Soto Padang Haji Sutan Mangkuto

Soto Padang  Haji Sutan Mangkuto ini tadinya ingin kuceritakan dan diikutsertakan di ADUKnya pak de hari Rabu lalu dengan kata kunci wisata kuliner. Sayang sekali, tak ada kesempatan untuk menulis artikel di jam istirahat kerja. Padahal, baru malam sebelumnya resto  soto Padang ini didatangi.

Soto Padang Sutan Mangkuto ini berlokasi di wilayah Pasar Baru, Jakarta Pusat, tepatnya di jalan Pintu Air 26, di antara deretan toko sport dan gorden dan sekarang sudah membuka cabang di wilayah Kebayoran, di depan UHAMKA, jalan KH Ahmad Dahlan.  Menu andalannya memang hanya soto ini saja, tak ada hidangan lain seperti biasanya rumah makan Padang,  paling ada juga makanan cemilan khas Sumatera Barat saja yang tersaji di meja, seperti kerupuk sanjay dan kerupuk jangek.

Rumah makan ini sudah berusia puluhan tahun. Mencicipi soto Padang  di sini pertama kali  sewaktu masih kuliah.   Resto masih bertahan sampai sekarang hanya dengan andalan satu jenis masakan saja, jadi bisa dibayangkan enaknya rasa soto kan? Suasana di dalam sederhana saja,  hanya disediakan meja dan kursi lipat biasa, tetapi pengunjung yang datang tak berhenti mengalir.

Soto Padang ini berisi daging sapi, soun, perkedel dan kerupuk merah.  Daging direbus dan digoreng garing. Khasnya di sini dagingnya tetap lembut tetapi renyah. Kuahnya terdiri dari campuran aneka bumbu. Soto Padang disajikan dalam mangkuk kecil dan dimakan beserta nasi hangat dan kerupuk merah beserta sambal goreng.Harga semangkuk soto cukup lumayan, Rp22.000,-

Ingin mencoba kelezatannya?

Iklan

48 thoughts on “Soto Padang Haji Sutan Mangkuto

  1. tutinonka berkata:

    Soto Padang? Baru dengar sekarang. Di rumah makan – rumah makan Padang di Yogya, rasanya saya belum pernah melihat ada yang menyajikan soto. Kalau sop memang banyak.
    Hm … cukup mahal juga ya harganya 😉

  2. ded berkata:

    Pagi-pagi lihat ngambar soto ngiler nih Mb……
    Saya belum pernah ke tempat ini, tapi istri saya cerita bahwa ibunya almarhum (mertua saya) dulu setiap ke pasar baru hampir dipastikan mampir ke sini….
    Terus yunior saya juga pernah cerita bahwa bapak/ibunya (sekarang tinggal di Bekasi) ketika masih pacaran sering makan di sini, sampai sekarang anaknya (berumur 23 tahun) juga sering diajak. Bahkan anaknya ini (tinggal di Jakarta) klo ingat soto ini jam 9 malampun dicarinya………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s