Kebiasaan Aneh Ketika Tidur

Artikel kali ini terinspirasi dari artikel  mbak Imelda  tentang mendengkur.

Mendengkur bisa disebut juga kelainan tidur. Suara mendengkur itu terjadi karena gangguan jalan nafas. Orang mendengkur bukan berarti ia tidur nyenyak, justru ia sering terbangun karena nafasnya sesak. Selain mendengkur atau ngorok adalagi kebiasaan dalam tidur yang cukup menganggu orang-orang di sekelilingnya yaitu   Bruxism,  mengigau  dan Sleepwalking.

Bruxism  itu  kebiasaan  orang yang suka mengadu  gigi-gigi rahang atas dan bawah sehingga menimbulkan bunyi gemeletuk , bunyi seperti menggigiti tulang, atau seperti menggergaji.  Suaranya bisa sangat keras lho. Kebiasaan ini tentu saja membuat berisik. Pernah dengar ? Jika orang itu dibangunkan bunyi ini akan  hilang sebentar, tetapi kemudian tetap akan kembali berbunyi lagi. Adakah keluarga anda yang mempunyai kebiasaan aneh ini? Adakah cara mengatasinya?

Cara menghindarinya biasanya dokter gigi akan membuatkan semacam alat yang menyerupai plat gigi palsu (yang berwarna merah muda itu lho…), hanya pada alat ini tak ada giginya, tetapi plat diperlebar sehingga menutupi permukaan gigi, maka ketika mulut tertutup dan gigi diadu,  tak akan berbunyi lagi ketika beradu karena sudah terhalang plat.

Kebiasaan lain yang sangat mengganggu dan mungkin juga bisa membahayakan orang tersebut adalah kebiasaan berjalan dalam tidur yang disebut juga sleepwalking atau somnambulism.

Dulu ada salah satu anggota keluarga besar yang mengalami ini. Hampir tiap malam dia keluar dari kamar dalam keadaan mata terpejam, tetapi sambil membawa guling. Hampir tiap malam pula dia ditarik kembali masuk kamar, tetap dalam keadaan tidur. Ketika keesokan harinya ditanyakan dia tidak sadar. Bahkan ada orang yang  bisa keluar rumah dan berjalan-jalan, bagaimana kalau dia ke jalan raya..?

Ada lagi kebiasaan  yang mengganggu yaitu mengigau. Biasanya kalau terlalu capai di siang harinya orang bisa mimpi buruk dan mengigau. Igauan  ini kadang-kadang bisa hanya bicara, ada yang berteriak-teriak. Pernah kuisengi saudaraku yang mengigau, kutanya segala macam bisa dijawabnya lho, ha..ha..ha…, tapi tak lama karena dia kembali tertidur.

43 thoughts on “Kebiasaan Aneh Ketika Tidur

  1. Nidha berkata:

    Saya sendiri mengalaminya, sampai keluarga saya merasa terganggu setiap malam. Saya sudah mencoba mencari informasi mengenai kebiasaan saya ini. Tp ternyata hanya bisa dicegah. Obatnya apa ya??? tolong di share ke saya……..thank u….

  2. DM berkata:

    Mendengkur, bruxism, atau mengigau, okelah. Tetapi Sleepwalking, ingin sekali aku mempelajari hal itu, tetapi belum memiliki materi yang memadai. Penasaran aja: bagaimana kegiatan itu bisa terjadi. Apakah alam bawah sadarnya jauh lebih dominan menggerakkan otaknya untuk melakukan sesuatu. Entahlah.

    Kalau soal mengigau, ada seorang teman yang bisa diajak bicara saat tidur. Betul-betul bisa diajak bicara dan nyambung. Dan bisa berlangsung cukup lama. Alhasil yang dibicarakan biasanya benar dan jujur. Jadi bisa ngorek-ngorek informasi yang terpendam. Haha. Nakal ya. Tapi memang harus sabar nungguinnya. Terkadang malah ia terbangun. Kalau tau sedang diajak bicara, pasti ngamuk 😀

    Aku memang selalu suka pada hal-hal yang berhubungan dengan alam bawah sadar.

  3. Elsa berkata:

    bruxism

    wah baru tau ternyata itu ada namanya
    soalnya adikku suka gitu duluu
    sekarang sudah jauh berkurang mbak

    bener bener baru tau ternyata banyak yang gitu juga kali yaaa
    kirain cuma adikku aja

  4. bundadontworry berkata:

    Mbak Monda, ngorok itu , aku dan suami kompak banget deh berdua, jadi kudu ambil posisi miring, biar gak ngorok 😳

    adikku ada tuh Mbak, yg sleepwalking, dan ternyata obatnya gampang banget , oleh ibuku di pinggiran ranjangnya dikasih keset basah, begitu dia bangun, nginjek kesetnya , dia kaget krn dingin, dan bangun, en tidur lagi, en balik ke kasurnya , sejak itu, dia gak sleep walking lagi 🙂
    salam

  5. bintangtimur berkata:

    Kebetulan di keluarga saya nggak ada yang suka melakukan hal-hal yang disebutin di posting ini mbak Monda, cuma kadang-kadang kalo lagi mimpi buruk, suka bicara nggak jelas gitu deh…hehe, apa ya namanya…?
    😀

  6. mauna berkata:

    iya bu, aku beberapa pernah menjumpai, tp yg sleepwalking beneran ada yah??
    trs bu monda, ada cara mengatasinya ga? slain gigi gemerutuk.
    Seperti mendengkur, mengigau dan sleepwalking??

