Hari Minggu Berburu Kodok

Hari Minggu kami tak ada kegiatan di luar rumah. Saya dan si adek bungsu hanya diam di rumah, beres-beres alias bebenah saja.

Si kakak dan papa pergi mencari keperluan sekolah untuk praktikum Biologi dan Fisika.  Mereka berdua keliling ke toko elektronik mencari lampu LED, kabel buaya, dll juga mampir ke pasar membeli jeruk lemon. Bahan-bahan ini akan dipakai untuk percobaan listrik sederhana.

Karena sekalian ke pasar mereka mencari kodok juga untuk pelajaran Biologi. Di pasar dekat rumah tak ada penjualnya. Kata si bapak pedagang,  di pasar Jatinegara banyak yang berjualan kodok. Jarak yang cukup jauh  dari rumah, tak mungkinlah ke sana hanya untuk seekor kodok, atau dia mengusulkan  cari di  restoran Chinese Food yang biasa menjual  jual swie kee  saja kalik ya…:P. Tak usahlah, kodok juga banyak di alam, cari saja sendiri, tak harus beli, gitu aja kok repot.

Akhirnya diniatkan untuk mencari saja di sekeliling rumah. Tapi diingat-ingat rasanya sudah lama tak melihat ada kodok berlompatan. Dulu, sewaktu masih ada kolam ikan banyak kodok seliweran. Kebetulan  bertepatan pagi itu ada beberapa bocah  laki-laki berkumpul bermain sepeda di depan rumah. Dipanggillah salah satu di antaranya, anak tetangga.

“Yuk, bantuin Oom cari kodok”

Anak-anak lainnya  langsung ramai mendekat : ” Oom, boleh ikut bantuin? Ntar dikasih apa?”

“Dikasih jajan deh”

“Berapa Oom? Cari kodoknya berapa?”

“Satu aja, ntar dikasih deh ceban”.

Mendengar akan dikasih persenan semuanya menjadi antusias minta ijin untuk ikut mencari

“Oom, kodoknya tiga aja ya…”

Ha..ha… memangnya kakak mau disuruh jualan kodok di sekolah?

Dasar anak-anak.

Dan memang berkat bantuannya, kodok cepat tertangkap.

(Keesokan harinya sepulang sekolah kutanya kesan kakak tentang pelajarannya “Aku geli ma, di mobil aja, kodoknya mau lompat-lompat, sampai di sekolah kusuruh anak cowok aja yang megangin”) <code>:P

Teringat dulu sewaktu praktikum di sekolahku, banyak juga teman-teman yang menjerit-jerit ngeri melihat kodok harus dibedah. Bahkan ada yang tak berani memegang sama sekali. Sahabat punya pengalaman unik  seputar praktikum di sekolah dulu?

Iklan

49 thoughts on “Hari Minggu Berburu Kodok

  1. evi berkata:

    Haha..rupanya si kakak dosuruh mencari kodok sendiri ya. utung lah kakak adit enggak, lah mau dicari kemana kodok liar hari gini di serpong? Yg banyak mah pemangsa kodok
    .:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s