KIMCHI

KIMCHI satu kata yang sudah tak asing lagi. Asosiasi langsung mengarah kepada satu jenis masakan yang biasanya berupa asinan sayur-sayuran dari Korea.
Tetapi KIMCHI bisa juga berasal dari akronim Korean Idol Music Concert Hosted in Indonesia.

Kabarnya memang akan ada grup musik asal Korea yang akan tampil di Indonesia.

Ketika berkunjung ke NewBlogCamp, pak de mengatakan dengan petunjuk satu kata saja bisa membuat artikel tanpa perlu copy paste. Kata kunci dari pak de  adalah KIMCHI.

Kebetulan kemarin di televisi aku menonton acara Seoul for Soul, kalau tak salah judulnya demikian, sebuah film dokumenter di saluran National Geographic. Jadi kusambut saja ajakan pak de ini.

Korea yang sekarang menunjukkan kemajuan industrinya melihat peluang mendongkrak kesuksesan mereka melalui kebudayaan,   Katanya jika hati seseorang sudah tersentuh dengan budaya Korea, maka segala hal mengenai Korea akan lebih mudah masuk, termasuk produk industri dari negara tersebut.

Sejak terkenalnya film Winter Sonata yang salah satu lagu temanya menjadi backsound artikel ini, banyak turis datang ingin melihat Korea,  terutama tempat pembuatan film itu. Bintang filmnyapun menjadi sangat terkenal di berbagai negara Asia, contohnya Jepang dan Indonesia. Ingat Bae Yong Jun pemeran pria utamanya, nu kasep tea?

Winter Sonata membukakan mata banyak orang  akan keindahan  pemandangan negara  Korea itu. Kepiawaian para sineasnya meramu film yang mampu mengharu biru hati banyak orang meninggalkan kesan mendalam.

Sejak itu berbagai film drama Korea mengikuti jejak Winter Sonata.  Semakin banyak orang yang merasa emosinya menyatu dengan drama Korea yang mendayu-dayu (termasuk para bloggers, sahabat  bisa menyebutkan satu atau dua nama di antaranya he….he…, ayo yang merasa tunjuk tangan). Kekhasan film-film drama Korea  ini ialah mampu membuat penonton terus  melanjutkan film sampai tamat. Maka, banyak penonton yang rela begadang nonton drama Korea, termasuk diriku Sampai suatu saat kuputuskan tak akan lagi nonton karena tak sanggup begadangnya itu  he..he.., badan terasa lemas dan tak semangat kerja, bahaya kan?

Kinipun warga Korea terutama Seoul dimanjakan dengan berbagai acara kebudayaan yang bebas diselenggarakan di mana-mana, di gedung pertunjukan ataupun di lapangan dan di jalanan. Berbagai acara kebudayaan dan seni termasuk dari negara-negara asing menjadi  tontonan wajib warga kota Seoul dan beberapa kota besar lainnya di sana.

Musik Korea yang  terkenal dengan beberapa boybandnya  ikut mendunia, sehingga lahirlah istilah Kpop, Korean Pop.  Boyband asal Korea ini seperti Super Junior mempunyai pengikut dan peniru di berbagai negara, termasuk salah satunya di Indonesia.

Iklan

35 thoughts on “KIMCHI

  1. tunsa berkata:

    ini to yg dijadikan model pakdhe dalam perhelatannya, hehe…
    **
    iya saya setuju banget sama om nh, ini ahlinya kaka akin.. ^^
    salam

  2. bintangtimur berkata:

    Bener banget mbak, segala sesuatu yang serba Korea itu seperti banjir ke Indonesia dan sambutannya juga luar biasa 😀

    Sayang sekali saya belum pernah nyobain kimchi, kalo lihat tayangannya di TV sih kayaknya belum tertarik mbak, kebayang asemnya itu lo…

  3. nia/mama ina berkata:

    wah selamat yach dapat buku dari pakdhe……aku juga senang lagu2 dari film winter sonata……tapi film korea yg sekarang udah ngga pernah nonton lagi…..sibuk sm anak2 sech heheh

  4. DV berkata:

    Aku tak pernah tertarik dengan film dan musik Korea… apalagi setelah tau output semacam SMASH yg konon nyontek dari sana…
    Lha kalo hasil contekannya aja seperti itu, seperti apa yg diconteknya ya? 🙂

  5. DM berkata:

    Aku kok nggak begitu suka ya musik atau film dari Korea. Mungkin karena belum pernah menyimak saja. Jadinya memang betul-betul tak pernah tau sama sekali… 🙂

  6. Elsa berkata:

    waaah Mbak Monda juga tertantang bikin postingan KIMCHI yaaaaa

    aku gak pernah mengikuti korean pop gini sih, jadi gak ngerti sama sekali

  7. ysalma berkata:

    Kalau sekarang, ngomong Korea, yang nongol dikepala memang Akin,
    kalau dulu, saya maunya jauh-jauh dengan yang berbau Korea mbak 😉

  8. Pakde Cholik berkata:

    Sebuah Novel Karya Tere Liye menjadi milik Bu dokter. Selamat atas kecekatan bu dokter membuat postingan cukup panjang dengan modal awal sebuah kata : KIMCHI.

    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

  9. Mabruri Sirampog berkata:

    keasikan dengerin lagunya (mskipun tak ngerti artinya) sampai lupa komen bunda.. 🙂

    Waah, saya ga ngerti bun ttg korea,, boybandnya atau serial dramanya juga saya ga suka… 😀

  10. Ayahnya Ranggasetya berkata:

    semakin penasaran dengan drama korea, emang banyak blogger tergila-gila sama drama korea. belum pernah nonton, tapi aku menduga tipe ceritanya kayak di sinetron cinta cenat-cenut itu. benarkah?

  11. Mechta berkata:

    Krn sering nonton drama korea (tp yg sore saja,hehe) jd sering dengar kt kimchi..sayang blm pernah ngicipi.. Apa spt asinan sayur bogor itu ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s