Ada Matahari di Bahuku

Bertahun lalu ketika masih remaja ting-ting  pernah menonton sebuah film dari negara barat sana. Judulnya Sunshine On My Shoulders.

Film ini  produksi tahun 1970an ( lama sekali ya..). Film kutonton lama setelah diproduksi, sektar 10 tahun kemudian. Maklumlah nontonnyapun gratisan dbioskop kompleks,  Banua Patra, yang memang memutar film gratis 2 kali seminggu untuk karyawan dan keluarga.

Film diisi dengan soundtrack dari lagu John Denver, penyanyi country favoritku yang sangat terkenal di masanya.  Lagu Sunshine On My Shoulders ini muncul pada 1973 dan mencapai hits  nomor  satu di Billboard Hot 100 di Amerika Serikat tahun 1974.

Film dengan bintang Cliff De Young dan Cristina Raines menceritakan seorang ibu muda yang menderita kanker.  Seingatku si ibu  sangat resah karena tak bisa membesarkan anaknya yang kala itu masih berusia sekitar 2 – 3 tahun. Hingga suatu saat  ia mempunyai ide untuk merekam pesan-pesan kepada anaknya yang kelak akan diberikan setiap tahun pada hari ulang tahunnya. Ia ingin anaknya bisa mengenal dirinya lewat pesan-pesan suara tersebut.

Cerita film ini berhasil membuatku keluar bioskop dengan mata membengkak melihat ketabahan dan kecintaan  sang ibu dan melihat bergolaknya perasaannya ketika harus merekam pesan tanpa menangis.

Film ini sangat membekas bagiku, karena cerita dan lagu temanya. Terinspirasi dari situ maka ketika kukenal kemajuan teknologi dunia maya bernama blog  kuputuskan untuk membuat blog yang berisikan apa saja yang berguna  bagi anak-anak dan dapat menggambarkan karakter dan sifatku agar anak-anak dapat lebih mengenal ibunya.

Alhamdulillah, baru saja terbukti blog ini berguna sebagai sumber tulisan bagi ananda yang mendapat tugas dari sekolahnya. Ketika mencari  materi tentang pencemaran lingkungan ia mengalami kesulitan mencari di google, akhirnya apa yang diperlukan didapat dari blog mama.

Sejarahku di blogging sendiri sempat tersendat-sendat, karena hanya bermodal kenekatan tanpa mengenal satupun blogger.  Blog inipun sempat terlantar 5 bulan tak diisi sejak pertama membuat akun, karena lupa dengan kata sandinya. Setelah berhasil membuat blog dan mengenal banyak sahabat yang menuliskan perkembangan anak dalam blog kurasakan penyesalan mengapa setelah anak beranjak remaja baru kukenal dunia ini, sehingga hanya bisa menyimpan kenangan ketika anak-anak kecil dari surat dan diary saja. Akhirnya sejak Desember 2009 kuputuskan untuk lebih aktif lagi dan alhamdulillah bisa bertahan sampai sekarang dan mudah-mudahan untuk waktu yang lebih lama lagi.

Tulisan ini disertakan  dalam Blogger Return Contest, di blog Mbak Anazkia, yang disponsori oleh Denaihati.

 

Iklan

49 thoughts on “Ada Matahari di Bahuku

  1. Agung Rangga berkata:

    wah, gak nyangka ya bun, blog kita nantinya bakal berguna juga sebagai referensi ilmu… 😆

  2. vizon berkata:

    Tak syak lagi, blogging telah banyak memberi warna dan makna dalam hidup saya. Oleh karenanya, saya terus berupaya untuk tetap blogging, meski belum bisa konsisten seperti Kak Monda.

    Oya Kak… sebagai apresiasi saya atas persohibloggan, saya akan mengadakan perhelatan di surau saya. Kalau sempat, mampir-mapir ya Kak… 🙂

  3. DM berkata:

    Kalau filmnya aku belum pernah liat. Kalau John Denver beserta lagu-lagunya, memang top habis. Tapi dari tulisan ini aku jadi punya rujukan tentang “Sunshine On My Shoulders”.

  4. edratna berkata:

    Semoga menang mbak Monda….
    Lagu ini juga kesukaanku…saya nonton film nya sambil kencan, dengan mantan pacar yang tinggal kenangan (nggak berlanjut)…hehehe….

  5. Mechta berkata:

    Tak hanya dibahumu, mentari pun bersemayam di hatimu..dan pancaran kasih sayang tercurah hangat tak hanya untuk kelg jg teman & kerabatmu. Smga sukses di kontesnya,mba Monda..

    • monda berkata:

      belum aku cek itu mas,
      tapi waktu itu rasanya film ini bagus banget gambarnya,
      adegan terakhir nya mengharukan, ayah dan putri kecil jalan hanya berdua…

  6. Orin berkata:

    Film sejenis yg agak2 baru mungkin PS ” I love you” itu ya Bun… Tapi Orin memang pasti BW ke sini tiap hari, coz asyik baca tulisan2nya BunMon 😉

    Gudlak ngontesnya yaa *peluuuk*

    • monda berkata:

      berpelukan …sambil tepuk2 bahu Orin,terharu …

      terima kasih ya Rin, dari pertama kenal rasanya tak ada satupun tulisanku yang tak dibaca Orin,
      padahal belum bisa setiap waktu datang ke Orin, kadang ya harus borongan komennya, maaf ya

  7. Lyliana Thia berkata:

    Judulnya catchy Mba Monda…!

    uraian yg bagus banget… kadang2 klo lg bingung ttg bahasa baku, aku nyontek jg dari blog ini… hihi…

    Sukses yah kontesnya Mba Monda!

    • monda berkata:

      judul cuma aku terjemahkan aja, abis bingung mau kasih judul he..he…,

      Tia, akujuga masih belajar untuk menulis lebih komunikatif, jadi kaku nggak sih tulisanku di sini?

  8. krismariana berkata:

    kalau aku nonton film itu, kurasa aku juga keluar gedung bioskop dengan mata bengkak. aku cengeng sekali kalau soal nonton film (yg mengharukan). hehehe. tapi bagus idenya Mbak Monda ini, menulis blog agar ananda lebih mengenal bundanya. 🙂 pasti menulis dengan penuh cinta ya 🙂

  9. hilsya berkata:

    pengennya sih aku bisa nulis yg bagus trus ilmiah gitu mba.. sesuai bidangnya..
    tp kenapa yg keluar malah jd remeh temeh gini?
    ..*sigh*

    • monda berkata:

      menurutku nggak ada ah yang remeh temeh itu mbak,
      semua tulisan itu pasti ada manfaatnya, yang curhat ada pelajaran juga yang bisa diambil, kalau ada salah langkah kan kita bisa belajar menghindar dari pengalaman orang lain

  10. Kakaakin berkata:

    Sejak awal saya terkagum-kagum dengan Mbak Monda yang gemar menulis dan berbagi hal-hal penting 🙂
    Semoga sukses pada kontesnya ya…

  11. arman berkata:

    jalan ceritanya mirip banget ama film yang judulnya My Life. kalo gak salah yang main nicole kidman ama michael keaton. ini juga film jadul.

    ceritanya yang suaminya kena kanker pas istirnya lagi hamil dan gak bisa make it sampe bayinya lahir. jadi suaminya bikin video untuk anaknya nonton setiap taun.

    sedih banget ya bu… 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s