If I Stay

If I Stay karya Gayle Forman yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ini kuterima dari Akin di Samarinda. Buku yang bagus sekali Akin, terima kasih ya.

Buku ini mengisahkan kejadian selama 24 jam dalam kehidupan Mia yang berusia 17 tahun.

Di pagi hari ketika salju turun dengan lebatnya mobil yang ditumpangi keluarga Mia dalam perjalanan menjenguk kakek neneknya mengalami kecelakaan. Orang tuanya tewas dan Mia mengalami koma.

Mia keluar dari tubuhnya dan melihat kejadian usaha penyelamatan dirinya, ketika sanak famili dan temannya mengunjunginya di rumah sakit, usaha kekasih dan temannya menyelusup masuk ke ruang ICU karena mereka tidak diijinkan menjenguk. Kisah ini juga menampilkan kilas balik hubungan Mia dengan ayah ibunya yang pernah menjadi musisi rock, hubungan dengan  kekasihnya Adam, yang juga beraliran musik rock, juga hubungannya dengan temannya Kim.

Mia, meskipun sudah mendengar musik rock sejak kecil, tetapi ia justru tertarik dengan musik klasik. Ia adalah pemain cello yang serius. Diceritakan pula pengalamannya mengikuti music camp. Musik dalam keluarga Mia menjadi semacam cara untuk berkomunikasi. Beraliran lain dari orang tuanya bukan berarti ia dicemooh, tetapi ayah ibu justru mendorong dan memfalisilitasi kesukaannya itu. Hubungan keluarga yang saling mendukung terekam dengan  manis di sini.

Hubungannya dengan Adam yang bintang sekolah sempat membuat Mia yang rendah diri merasa salah pilih, tetapi Adam yang jatuh cinta karena melihatnya bermusik seakan seluruh jiwanya tumpah di permainan cellonya itu, mampu membangkitkan semangat Mia. Hubungan Mia dengan sahabatnya Kim, yang Yahudi menggambarkan persahabatan erat tanpa memandang asal usul.

Cerita Mia ini sangat mempesonaku, dan air mata sempat menetes  walaupun  tak ada kesan cengeng dalam cerita ini.  Novel ini juga menekankan bahwa sebuah kejadian tak terduga  dapat merubah kehidupan yang normal menjadi sebuah tragedi.

Iklan

22 thoughts on “If I Stay

  1. mamah Aline berkata:

    makasih mbak monda sudah mereview isi novel ini, saya penasaran dengan akhir kisahnya apakah Mia bisa kembali masuk ke tubuhnya dan happy ending.
    saya catat untuk referensi saat masuk toko buku lho…

  2. niQue berkata:

    wah, kok dimana2 mba Akin berbagi hadiah nih? Aku mau juga dong Kak hehehe … tolong bilangin ya Kak, sapa tau harus friend get friend xixixi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s