Adab Buka Pintu

Bagaimana sih adab atau sopan santun jika kita hendak buka pintu?

A la barat  tata cara yang sopan itu kalau pria membukakan pintu untuk wanita.  Soal itu  tidak terlalu masalah buatku, menurutku  siapa saja yang terlebih dahulu  mencapai pintu dialah yang buka.

Tapi, mangkel tidak ketika kita  sudah menarik pintu kaca tebal yang berat, sementara itu orang di sebelah sana pintu malah menerobos masuk atau keluar,  ….. seorang bapak pula …. padahal kita masih menahan pintu itu dengan susah payah.

Iklan

36 thoughts on “Adab Buka Pintu

  1. Lyliana Thia berkata:

    orang sini nggak terlalu mengindahkan adab buka pintu ya Bun… hehe…

    aku jg sering digituin tapi pikiranku , “halah orang nggak ngerti adab… yo wis,,,” hehehe..

  2. monda berkata:

    tapi ada juga kok yang orang kita yang baik
    kali ini kulihat seorang bapak tuna netra hendak menyebrang jalan, tiba2 dari dalam resto lari2 anak muda pegawai resto tsb membantu menyebrangkan, alhamdulillah

  3. choirul berkata:

    perilaku seperti ini akhirnya sekarang menjadi hal umum, bagaimana rasa hormat oleh orang Indonesia semakin luntur karena mungkin pengaruh dari kemajuan teknologi….

    Tapi kadang juga kita tidak mengingatkan perilaku buruk tersebut karena terlalu mengedepankan unggah ungguh, akhirnya malah dibiarkan saja….

  4. Imelda berkata:

    hmmm kadang aku malu kok…
    orang Indonesia masih banyak yang tidak tahu sopan santun.
    ada satu cowo Indonesia yang pernah langsung aku coret dari daftar teman, karena dia mengebulkan asap rokoknya ke mukaku, di sebuah restoran di Jepang. meskipun tidak ad a peraturan tertulis, semestinya tahu etiket dong.

  5. bintangtimur berkata:

    Hehe, iya…di negara kita sopan santun buka pintu ini masih belum dipahami semua orang. Padahal di negara sana, hal itu sudah menjadi sesuatu yang otomatis dilakukan semua orang…
    🙂

  6. DV berkata:

    Kalau di sini sudah saya teriakin “Excuse me!”
    Orang beradab/tidak beradab kadang saya nilai dari kebiasaan-kebiasaan kecilnya, Bu…
    Kalo saya jadi Ibu saya udah teriakin si Bapak biar dia malu

    • monda berkata:

      saya protes kok, dia mah cuek aja

      ada juga seorang bapak muda ketinggalan uang di atm, uang sudah keluar dia malah beranjak pergi
      kupanggil bapak itu, dia malah nggak bilang makasih atau senyum gitu kek ya…… capeee deh…

  7. Arman berkata:

    sebel banget!!!!

    atau udah ngeliat orang ribet banyak bawaan tapi gak mau bantuin pegangin pintu. kesel banget!

    untungnya disini orang2 pada gentle semua. gak pernah kejadian kayak gitu. kalo ada yang buka pintu dan ngeliat di belakang masih ada orang lain, pasti dipegangin pintunya. itu udah pasti. 😀

  8. Nchie berkata:

    Bunda Monda curhat ya..kesel ya..
    sabar Bun..tarik nafas,..buang pelan2 lewat mulut..

    Aku bantu bukain pintunya yah..
    si bapak tadi gi kebelet pipis..he..

  9. Kopiah Putih berkata:

    Ni pertanyannya mangkel atau tidak ya?
    Ehmmm..,
    Mangkel sih pasti mangkel, tapi mau gimana lagi..Bapaknya juga udah nerobos..
    Kalo mau sih ya silahkan keluarin mangkelnya waktu itu juga, asalkan siap aja jadi pusat perhatian…Kalo disimpen ntar malah bikin gag enak makan..
    Hehehe..

  10. prih berkata:

    Permisi ibu Monda, praktek adab buka pintu nih (sambil ketuk pintu 3x). Semoga saya tidak menyerobot pintu yang sedang ibu buka ya . . .
    Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s