Menu Makanan Sehat Di Kantor

Makan siang bagi para pekerja menimbulkan problem tersendiri, pedagang makanan yang hanya itu saja lama kelamaan menimbulkan kebosanan. Di sekitar tempat kerjaku hanya ada gado-gado, bakso, warteg, dan penjaja makanan kaki lima lainnya, atau paling banter  warung nasi Padang. Ada juga  beberapa macam makanan dari luar seperti berbagai restoran pizza dan ayam goreng, tetapi itu juga bisa  dikatakan bukan makanan sehat, tetapi  junk food.

Untuk menyiasati hal itu, maka kami lebih sering membawa sendiri makanan dari rumah. Pada jam makan siang semua rekan sekerja yang tak banyak jumlahnya itu berkumpul dan makan bersama. Makanan yang dibawa dari rumah dikeluarkan dan dimakan bersama.  Ada yang membawa nasi dan lauk, nasi lengkap dengan sayur dan lauk, kemudian makanan itu dibagi dengan teman. Maka, kalau tak  membawa sayur pasti dibagi oleh teman yang membawa. Apalagi ada seorang teman yang sangat kami sukai tumis buncisnya dan sering kami pesan untuk membuatnya lagi. Alhamdulillah, cukup lengkap kan kandungan makanan sehatnya? Karbohidrat, protein dan serat sudah ada di situ, terkadang dilengkapi dengan pencuci mulut berupa rujak.  Nikmat bukan?

Hari Jumat di mana waktu istirahat cukup panjang sering kami manfaatkan untuk memasak bersama. Di tempat kami ada dapur kecil lengkap dengan kompor, panci dan kuali. Bahan-bahannya dibeli di pasar yang hanya selangkah dari tempat kami, tentu saja urunan. Makanan yang dimasak sederhana saja, sayurnya bisa berupa sayur asam, tumis kangkung, atau sayur bening bayam dan labu siam. Lauknya cukup telur dadar atau tahu dan tempe goreng, ditambah sambal.  Sederhana, tetapi nikmat dan masih termasuk makanan sehat yang tercukupi unsur gizinya.

Artikel ini diikutkan dalam kontes ADUK di Blogcamp.

Iklan

30 thoughts on “Menu Makanan Sehat Di Kantor

  1. Kakaakin berkata:

    Seru banget pas bawa bekal dari rumah, soalnya tempat kerja saya jauh dari mana-mana 😀
    Kalo di puskesmas saya, teman2 sering banget masak bareng. Nasi tinggal colok di magic com. Apalagi ada seorang teman saya, laki-laki, yang jago masak 😀

  2. mechta berkata:

    wah..senang ya sempat masak bareng2 begitu…pasti seruu… kalau aku menu makan siang biasanya tergantung menu kantin saat itu…untungnya sih gonta ganti jadi gak bosen… 🙂

  3. mechta berkata:

    wah..senang ya sempat masak bareng2 begitu…pasti seruu… kalau aku menu makan siang biasanya tergantung menu kantin saat itu…untungnya sih donta ganti jadi gak bosen… 🙂

  4. Ikkyu_san berkata:

    wah asyik …. aku ingat dulu wkatu mahasiswa di sini, kami juga masak di dalam ruang mahasiswa. Buat spaghetti utk makan bersama. Mahasiswa cowoknya seneng aja aku masakin 😀

    EM

  5. edratna berkata:

    Mbak Monda…jadi ingat semasa masih awal bekerja…
    Sebagai staf, masih jarang ada tugas keluar, jadi makanan di bawa dari rumah. Kalau istirahat ya seperti mbak Monda, makan rame-rame, saling mencicipi makanan yang dibawa antar teman…sungguh menyenangkan.

    Sayangnya, makin naik jabatan, kesempatan itu jadi sulit karena seringnya tugas keluar kantor, jadi saat jam makan siang, kita lagi ada dimana…atau bahkan di luar kota. Padahal, membawa makanan sendiri sungguh menyenangkan.

  6. Mama Kinan berkata:

    Wah enaknya bisa masak memasak dikantor..rame rame seru, dimakan rame rame..nikmatnya…apalagi denga menu sayur asem…tempe tahu, telor dadar..walah..sayur asem kalo ditambah ikan asin mantap tuh mbak..:) hmmm sumpe ngiler neh..
    sukses dengan ADUK ditempat pak dhe ya mbak..:)

  7. rayafr berkata:

    jadi semangat lagi buat bawa lunch box dari kosan 🙂

    Emang seru mba kalau makan rame-rame sama teman-teman kantor, di kantor saya juga sesekali kadang suka memasak 🙂

    Salam

  8. darisjati berkata:

    weww, enak kali bisa masak di kantor. pegawai yang laki pada ikut ngrecokin masak gak tuh. ato cuma sebagai seksi icip2 dan sapu bersih makanan? hehehe
    Kalo ditempat kami nasi doang yang masak sendiri pake magicjar, sementara lauknya beli di warung

  9. vitta berkata:

    jadi inget waktu masih ngantor, kangen bakwan jagungnya bu siti… *lho kok curhat*
    memang makan bareng seperti itu nikmat ya…

    • monda berkata:

      di tempat kerjaku yang lama ada juga tukang masak enak,
      kalau sudah buat sambal dan ikan cuek goreng, alamak enaknya..ha..ha.. jadi kangen juga sama bu Sopi, sudah pensiun sih

  10. bundadontworry berkata:

    kapan2 mau ikutan mampir akh kekantornya Mbak Monda , ikutan icip2 masakan di kantornya
    ( di gebukin orang sekantoran) 😀 😀 😀
    semoga sukses di acara ADUK ini ya Mbakj
    salam

  11. Lyliana Thia berkata:

    Makan dan masak2 rame2 di tempat kerja pasti seru banget ya Mbak!
    Biar sederhana, tapi bareng2nya itu loh yang bikin asik!
    Kalo menunya makanan sehat, itu jadi bonus yg luar biasa! 😀

  12. Pakde Cholik berkata:

    Kantor dengan pasar kok jaraknya hanya selangkah, enak donk bau ikan asin terus.

    Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

  13. nia/mama ina berkata:

    wahh sama kayak kantorku yg dulu…dapurnya lengkap…bahkan ada kulkas segala…kalo ngga ada bos, sore2 kita suka beli singkong sm ubi trs digoreng utk dimakan rame2…pasarnya juga cuma beberapa langkah dr kantor….wah nikmat yach rasanya kalo begitu…..

    kalo di kantr yg skrang ada dapur juga….tapi pasarnya jauhhh….jd ngga pernah masak lagi….

  14. Mabruri Sirampog berkata:

    jadi inget waktu SMA dulu, satu kelas berbagi tugas bawa makanan dari rumah, ada yg kebagian bawa nasi, ada yg kebagian bawa sayur, ada yg kebagian bawa piring, sendok, dll…
    karena makanan sendiri dari rumah lebih terpercaya kehigienisannya bun. 😀

  15. Orin berkata:

    Waahh…seru sepertinya Bun masak rame2 di kantor begituh.. di kantorku cuma ada microwave, alhamdulillah berguna bgt manasin makanan yg dibawa dari rumah 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s