Bila Tabebuia Berbunga

Beberapa hari belakangan ini jalan utama ibukota Jakarta menguning karena  bunga dari pohon penghijauan serentak berbunga. Jika kendaraan telah melalui  jalan Gatot Subroto, jalan Thamrin dan Sudirman mataku tak puas-puasnya memandangi bunga kuning yang cantik itu.  Bunga itu adalah Tabebuia aurea. Bunga kuning ini berbentuk terompet dan bergerombol. Jenis warna sebetulnya ada bermacam-macam dari putih, pink, magenta dan lain-lain, tetapi yang banyak di ibukota memang yang berwarna kuning.

Musim bunga Tabebuia  biasa terjadi di saat musim kemarau hingga menjelang musim hujan.  Pohon yang tahan kekeringan ini menurutku memang cocok ditanam di tepi jalan. Pohon in ditanam berselang-seling dengan pohon peneduh seperti mahoni, angsana  dan  trembesi.

Selain  itu trend gaya rumah saat ini semakin mempopulerkan Tabebuia yang sangat sesuai jika ditanam di halaman rumah bernuansa minimalis karena  bentuk pohonnya yang sederhana dan tidak melebar.

Tabebuia

Kecantikannya membuatku membayangkan andai di ibukota ada hutan kota atau taman kota yang luas, hijau dan teduh dengan pohon-pohon pelindung diselingi dengan Tabebuia, pasti jadi paru-paru kota  yang indah , sehingga Tabebuia mungkin bisa menyamai Sakura bagi Jepang yang selalu dinantikan kehadiran bunganya.

Iklan

38 thoughts on “Bila Tabebuia Berbunga

  1. Mechta berkata:

    Ah…jadi ini namanya Tabubeia to…sudah lama nanya2 apa nama pohon cantik berbunga kuning yg akhir2 ini jadi pilihan pohon peneduh jalan ini…bahkan ada 1 foto yg masih tersimpan di draft garena blom tau namnya…hehe… trims infonya mbak 🙂

  2. kakaakin berkata:

    Subhanallah…
    kebayang deh cantiknya tepi jalan yang dihiasi indahnya bunga berwarna kuning itu 😀
    Oo… ternyata buka tanaman asli Indonesia ya..
    Waktu saya gugling dengan tag ‘tabebuia’ ternyata postingan ini ada di halaman pertama gugel, Mbak… 😀
    Waktu saya lihat gambar tabebuia yang warna pink, gak kalah cantik 😀

  3. bintangtimur berkata:

    Mbaaak, baru tau kalo tanaman ini namanya tabebuia…bener-bener indah, kebetulan saya juga sangat suka bunga berwarna kuning cerah kayak gini…keren banget!
    😀

  4. Yunda Hamasah berkata:

    Kuning Cerah ya Bun, iya aku pernah lihat dan suka sekali. Apalagi kalu sampai bisa menyamai indahnya Sakura di Jepang. Ada satu bunga Unggu lagi Bun di pohon2 tepi jalan kota yang aku suka, tapi belum tahu namanya, di Palembang pohon ini disebut Bungui.

  5. niee berkata:

    Hihihi.. baru tahu bun kalau bunga ada musimnya juga klo berbunga.. kalau dipontianak ada tumbuhan besar yg berbunga kuning juga tapi bunganya kecil kecil gt.. kalau udah ada angin langsung deh berjatuhan bunganya cantik banget *tapi gak tahu apa nama pohonnya* hehe

  6. Lyliana Thia berkata:

    Aku baru tau namanya Tabebuia Bun… Ternyata musiman ya dia, aku kiran berbunga terus… *gak pernah perhatiin* hihihi…

    Tapi di Jakarta dmana lagi bisa ada hutan kota yg cukup luas ya Bun… Ada tanah lebaran dikit aja udah dibangun mall.. *pesimis*

  7. bundadontworry berkata:

    bunga tabebuia ( halah , kok susah ya nyebutnya ) 😦 ini hampir sama dengan bunga kamboja dan bunga kertas ya BuMon, ketika musim kemarau seperti sekarang, mereka malah makin semarak berbunga 🙂

    salam

  8. Elsa berkata:

    waaaaaaaaaaah….
    keren keren…
    seandainya sepanjang jalan dimana mana banyak pohon itu ya Mbak
    pasti aku kegirangan gak berhenti foto foto di pinggir jalan
    kuning soalnya
    hahahaha

  9. edratna berkata:

    Bulan Oktober memang bulan dimana bunga-bunga bermekaran…antara lain Tabebuia, flamboyan…..

    Mestinya seperti semanggi, selain daun hijau diberi pohon yang bisa berbunga ya, jadi terlihat indah.

  10. mama-nya Kinan berkata:

    saya salah satu dari sekian juta orang pecinta bunga bun…walaupun hanya penikmat tepatnya karena saat ini blom melaksanakan cocok tanam bunga dirumah saya, maklum gak sempat untuk hobby terpendam saya yang satu ini hehee..*ngeles mulu…karena juga selain lahan blom tersedia, maklum kontraktor bun..:)
    indah bun..tabebuia ini, wah tambah ilmu lagi neh, saya baru tahu dari blog bunda monda nieh nama bunga yang ini..:)

  11. melly berkata:

    Waktu aku pulang dr Lampung kemarin, pernah jg ketmu bunga yang lagi mekar gitu bund…Indah bgt ngeliatnya. perpaduan gedung2 yang megah dengna warna2 bunga yang cerita..kayak tabebuia.

    Saat itu aku jg mikir..knpa gak ditanami/bikin taman kota.

  12. wahyu asyari m berkata:

    disatu sisi memang cantik, disisi lain menambah pekerjaan tukang sapu yang membersihkan jalan 😉

  13. Imelda berkata:

    wah aku baru tahu bunga tabebuia ini. Kupikir pohon di Jakarta banyaknya kemuning…eh tapi waktu aku cari gambarnya di google, pohon kemuning itu bunganya tidak kuning ya? hahaha

    • monda berkata:

      bunyi kemuning dan kuning mirip ya… tapi ternyata nggak ada hubungannya
      di rumahku ada mbak, kemuning berbunga putih dan berbau harum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s