Weekly Photo Challenge : Old Fashioned

Telepon kuno masih bisa dilihat di Museum Kereta Api Ambarawa.  Cara pakainya memakai engkol di sebelah kanan yang  akan menghubungkan kita ke operator, lalu operator yang akan menghubungkan dengan orang yang dituju.

Telepon Kuno Koleksi Museum Kereta Api Ambarawa

Tahun 70an sempat masih memakai telepon model engkol, tetapi model pesawatnya sudah mirip dengan telepon rumah jaman sekarang. Maka, perlu waktu cukup lama sampai kita bisa berbicara dengan orang yang kita telepon.

Jendela Antik Di Museum Kereta Api Ambarawa

Iklan

34 thoughts on “Weekly Photo Challenge : Old Fashioned

  1. Ikkyu_san berkata:

    aku tau telepon engkol dari gambar saja. Dan ada satu adegan di film Totoro Our Neighbour yang menggambarkan telepon jenis ini. Patut dijaga tuh spy menjadi kenangan kita. Tapi kok jauh banget ya kalau musti pergi ke Ambarawa. Di jkt apa tidak ada ya?

    EM

  2. sayyidahali berkata:

    sudah berapa tahun ya umurnya, mungkin lebih tua dari umurku, kayanya lebih kokoh jam itu deh dari pada aku ..hehe

  3. Puteriamirillis berkata:

    antik sekali teleponnya ya mbak monda…belum pernah ke musium kereta api ambarawa saya…sepertinya bagus juga untuk kunjungan musium berikutnya..salam saya mbak…

  4. Batavusqu berkata:

    Salam Takzim
    Mohon bantuan do’anya buat bundadontworry semoga segera diangkat penyakitnya dan diberikan kesehatan yang sempurna ya
    Salam takzim batavusqu

  5. niee berkata:

    Ya ampun itu model teleponnya jadul banget ya bun,, keren 😀

    *eh btw salam kenal, pertama kali berkunjung ke rumah bunda neh 🙂

  6. Pendar Bintang berkata:

    Barang antik emang kesannya agak horor ya?? Tapi Bunda Monda emang fav. banget yah ama museum, he he he he he

    Tapi telpon yang model2 antik gitu, apalagi yang warna kuning (kuningan) itu sekarang harganya selangit…

  7. edratna berkata:

    Saya mengalami mbak…dan seringnya suara tak jelas…
    Diputar dulu…operator yang menjawab, lalu bis disambungkan….dan karena suara tak jelas, serumah bisa tahu pembicaraan kita…hehehe

    • monda berkata:

      he..he… iya.. Hani waktu itu di sampingku mbak,
      ke Garut juga jadi keinginanku mbak, mudah2an bisa juga kopdar dengan mbak Irma

    • monda berkata:

      engkolnya itu diputar beberapa kali baru terambung ke operator
      operator yang menyambungkan ke nomor yang dituju,
      kalau sudah nyambung operator bilang lagi, baru deh bisa ngobrol

  8. suretno berkata:

    keduanya sama-sama unik dan menarik. Ternyata banyak sejarah kuno di Ambarawa. Kapan2 diposting Kereta buatan Jerman yg unik ya bun …

  9. jarwadi berkata:

    dulu waktu belajar teknik telekomunikasi, pernah sih belajar prinsip kerja telepon ini
    tapi sekarang sudah lupa 😀

  10. mama-nya Kinan berkata:

    Wah betapa repotnya kalo misalnya sekarang teknologi blom canggih, telpn-nya enggkol dulu…lama pisan..:) model jendelanya elegan yah mbak….kokoh dan kuat.. kesannya

  11. ita berkata:

    aku nih kalo liat benda2 kuno, selalu ngebayangin benda itu udah melalang buana kemana ajah. siapa ajah yang pernah pake, peristiwa apa ajah yang ada disekitarnya.
    buntut2nya merinding. hahahaha

    selalu seperti itu loh ;D

  12. Zee berkata:

    Melihat model telekomunikasi jaman dulu, rasanya dunia ini cepat sekali berputar ya… sekarang sudah semakin canggih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s