Smurf Dismurf Di Seluruh Dunia

Dari berita siang di  Metro TV  baru kutahu hari ini adalah hari Smurf. Di Brussel, Belgia   ribuan orang berkumpul berkostum a la Smurf  (kulit dicat biru dan bercelana dan bertopi putih) untuk menciptakan rekor dunia berdandan a la Smurf. Tahun ini rekor baru dicapai di Mexico   dengan terkumpulnya 4.617 orang peserta Hari Smurf dari 12 negara.

Hari  Smurf  ( dalam bahasa Perancis : Les Schtroumpfs )  sebetulnya adalah hari ulang tahun Peyo, sang pencipta.  Smurf  diciptakan Peyo  (nama pena Pierre Culliford ) tahun 1958. Komik Smurf telah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa dunia dan juga sudah difilmkan. Kisah para Smurf ini juga sudah  terbit dalam bahasa Indonesia. Nama Smurf ini adalah terjemahan ke dalam bahasa Belanda dan akhirnya dipakai juga untuk edisi Inggris.

Tokoh Smurf pertama muncul di komik Johan dan Pirlouit  ( yang juga sudah terbit dalam bahasa Indonesia) dan akhirnya dibuatkan kisah sendiri.

Smurf adalah mahluk  berwarna biru yang tingginya setinggi tumpukan 3 buah apel. Kostumnya adalah  celana dan topi putih, hanya Papa Smurf , smurf tertua yang memakai celana dan topi merah.  Para Smurf diberi nama sesuai dengan sifat dan pekerjaannya.  Mahluk lain tak dapat melihat mereka.  Mereka tinggal di perkampungan  di sela-sela    hutan lebat.  Smurf ini semuanya berjenis kelamin pria. Satu-satunya  smurf perempuan dimunculkan belakangan dan diberi nama Smurfin. Tentu saja kemunculan si Smurfin yang genit menimbulkan kehebohan di antara para smurf yang selalu kompak dan punya sifat kebersamaan. Papa smurf yang bijaksana selalu berhasil menyelesaikan konflik.

Yang khas di cerita ini ialah semua kata kerja diganti dengan kata smurf.  Keasyikan  ceritanya karena kita harus menebak apa yang diucapkan oleh para smurf     dan bila  muncul  musuh para smurf ,  Azrael dan kucingnya Gargamel yang selalu berusaha menemukan kampungnya dan menangkap mereka. Tetapi setiap kali tertangkap, para smurf  merujuk ke Papa Smurf yang  sibuk di laboratorium dan punya banyak penemuan, sehingga mereka selalu berhasil lolos dari sekapan Azrael.

Mau lihat beritanya?  Cek link ini ya.

Sumber foto : Elex Media

Iklan

55 thoughts on “Smurf Dismurf Di Seluruh Dunia

  1. Tata berkata:

    Ikutan smurf dong…. Ada yg tau nama2 penghuni desa smurf? Smurf-in aku Ya…. Thank smurf so much!

  2. smurfette berkata:

    aku udah lama smurf komik lamanya, tapi belum smurf2 juga…bisa info gak, dimana bisa smufr komik yg lama…

  3. DM berkata:

    Makhluk setinggi 3 buah apel itu. Siapa yang tak kenal… Tentu aku suka dengan karya-karya Peyo 🙂

    Indonesia bisa nggak ya menghadirkan “hari” tokoh tertentu… *berpikir*

  4. Ikkyu_san berkata:

    Hanya tahu sedikit tentang smurf tapi di Jepang kalah pamornya dengan Moomin yang dari Finland/Swedish. (Aku sepertinya pernah tulis kok, tp skr TE sedang tidak bisa diakses 😀 )

    EM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s