Jalan-jalan Berdua

Gara-gara si neng Orin geulis tea  buat kontes sweet memories  untuk perayaan ultah perkawinan pertama, jadilah tulisan ini. Tiap  peserta harus menampilkan foto kenangan favoritnya. Syaratnya susah-susah gampang, harus menampilkan foto pribadi. Bingung juga,  padahal foto-foto lama kan masih terlihat rambut mayang terurai  itu, malu ah. Kuminta syarat nggak usah ada mahluknya, nggak boleh kata si Orin dengan melotot, sudah ketentuan panitia, tak boleh diganggu gugat.

Jadi, setelah dipilah dipilih ini foto yang merupakan kenangan manis bagiku.

Foto di Den Hag,  Belanda tahun 2002  ini adalah kenang-kenangan pertama kali ke luar negeri dan hadiah ulang tahun termanis untukku, karena berangkat tak lama setelah hari kelahiranku itu.

Ceritanya begini nih….

Dahulu karena banyak membaca kisah tempat-tempat indah dan terkenal di seluruh dunia,  timbul keiinginan di hati gadis kecil ini untuk melihat langsung kota-kota terkenal  tersebut. Apalagi ketika itu almarhum papaku sering dikirim kantornya untuk tugas belajar ke berbagai negara. Tambah ngiler melihat kartu pos yang dikirim papa dari  tempat belajarnya dan tumpukan kartu pos cantik oleh-oleh dari beliau yang kukoleksi. Sempat hafal nama  tempat-tempat bersejarah di berbagai kota  dunia itu.

Pernah terucap permintaanku pada almarhum :  “Pa, kok anaknya tak pernah jalan-jalan ke luar negeri, sekali-kali ajak dong”

“Nanti cari sendiri ya inang, Papa juga baru bisa ke luar negeri setelah bekerja” .  Papa memang melimpahi keluarganya dengan kasih sayang, tak pernah dengan materi  berlebihan,  malah beliau banyak mengajarkan hidup menabung dan berhemat untuk masa depan.


Tetapi kenyataannya, belum pernah aku melancong ke luar negri karena pekerjaanku, ( mau yang gratisan aja). Justru perjalanan pertama ini hasil kerja keras suami. Di  kantornya ketika itu dibuat tantangan untuk mencapai target tertentu. Bagi team yang berhasil hadiahnya adalah perjalanan ke Belanda, dengan membawa pasangan, bagi yang sudah menikah. Alhamdulillah, terima kasih sayangku …….. (meskipun anak-anak terpaksa ditinggal dengan Opungnya di rumah).

Meskipun di sana kami berjalan dengan tour guide yang membawa kami ke tempat-tempat khas negara Kincir Angin, tapi yang paling mengesankan adalah hari bebas tanpa panduan.  Peserta tour boleh jalan sendiri, maka pilihan kami adalah berkeliling Amsterdam dengan trem dan obyek wisata yang didatangi sudah pasti tahu kan…? Ya, museum tak boleh dilewatkan. Kami pergi ke Rijks Museum, museum nasional yang juga banyak menyimpan benda-benda dari Indonesia.

Foto yang kupilihpun sengaja  foto di depan angkutan umum di sana, karena aku sangat terkesan merasakan pengalaman   nyamannya  dan ketepatan waktu berkeliling kota dengan trem, bahkan sampai ke menit. Pendatang tak takut tersasar karena tersedia peta  di tiap halte dan di dalam trem.  Sebagai pengguna angkutan umum  seperti itulah harapanku agar bisa mengulang kenikmatan yang sama di negara sendiri.

Tulisan ini diikutsertakan di 1st Giveaway : The  Sweetest Memories neng Orin.

Buat Orin dan AAnya semoga langgeng dan bahagia dan cepat meperoleh yang diinginkan.

Iklan

69 thoughts on “Jalan-jalan Berdua

  1. krismariana berkata:

    wah sudah pernah sampai belanda ya mbak? kalau ingat belanda, aku jadi ingat leiden. perpustakaannya kabarnya punya koleksi yg lengkap ttg sejarah indonesia ya 🙂 mupeng deh!

  2. Djangan Pakies berkata:

    assalamu’alaikum Mbak, salam silaturrahim

    salut pada prinsip pendidikan Papa terhadap anak-anaknya yang mampu menempatkan diri pada posisi yang seharusnya, bukan dengan materi.

    Tentu perjalanan yang mengesankan Mbak, karena didapat dari kerja keras suami dalam berkarya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s