    • monda berkata:

      kalau mendengkur itu di Jakarta ada satu rumah sakit yang punya klinik khusus tidur, yang pernah kubaca sih bisa untuk mengobati dengkuran,
      sleepwalking bisa juga diatasi dengan bantuan medis dan psikologis

  7. Lyliana Thia berkata:

    Saudaraku ada tuh Mba yg bruxism… pernah dibuatin night guard, tapi kebuang krn dikira sampah..
    hehehe smpe skrg gak buat lg…
    lagipula katanya nggak nyaman yah…
    Mba Monda sering buat night guard?

  8. nh18 berkata:

    Waduh …
    Menyeramkan juga ya …
    Alhamdulillah …
    Kami sekeluarga tidak ada yang punya kebiasaan aneh selagi tidur …

    Salam Saya

  9. lozz akbar berkata:

    saya punya teman kalau tidur seperti sedang makan camilan..mungkin itu yang disebut Bruxism ya Tante..

    matur nuwun Tante Monda, dapat istilah lagi hari ini.. Bruxism

  10. @zizydmk berkata:

    Hahahaaa…
    Kayaknya kalau mengigau itu sering dialami orang juga. Saya yang sering juga alami itu.
    Bahkan dulu pernah waktu liburan bareng teman2, saat itu saya tertidur duluan. Lalu tiba2 saya kebangun dan melototin mereka yang sedang ketawa2 berdua. Teman2 sampai takut karena dipelototin begitu. Paginya mereka bilang kenapa saya malam2 bangun melototin mereka, eh tapi saya gak ingat… :)))

  11. saptriyawati berkata:

    untung kebiasan saya sebelum tidur membaca buku ;D

    emang hal ini kerap kita temui mbak, bahakn saudara evi sendiri sering mendekur kalau tidur, alhasil daripada evi nya tak bisa tidur, saya tinggikan lagi aja bantal tidurnya. INSYAALLAH jalannya pernafasan lancar dna mendengkurpun hilang 🙂

  12. intan rawit berkata:

    bapakku pengidap bruxism rupanya!hihii….dan itu menurun ke adekq bun..haha..jadi kebayang kan kalo dirumah ramenya gimana, kayak suara orkestra, belum lagi aku yang juga suka ngigau ga jelas…hahaha.,,,keluarga aneh pokoknya

  13. arman berkata:

    si andrew kalo nightmare jadi ngigo. nangis sambil ngomong tapi gak jelas. tapi matanya tetep merem. kalo pagi nya kita tanya, dia gak inget. hehee.

    • monda berkata:

      biasanya anak kecil kalau seharian habis capek main suka gitu Man,
      makanya anak2 dulu kalau keliatan lari2an sampai ngos2an kita alihkan ajak main yang lebih tenang

    • monda berkata:

      oh iya itu juga pernah sekali kualami,
      belum tau sebabnya…, memang bisa jadi gelagapan… kayak ada yang megangin kenceng, pengen teriak tapi suara nggak bisa keluar ya

  14. Mama Cal-Vin berkata:

    saya baru tau namanya bun, dulu adik laki-laki saya begitu sampai ngilu dengarnya.
    Bun, request dong posting tentang usia brapa anak pertama tanggal gigi susunya. apabila giginya masih bagus smua bagaimana?

  15. nique berkata:

    yang ngeri yang ngelindur,
    klo jalan sambil tidur pas di negara orang, terus jalannya jauh
    ga tau jalan balik
    huahhhh *horor sendiri hehehe*

  16. Ikkyu_san berkata:

    Hahaha mbak Monda

    1. Bruxism rupanya namanya. Nama jepangnya Hagishiri. Riku sejak kecil punya kebiasaan itu, sampai sekarang. Meskipun tidak keras sih.
    2. Ngelindur (sleepwalking) itu dulu adikku, dari kamar ke luar, duduk di depan TV (sambil tidur) lalu masuk kamar lagi. Untung tidak berlanjut/menjadi parah.
    3. Ngigau itu aku banget. Dan dulu sekeluarga sering godain dan bertanya macam2 padaku. Aku juga setengah sadar tahu bahwa aku dikerjain, dan aku memang bicara hal-hal yang aneh. Alice in the wonderland aja kalah hihihi. Sekarang? ngga tau deh, soalnya jarang ada yang bangun waktu aku tidur 😀

    EM

    • monda berkata:

      ya ampun baru deh ingat sleepwalking itu ngelindur ya…, setengah mati coba ingat-ingat
      payah juga deh ah….
      ngigau itu aku juga, anak2 aja sampai takut, soalnya ngigaunya berisik….:D

      Hagishiri namanya ya.... bahasa Indonesianya belum tau nih..., kalau saudaraku itu suaranya kenceng banget kedengaran sampai ruang tamu lho...

Tinggalkan Balasan

