beberapa kali kejadian seperti ini pernah  kualami, kadang-kadang malah polisi yang menyuruh  menghindari jalur bis, seperti di cerita ini, Metromini Nyasar.

Kondektur menarik ongkos dengan harga dinaikkan seribu rupiah, alasannya bila tertangkap yang berwajib  karena berada tidak di jalurnya, mereka mempunyai  kelebihan untuk  salaman. Padahal menurutku itu disengaja karena  jumlah penumpang masih sedikit, dan tarikan  lebih besar dari tarif resmi dimaksudkan untuk menutup  supaya mereka tidak terlalu tekor bayar setoran.

Kemacetan sering terjadi di hari Jumat sore atau bila esok adalah hari libur, mungkin dikarenakan banyak orang yang ingin pulang cepat dan pergi ke luar kota. Hari  lain lagi yaitu Senin pagi, kita harus berangkat jauh lebih pagi bila tak ingin terlambat tiba di kantor.

Kebalikannya pada hari Selasa adalah hari yang cukup sepi. Pernah kudengar obrolan sesama supir angkot yang berpapasan …  :

“Udah berapa rit lu… banyak sewa? “.

Jawaban temannya  : ” Gimana banyak ..? Semua orang  juga  tau dari jaman nenek moyang Selasa itu sepi”.:P

Cerita ini bukan keluh kesah ya teman, sekedar berbagi pengalaman, karena apapun yang dihadapi sehari-hari adalah romantikanya orang hidup, he..he..he..

Sekalian hari ini aku mau mengucapkan banyak terima kasih buat teman yang mengirimkan souvenir untukku di hari ulang tahun blognya yang pertama Jumialely, semoga awet terus ngeblognya ya kak Lely.

dan dari sahabat  Lilyana Tia, mendapat 2 buah  award sekaligus, yang sebetulnya sudah pernah kudapatkan beberapa waktu lalu , jadi tugasnya sudah kukerjakan ya, ada di sini  Award Lagi.

Iklan

47 thoughts on “Lagi-lagi Angkutan Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s