Kriuk-kriuk Enak

“Bang, kerupuknya bungkusin dua”

Kata-kata ini selalu kudengar dari bibir salah seorang temanku ketika membeli makan siang. Katanya tidak afdol makan tanpa kerupuk. Kerupuk kesukaannya adalah kerupuk kampung, begitu dia menyebutnya, untuk jenis kerupuk putih keriting. Sebagian lagi menyebutnya kerupuk melarat.:p Berlainan denganku yang makan tidak harus ada kerupuk atau cemilan kriuk-kriuk lainnya.

Kerupuk biasanya terbuat dari adonan tepung yang ditambah bahan perasa seperti bawang, ikan atau udang.  Adonan diiris tipis dan dijemur.  Biasanya kerupuk harus dijemur dulu sebelum digoreng agar mengembang, kadang-kadang ada jenis kerupuk yang menggorengnya khusus seperti kerupuk ikan  Palembang, memakai 2 macam minyak, minyak dingin dan minyak panas.

Diingat-ingat banyak sekali jenis kerupuk di tanah air.

Ada kerupuk yang di pasar tradisional disebut kerupuk tersanjung, kerupuk kecil berbentuk bunga dengan pinggiran berwarna-warni.

Ada kerupuk berwarna merah, biasanya untuk taburan makanan dari Sumatera Barat, soto Padang dan lontong sayur Padang,  Asinan  ditaburi  kerupuk keriting berwarna kuning. Ada kerupuk kemplang asal Sumatera bagian selatan yang harus dibakar dan dimakan dengan sambal, kerupuk sanjay yang berwarna merah menyala oleh-oleh khas dari tanah Minang.

Selain kerupuk dari tepung tapioka ada kerupuk jangek  yang terbuat dari kulit sapi,  ada kerupuk gendar, ada pilus, ada kuku macan dari Kalimantan. Ada lagi  rempeyek,  emping, dan keripik, semuanya serba kriuk-kriuk.

Adakah kerupuk spesial di daerah asal teman-teman?

Lalu apa bedanya kerupuk dan keripik?

Apa yang menyebabkan seseorang ketagihan makan kerupuk? Sukakah anda dengan kerupuk?


Iklan

47 thoughts on “Kriuk-kriuk Enak

  1. Batavusqu berkata:

    Salam Takzim
    wah pertanyaannya bertubi tubi nih bund. Saya kenal kerupuk yang buat lomba makan krupuk saat 17_an saya menyebutnya kerupuk putih,
    Bedanya kerupuk sama keripik, kalau keripik lebih keras dibandingkan kerupuk,
    Saya ga pernah ketagihan makan kerupuk jadi ga tau alasannya, saya suka kerupuk bund, dan saya suka postingan ini
    Salam Takzim batavusqu

  2. Mechta berkata:

    Aku suka macam2 kriuk2 tp buat camilan bkn sbg teman nasi.. Utk krupuk aku plg suka krupuk tempe (tepatnya krupuk kedelai) dari Salatiga 🙂 uenaak deh..

  3. bundadontworry berkata:

    udah pasti krupuk asli daerah bunda, kerupuk sanjay dan kerupuk jangek, juga adalagi yg namanya kerupuk ubi, bentuknya bulat diberi daun bawang, rasanya gurih 🙂
    dan, dirumah bunda , kerupuk wajib ada setiap hari Mbak Monda 🙂
    salam

    • monda berkata:

      ke rumah bunda ah, ada sanjay…. doyan bun..,
      kalau di rumah kami kedoyanannya kemplang sama kerupuk Palembang,
      tapi cuma nyediain aja jarang ikut makan bun

  4. @zizydmk berkata:

    Aku sih suka kerupuk dan suka juga keripik. Ya, mana yang enak saja.
    Kalau daerah khas, apa ya… gak ingat. Mungkin karena jarang sekali ngemil. *alesan…

  5. Lyliana Thia berkata:

    Kalo keripik lebih tipis kali Mba.. hehe. *asal*

    Wah, katanya Indonesia itu surganya cemilan loh… *lupa baca dimana*

    dan ohya, goreng kerupuk palembang itu susah bgt, udah coba pake 2 minyak tetep gak jadi… mending beli jadinya… ada jg kerupuk pasir… *gimana cara bikinnya yah?*

    ah, ngomongin kerupuk… yg jelas anak kecil hrs dijauhin dari kerupuk! kalo gak seharian makannya kerupuk doang huhuhuu

  6. Devi Yudhistira berkata:

    ada krupuk mie namanya…itu lo semacam yg sering buat melengkapi asinan.

    Cuman rasanya beda, enakan yg di kampung saya…warnanya kuning juga ….

    di kantor letaknya di sebelah saya persis, bertengger 2 kaleng krupuk dengan gagahnya….
    tiap kali isi bisa bayar 40rb buat seminggu, kebayang ga mbak…berapa krupuk yg kami makan seharinya (kami ber-7 dowang)

  7. Necky berkata:

    Kalau makan ga pakai kerupuk rasanya ada yang kurang…kalau dulu emping tapi berhubung udh kena asam urat akhirnya krupuk aja ah…

  8. bundamahes berkata:

    saya suka kerupuuuuuuuuuuk…
    kalo keripik bukannya diambil dari buah itu ya Bun?! keripik kentang, keripik nangka, keripik talas, keripik singkong, dll

  9. menone berkata:

    klo kerupuk jangek dek tempat menone biasa disebut kerupuk rambak….enak bgt hehehhehehehehhee

    salam persahabatan selalu dr MENONE

  10. DV berkata:

    Saya penggila kerupuk! Bahkan ketika saya sudah pindah ke Australia, saya selalu berusaha mencari kerupuk Indonesia yang kebetulan mudah di dapat karena begitu banyak komunitas Indonesia di sini.

