Belajar Membuat Batik Indonesia

Mau ke mana liburan hari Minggu ini?.

Mau berwisata sekaligus belajar?. Mau  mencoba sesuatu yang   lain ? Yuk belajar membatik.  Masih ingat  penghargaan kepada batik? Batik Indonesia telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage) dari UNESCO 2 Oktober  2009, dan kemudian setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional,  jadi kitapun sebaiknya tahulah  sedikit hal tentang proses pembuatan batik ini.

Untuk anda yang berada di Jakarta silahkan datangi  Museum Tekstil yang berada di Jl KS Tubun, Jakarta Pusat, tak jauh dari Pasar Grosir Tanah Abang dan stasiun kereta api Tanah Abang. Dari kedua tempat ini hanya berjalan kaki sebentar saja.

Dengan ongkos belajar Rp 35.000,- kita akan mendapatkan  canting beserta wajan kecil dan tungku, dan akan dibimbing melapis malam pada selembar kain putih seukuran sapu tangan. Tak usah takut bila tak bisa menggambar, karena di sana sudah disediakan pola, tinggal pilih saja sesuai keinginan. Pola dijiplak dengan pensil.  Lalu gambar pinsil tadi dilapisi lilin  dan setelah selesai  dilapisi, maka langkas selanjutnya adalah  kain akan diwarnai dengan cara dicelup dalam larutan pewarna. Tahap  terakhir melarutkan lilin  dalam air  panas. Setelah kering, karya kita itu  bisa dibawa pulang.

Atau bergabung dengan ibu Indra TJ, infonya bisa dicek di mbatik yuk. Ibu Indra biasanya menggelar kegiatan ini di Museum Bank Mandiri, di wilayah Kota Tua Jakarta , dan beberapa tempat lain, silahkan dicek ke website beliau ya.  Hari Minggu ini  kegiatan ini ada di Museum Bank Mandiri tersebut.

Batik Indonesia itu bisa berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Dahulu batik dibuat berdasarkan motif-motif khusus. Ada motif tertentu yang hanya bisa dipakai oleh bangsawan dan pada  kesempatan tertentu pula. Motif parang yang digunakan oleh  Jessica Alba ini yang biasa dipakai  kaum ningrat.

Menurut majalah Femina no 41 tahun 2009 5 motif batik yang terpopuler yaitu parang, kawung (dulu juga hanya dikenakan di keraton) , sidomukti (berupa burung garuda yang melambangkan kebahagiaan dan kesejahteraan, untuk pengantin),  tambal  (motif yang unik, saling menambal) dan mega mendung. Untuk melihat contoh motif tersebut silahkan klik link  di masing-masing motif .

Motif Megamendung berasal dari  Cirebon . Asal mula  motif  Megamendung ini mengarah pada sejarah kedatangan bangsa Cina. yaitu ketika Sunan Gunung Jati menikahi Ratu Ong Tien dari negeri Cina. Benda-benda yang dibawa  sang Ratu  seperti keramik, piring, kain berhiaskan bentuk awan yang melambangkan dunia atas. Kini motif Megamendung sudah banyak variasinya.

Foto Jessica Alba berbatik dari sini

Sumber  dan foto batik Megamendung dari sini

Iklan

60 thoughts on “Belajar Membuat Batik Indonesia

  1. Kakaakin berkata:

    Sayang banget kunjungan saya ke Jakarta sebentar banget. Padahal ada banyak tempat yang ingin saya kunjungi, seperti berbagai museum yang ada di Jakarta 🙂
    Pengen juga belajar mbatik 😀

  2. bangauputih berkata:

    hebat banget mba satu ini, liburan selalu diisi dengan menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan. makasih sharenya, jadi kepengen belajar mbatik juga.

    salam hangat, bangauputih ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s