Harry Dharsono Juga Memiliki Museum

Siapa bilang museum hanya menyimpan benda-benda usang dan tua. Harry Dharsono, perancang adi busana terkenal memiliki sebuah museum pribadi yang berisikan hasil karyanya yang mendunia dan koleksi barang seni adiluhung lainnya. Di museum ini koleksinya boleh kita  sentuh dan pegang. Ingin tahu kan rasanya memegang baju mahal?

DSC06769

 

Beliau sudah berkarya selama lebih kurang 30 tahun. Karyanya banyak dipakai kalangan kelas atas  dengan nama-nama terkenal, seperti kalangan bangsawan dunia.
“Memasuki museum saya, Anda akan tahu bahwa ada anak manusia yang mengawali semuanya dengan keterpurukan, kebisuan, dan kenakalan. Saya pernah diidentifikasi sebagai anak ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder). Inilah yang membuat saya bersemangat membuat museum. Saya bisa menghimpun anak ADHD untuk berkarya di dalam museum ini,” tuturnya.

Bangunan museum ini dirancangnya sendiri ketika berumur 14 tahun. Gedung bergaya baroque dengan pilar-pilar tinggi. Ruang dalamnyapun tampak mewah.
Tak hanya merancang busana, Harry Dharsonopun merancang perangkat makan, lampu meja, perhiasan mewah, jam dinding, patung kaca yang dipahat sendiri, melukis dan bermain piano, sangat multi bakat bukan?
Karya adibusananya termasuk juga kostum panggung untuk Hamlet & Othello yang ditampilkan di Inggris,  dan Julius Cesar di Jakarta.
Museum ini terletak di Jl Cilandak Tengah 71, Jakarta Selatan. Untuk datang ke sini harus dengan perjanjian sebelumnya dan harus rombongan, karena beliau sendiri yang akan menjadi pemandu. Tiket masuknya seharga Rp 175.000,- Nomor telepon yang bisa dihubungi 021 7668553, dan 021 7668554.
Tulisan ini dari penulis tamu, adikku sendiri (  pada slide di atas  wanita yang dipasangkan tiara Lady Diana oleh Harry Dharsono)
Tambahan dariku, karyanya juga dapat dilihat di Museum Tekstil Jakarta yang telah disumbangkannya untuk menjadi koleksi Museum Tekstil (kalau karya yang ini sudah pernah kulihat, tetapi belum pernah ke Museum pribadi beliau. Ada yang mau menemaniku?)

47 thoughts on “Harry Dharsono Juga Memiliki Museum

  1. dissy dwisari berkata:

    saya iingin menemani mba bersama anak saya yg terdeteksi adhd ke museum harry dharsonno dan terus terang saya ingin menyemangati diri sendiri agar bisa sabar kuat tetap semangat mendidik anak anak saya dg penuh cinta

  2. bintangtimur berkata:

    Trima kasih buat informasinya mbak Monda, saya baru tau dari posting ini kalau mas Harry Dharsono *kayak yang kenal aja ya…* malah punya museum sendiri.

    Bisa didatengin kapan-kapan ah😉

  3. DM berkata:

    Suka sekali aku dengan tulisan ini. Dan aku baru tau dengan museum tersebut. Hebat ya. Sesuatu yang diperjuangkan dengan keterbatasan memang menghasilkan hasil yang tak biasa.

    Sebuah tempat menarik yang layak dan patut untuk dikunjungi. Terima kasih untuk deskripsi museum tersebut. Terlebih soal Harry Dharsono itu sendiri.

  4. Mechta berkata:

    ah…untung mbak sudah berbagi foto2 keren disini, serasa melongok sendiri ke sana! Trims mbak Monda🙂

  5. edratna berkata:

    Rumah ini nyaris setiap hari saya lalui, letaknya diujung jalan. Bagaimana mbak Monda, bisakah kita kesana rame-rame? Ada tawaran dari Imelda tuh..bagaimana kalau bulan Agustus (risikonya Puasa), pas EM mudik ke Indonesia. Saya juga belum pernah kesini. Yang ga puasa bisa langsung ke Citos.

    Saya membaca riwayat HR di Kompas Minggu, salut sama orangtuanya, yang mendukung dan membuat HR seperti sekarang.

    • monda berkata:

      buat emak2 juga dalam lho Di, apalagi kalau dibandingkan ke museum pemerintah yang murah meriah,

      tapi ini kan koleksi pribadi dan barang mahal ya, patutlah dihargai sekian

    • monda berkata:

      kepada adikku dan rombongan ortu dari sekolah berkebutuhan khusus, dia banyak cerita pengalamannya bersekolah yang bolak-balik dikeluarkan, katanya dia baru bisa bicara umur 11 tahun
      lukisan pemandangan di slide itu dibuatnya ketika masih anak2

  6. Imelda berkata:

    waaah mbak Monda… aku mau nemanin. Keren yah … Rombongannya minimum berapa orang? Bikin acara kopdar di sini gitu hehehe.

    EM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s