Ego Surfing

Pernah mencari nama anda di mesin pencari?

Pernah menemukan nama anda juga dipakai oleh orang lain? Ada yang menyebutkan ini sebagai Ego Surfing. Aku sendiri pernah terkaget-kaget ketika menemukan namaku ada di sebuah situs  pengadilan, nama dan marga sama, padahal  namaku ini jarang sekali dipakai orang lain, dan setelah ditelusuri lagi ternyata  the other me itu adalah orang lain karena  nama suami yang  berbeda. Dan ternyata juga, namaku ini adalah nama sebuah kota di  Eropa sana. Padahal orang tua tak pernah ke sana. Namaku ini adalah modifikasi dari bahasa daerah kami.

Menyaksikan salah satu episode  Oprah  Show beberapa waktu lalu, kejadian penemuan orang bernama sama itu dibuatkan sebuah film oleh Jim Killeen, pekerja film dari negeri Paman Sam. Iseng-iseng menjelajah mesin pencari  ia menemukan beberapa orang bernama sama dengannya, Jim Killeen seorang pastor Katolik Roma Irlandia, Jim Killeen pensiunan di New York, Jim Killeen CEO di Melbourne, Australia dan Jim Killeen  di Denver.  Akhirnya ditemukan 6 orang bernama Jim Killeen, Jim sang pekerja film mendatangi para pria itu di tempatnya masing-masing, sampai kemudian  dirancanglah sebuah pertemuan di kota yang bernama Killeen, Texas. Hasil pertemuan itu didokumentasikan dan dijadikan film  berjudul Google Me (2007).

Kecanggihan mesin pencari dan media sosial memang tak hanya  melacak jejak kita di dunia maya, mendekatkan kita dengan teman-teman lama, tetapi juga menimbulkan ide sebagian orang untuk mengumpulkan orang yang bernama sama.  Di Facebook ada grup bernama Super Agus Indonesia, ada kelompok yang bernama Endang. Ha..ha.. pasti ribet cara mereka saling memanggil.

Jadi,  apa ceritamu ?

73 thoughts on “Ego Surfing

  1. Zee berkata:

    Kalau aku, nama lengkapku sih aku yakin hanya ada 1. Tapi kalau hanya nama depan dan nama belakang, sudah pasti banyak ya.
    Nah kemarin ini baru saja kejadian. Ada account di FB, pakai namaku astrid damanik, juga fotoku yang aku yakin dia comot dari blog, karena foto itu — foto aku pas merit — memang aku pernah upload di blog. Kupikir mungkin saja ini ada orang Siantar yang iseng ingin bikin account palsu atas namaku dan mencari2 tapi gak ketemu (krn aku setting hide di fb) jadi dia buatlah, ya berpikiran positif saja sih aku bahwa mungkin saja yang bikin ini bangga dgn boru Simalungun🙂.
    Tapi hari ini sudah tidak ada accountnya karena kemarin sudah aku laporkan…. dan aku minta teman2 di FB juga me-report account tersebut.

  2. yuniarinukti berkata:

    Haha.. oh gitu ya Mbak, baru tau saya..
    seandainya saya ngetik ‘yuni’ aja di mesin pencarian bisa sejuta orang sama, tapi klo lengkap rasanya cuma 1 deh, yuniari nukti😛

  3. Ikkyu_san berkata:

    kalau saya belum ada mbak. Imelda Coutrier cuma saya seorang hehehe. Tapi saya sering mencari nama keluarga coutrier, untuk melengkapi pohon keluarga kami. Dan sepanjang yang bisa ditelusuri di internet, kami mungkin berasal dari orang belanda yang terbuang ke canada. Dari situ dia naik kapal ke Makassar, dan menjadi nenek moyangku🙂

    EM

    • monda berkata:

      kemarin aku baru saja menemukan blog yang memuat silsilah keluarga dari pihak ibuku, walah…belibet bacanya he..he…
      tapi memang perlu tau ya akar keluarga kita,

      bisa terlacak sampai sejauh itu ya mbak..? bukan main

  4. bundadontworry berkata:

    kalau nama lengapku yg kembar persis ada dr malaysia, anak muda yg sedang mencoba jadi seorang penyanyi di negeri jiran tsb ,BuMon🙂
    baru satu itu aja yg aku nemu di google.
    dan, dia pun minta di add di fb ku🙂
    salam

  5. tunsa berkata:

    kalo orangnya sama, manggilnya berdasarkan kelakuan uniknya ato mungkin ada tanda lahirnya, misal: udin tompel, bambang kupret, hehe..ada2 aja nih si bu..

Tinggalkan Balasan

