Jali-jali

Ini dia si jali-jali….
Lagunya enak, lagunya enak merdu sekali

Begitulah kalimat pertama dari lagu Jali-jali, lagu asal  Betawi. Jali-jali di sini maksudnya apa ya..?
Ada yang bisa membantu?
Apakah jali-jali di sini bercerita tentang tanaman Jali?

Terimakasih untuk mas Ahsanfile, blogwalking ke blognya  kudapat  artikel  Foto Gambar Pohon Jali.

Untungnya bw ya, dapat ilmu dan menghilangkan penasaran.

Di sekitar rumah  ada dua rumpun tanaman berdaun panjang. Ketika belum berbuah aku yakin sekali tanaman ini adalah pohon jagung, meskipun agak bingung juga daunnya rapat tak seperti jagung. Dan ketika berbuah, takjub juga, belum pernah kulihat tanaman ini sebelumnya. Buahnya berbetuk bulat kecil.

Mau cari di Google bagaimana  kata kuncinya ya (kabarnya akan dikembangkan  pencarian dengan gambar kunci, bukan kata kunci, benar nggak sih?). Nah, kebetulan ada kunjungan mas Ahsan  ke sini, dan dari menelaah blognya  kulihat foto dari tanaman yang sama. Dari sanalah kuketahui tanaman ini bernama Jali. Foto-foto detail tanaman ini bisa  lihat di tempatnya mas Ahsan ya.

Teman pernah lihat tanaman ini?

Buah Jali ini berwarna-warni, cantik sekali. Katanya  yang matang itu yang sudah berwarna putih.

Apakah tanaman ini tanaman pangan?

Dari mbah Wiki ini jawabannya. Jali (Coix lacryma-jobi L.) sejenis serealia, tumbuhan biji-bijian.

Ada dua varietas yang ditanam orang. Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi memiliki cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih, bentuk oval, dan dipakai sebagai manik-manik. Coix lacryma-jobi var. ma-yuen dimakan orang dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.

Walaupun sekarang jali nyaris tidak lagi dikonsumsi, tumbuhan ini masih dikenal orang, seperti dalam lagu gambang kromong “Jali-jali”. Di perdagangan internasional ia dikenal sebagai Chinese pearl wheat (gandum mutiara Cina), walaupun ia lebih dekat kekerabatannya dengan jagung.

Wah, Jali ini bisa dibuat manik-manik. Mungkinkah ini yang ditanyakan si Prima?

Iklan

49 thoughts on “Jali-jali

  1. Ping-balik: Bubur Jali | Kisahku
  2. ysalma berkata:

    dulu waktu kecil,, saya juga termasuk akrab dengan tanaman ini,, buat kalung atau gelang, cuma lupa namanya kalo di daerah asal 😀

  3. Nchie berkata:

    Nchie baru lihat bundaa..
    *dasar yah kuper sama tanaman*..

    Lucu juga ..beneran tuh bisa di bikin manik2 bun..
    mendingan nyanyi lagi..
    ini dia si jali..jali..

  4. Batavusqu berkata:

    Salam Takzim
    wah kalau masalah flora bisa lihat di kang alam bund. dia blognya semua masalah alam, kalau jali jali betawi bisa bikin goyang bund.
    Terima kasih sudah berkunjung dan mewarnani dinding semoga bunda tetap diberikan kesehatan
    Salam Takzim Batavusqu

  5. niQue berkata:

    huaaa maaf Kak
    tadi aku baru bangun terus mampir ke sini
    terus kasi komen
    ga liat2 lagi sender nya siapa
    rupanya suami blom log out
    xixixi jadi jangan bingung ya
    klo ada yang ngasi komen sok akrab tp kk blom kenal sama id itu … maaaffff

  6. mylitleusagi berkata:

    oh namanya…”jali” toh..
    aku waktu kecil…suka mainin biji2an kaya gini..
    tapi gak pernah tahu namanya…
    sekrng mah udah gak ada kali ya bun..anak kecil yang hobi ngumpulin biji2an ini

  7. bundadontworry berkata:

    belum sempat bw ke tempatnya Ahsan, malah dapet 2 keuntungan disini , melalui postingan ini jadi tau, bentuk si pohon jali, sekaligus manfaatnya juga 🙂
    terimakasih Mbak Monda krn telah berbagi:)
    salam

  8. Orin berkata:

    Oh? Bisa dimakan juga ya Bun? Kyknya zaman kecil dulu pernah juga nemu tanaman ini, maklum sering main2 ke kebun/hutan, dan rasanya dibilangin kalo si biji itu makanan ular, hiiy 😀

  9. Prima berkata:

    HUaaaaaa…. bener ini bunda, wkakakakkaka…. ternyata namanya jali-jali… 😛 ada lubangnya kan? tinggal di rangkai dengan benang/senar… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s