    Tapi kalau pas ngga ada, aku ganti kerupuk dengan chips. Pokoknya apapun asal kriuk2 dan gurih2 asin itu nikmat 🙂

    • monda berkata:

      hebat euy kerupuk aja udah jalan2 ke Australi,
      jadinya selera tetap aman ya mas Don, nggak perlu tunggu kiriman dari tanah air

  11. bintangtimur berkata:

    Tiap makan nasi saya juga harus pake kerupuk kampung yang warnanya putih itu, mbak 😉
    Disini yang terkenal itu kerupuk kulit, disebutnya dorokdok, saya nggak terlalu suka sih, karena kerupuk kesukaan saya memang kerupuk kampung itu tadi…forever deh pokoknya, apalagi yang nggak mekar alias bantat, wuuiiiih, enaknya luar biasa…
    😀

    • Monda berkata:

      Baru dengar mbak yg namanya darokdok, itu sama dengan kerupuk kulit / jangek yang dari kulit sapi itu ya. Kalau krupuk bantet bukannya alot dan nggak garing mbak?

  12. arman berkata:

    wah saya suka banget ama krupuk putih itu… pake nasi anget, krupuk putih, pake kecap manis. mantep dah! 😀
    kuku macan juga suka, krupuk udang juga suk… tapi kalo krupuk ikan kurang suka.

    beda krupuk ama kripik ya? kayaknya kalo krupuk lebih tebel, kripik lebih tipis. gitu bukan ya? hahaha

  13. @brus berkata:

    monda kita sama..sama2 gak suka krupuk,
    beda temanku, kalo makan siang/malam tangan kanan nguapin nasi plus lauk n tangan kiri nyuapin ‘kriuk2 ke mulut ..gantian deh bekerjanya tangan kanan n kiri … 😛

    • monda berkata:

      heboh deh cara makan temanmu ya brus, semua tangan harus aktif

      dulu kalau anak susah makan, kerupuknya dijadiin sendok, baru makannya lahap

  14. Mabruri Sirampog berkata:

    saya juga suka sama kerupuk,, tapi kalau dimakan tanpa nasi ga terlalu suka…

    Keripik juga doyan apalagi kalau keripik pisang buatan ibu sendiri,,, setoples bisa abis sekali makan…. 😀

    salaam

  15. Ikkyu_san berkata:

    Aku juga suka krupuk kampung itu, meskipun tidak kecanduan (susah lah yau kalau kecanduan, di Jepang tidak ada hehehe)

    Kerupuk dalam bahasa Jepang namanya senbei. Dan pembuatannya menarik. Aku sudah lama ingin menulis ttg senbei itu, krn kebetulan di dekat rumahku dulu ada pabrik senbei. Tapi inginnya mengadakan kunjungan dulu baru nulis hehehe. Nanti deh suatu waktu aku tulis ya mbak

    EM

  16. usagi berkata:

    Hee heee hee
    Aku juga gak bisa makan
    Kalau gak ada kerupuk
    Berasa ada yg kurang aja bunda 🙂
    Kerupuk kampung paporit aku itu :d

    Ama keripik kentang bikinan mama
    Kerupuk itu tebel
    Keripik itu tipis
    Haa haa

  17. niQue berkata:

    temen kk tuh sama ama aku 😀
    dan untungnya suami pun sama doyan kerupuk
    kurang afdol makan tanpa kerupuk
    dan kerupuk favorit kami adalah kerupuk coklat temen kerupuk putih keritin gitu.
    selain itu aku sendiri suka sama kerupuk gendar,
    kerupuk bawang putih, sama emping tentu saja 😀

    makan nasi ngepul, sambel + kerupuk saja pun udah alhamdulillah hehehe

    • monda berkata:

      bisa langganan lho sama tukang kerupuk,
      tetangaku gitu, dipinjamin kaleng kerupuk biru yang biasa di warung2 itu, isi ulangnya seminggu sekali, kerupuk kampung itu isinya Nik

      • niQue berkata:

        emang gitu kok kami Kak,
        adek kakak itu lah yang molai dulu
        aku pun sampai tercengang dibuatnya
        soalnya selama ini aku klo pengen ya beli di warung, dia males katanya, jadilah dilangganinya sampe sekarang hahaha

    • monda berkata:

      iya tuh, goreng2an kan nggak baik ya…
      apalagi minyaknya udah goreng seribu kali, he..he.., tambah lagi dicelupin plastik bungkusnya ….kacau…

    • niQue berkata:

      iya ya … makasi sudah diingatkan hehehe berarti saya harus mengurangi kerupuk … minyaknya itu lhoo huaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s