Rusa Bawean

Topic #123 adalah usulan dari tim Post A Day 2011 untuk menulis  tentang blog lain yang menjadi sahabat penulis. Ide ini cocok dengan keinginanku untuk mengenal lebih dekat Rusa Bawean.

Rusa   mengomentari  artikel 2 hari lalu tentang foto rusa totol  : “gak ada Rusa Bawean-nya ya di situ ?” (maksudnya di Prambanan)

Rusa Bawean (Axis kuhlii)

Setelah mencari-cari,  artikel di Wikipedia tentang Rusa Bawean   ternyata kalah lengkap dari artikelnya mas Alamendah di sini.

Rusa Bawean  (Axis kuhlii)adalah hewan endemik  , artinya hanya ditemukan di pulau Bawean.  Rusa ini lebih kecil dari kebanyakan rusa lainnya. Tubuhnya yang mungil ini menyebabkan ia bisa berlari kencang. Di habitat aslinya, Rusa terancam kepunahan, jumlah hewan dewasa kurang dari 250 ekor, sehingga menurut  IUCN red list termasuk kategori kritis.  Untuk mengatasinya dibuat Suaka Margasatwa Pulau Bawean dan penangkaran. Ingin tahu lebih jauh ke mas Alamendah saja ya.

Pulau Bawean itu terletak di utara pulau Jawa dan berada dalam wilayah  Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Mereka berbahasa Bawean dan menyebut dirinya orang Boyan karena dialek Malaysia dan Singapura (orang Bawean banyak yang merantau ke sana).

Peta Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Rusa Bawean adalah juga nama sebuah blog yang belum lama kukenal. Pemilik blog ini selalu  menyebut dirinya rusa. Dia berasal dari pulau Bawean dan ingin mengangkat pulau itu termasuk budaya dan hewan asli pulau itu. Blognya sendiri  berisi berbagai macam hal, antara lain  wisata  dan kuliner. Dan asyiknya lagi si rusa ini sudah memenangkan berbagai kompetisi, yang terbaru menang di kategori  bronze di ajang Indonesia Sehat Blogger Award 2011 .

Artikelnya baru sedikit yang kubaca, tapi salut dengan usahanya untuk mengangkat pulau ini, salah satu wujud cinta tanah air bukan?  Bahasa tulisannyapun enak dibaca, dengan gaya campur-campur he..he..

Sumber Foto : Wikipedia

Iklan

31 thoughts on “Rusa Bawean

  1. Domba Garut berkata:

    Mengangkat isue kelestarian lingkungan, melalui tulisan – sekecil apapun itu – adalah merupakan usaha konservasi yang patut didukung… ayo terus semangat dalam menulis..

    Ia terbaca jauh sampai ke Irak, ya Irak yang masih meledak-ledak itu..

  2. p49it berkata:

    Mau lihat rusa bawean? Perhutani wilayah Bogor memiliki penangkarannya, namanya Wahana Wisata dan Penangkaran Rusa. Letaknya di Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor.

    Selain rusa bawean yang mungil dan lincah itu, ditangkarkan pula rusa totol (Axis axis) seperti yang berkeliaran di halaman Istana Bogor.

  3. Mabruri Sirampog berkata:

    Alhamdulillaah saya sudah berkunjung ke Rusa Baawean..
    Saya juga salut sama blogger2 yg memakai namanya dengan tujuan mengangkat budaya daerahnya sendiri…
    mudah2an banyak yg mengikui jejaknya..

    salaam

  4. Ikkyu_san berkata:

    wah waktu aku berkunjung commentnya ditutup jadi pasang jempol saja 😀

    Terima kasih mbak diingatkan lagi letaknya. Dulu waktu SD aku jagonya peta buta. Tapi semua menguap begitu saja. Senang diingatkan kembali nama-nama tempat/daerah di Indonesia.

    EM

    • monda berkata:

      sorry ya mbak, pas baru diterbitkan kaget juga kok komen ditutup,
      ternyata kotak komen nggak dicentang

      mbak Imel pintar peta buta ya, aku malah suka ketukar letak Bawean sama Karimunjawa, ada petanya di sini biar aku nggak lupa2 lagi :D

  5. alamendah berkata:

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Pantesan bahu saya kerasa kedut-kedut, ternyata ada yang lagi nyebut-nyebut nama saya di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s