PR Waktu Sekolah Dasar

Dapat peer dari Melly yang lumayan juga memeras ingatan, ternyata si gadis lincah ini sengaja ya kasih tugas karena  ingin tahu kisah jaman dahulu kala. Memang harus banyak diingat lagi kejadian jaman itu, karena SDku saja dihabiskan di beberapa tempat, pindah gedung 3 kali di tambah pindah kota. Totalnya sekolah dasar itu di 3 sekolah di dua pulau ujung timur dan ujung barat Indonesia, he..he… banyak kan? Tahunnya ? Tamat pertengahan 70an. Teman-teman blogger pasti hampir semuanya  masih di negeri antah berantah, masih jadi toge.:P

1. Guru Favorit

Guru favorit tidak juga sebetulnya, hanya jadi kenangan  karena cara mengajar dan materi dulu itu agak berbeda. Jaman itu rasanya pelajaran tak terlalu banyak muatan, jadi guru bisa mengisi sesuai kemampuannya.  Di kelas 5  guruku pak Lasiran, yang kusuka karena beliau pintar bercerita dan mendongeng, terutama pelajaran Sejarah.  Sejarah  terbentuknya Singosari jadi seru karena ada cerita Joko Tingkir segala.

Lalu guru kelas 6 pak Agung, karena mengajarkan lagu keroncong,   aku jadi suka lagu keronocng yang menghanyutkan itu seperti Jembatan Merah, Di Bawah Sinar Bulan Purnama, dll.

2. Guru Killer

Guruku baik semuanya, karena diriku anak manis ha..ha..

3. Teman Bolos

Tidak ada,  selain karena anak manis akupun dulu anak yang rajin,  yang pasti karena takut dihukum. Jarang teman yang bolos waktu itu. 😀

4. Teman Berantem

Tak ada juga

5. Jajanan Makanan/Minuman Favorit

Jajanan favorit ? Nasi kuning Oma Rompas dan panada.

Jajanan ini jadi favorit satu sekolah. Nasi kuningnya itu a la Manado yang isinya ikan cakalang ( sejenis tongkol), mi goreng dan sambal. Enak banget, sampai sekarang masih suka kangen. Panada itu sejenis pastel yang isinya ikan cakalang, masih merupakan makanan khas dari Manado juga.

6. Jajanan Mainan Favorit

Dulu itu jajanan mainan ada main  gambaran, berupa gambar cerita komik (cerita Flash Gordon, Superman, Gundala Putra Petir, dll)  di selembar karton lebar  kemudian digunting untuk tukar-tukaran dengan teman. Ada juga mainan kuaci,yaitu mainan dari plastik berbentuk berbagai benda ukuran 2 dimensi.

7. Sepatu Favorit

Sepatu favorit  tidak ada, karena harus pakai seragam, sepatu kanvas  warna putih dan bertali. Setiap selesai dicuci  harus dikapur dulu dengan kapur cair supaya warnanya tidak kekuningan.

8. Tas Favorit

Jaman itu  trend tas anak sekolah adalah tas koper merk Echolac, persis tas  kantor bapak-bapak hanya ukurannya lebih kecil. Kalau ulangan tas itu bisa jadi pembatas dengan teman sebangku, supaya tak bisa contek-contekan.

Kutambahkan sedikit mengenai buku. Buku tulis  dulu itu sampulnya tipis berwarna biru keunguan. Ataupun kalau ada buku bergambar, gambar kulitnya adalah foto artis jadul, ada Pretty Sister he..he…, yang lainnya  tak ingat lagi.  Untuk sampulnya masih dibebaskan, ada yang menyampul dengan sampul coklat,  kertas koran, kertas kado, sedangkan  aku pernah pakai kertas pembungkus motif batik bekas belanja buku dari Toko Buku Gunung Agung . Seorang temanku lain sendiri. Karena dia  penggemar film Mandarin, maka dia  memakai pamflet gambar film yang disebar dari mobil yang mengiklankan film Mandarin baru. Bukunya jadi bergambar artis Mandarin terkenal masa itu, ada Bruce Lee dan Lin Ching Hsia.

Wah, jadi terbongkar semua nostalgia lama. Bener- bener deh pe er ini ya.

Selanjutnya diestafetkan lagi ya, yuuuk

1. Nana Harmanto

2. Lilyana Thia

3. Orin

4. Sofyan

5. mamanya Kinan

Iklan

83 thoughts on “PR Waktu Sekolah Dasar

  1. nanaharmanto berkata:

    Wah, maaf Kak, baru sempet mampir dan baca… dan ternyata ada PR untuk saya…
    hehehe… nanti deh saya tulis ya..

    Masa-masa SD-nya seru juga ya Kak… berkesan mendalam gitu ya..

  2. zoothera berkata:

    Allow bund.. ijin mampir lagi yakss…..
    Toss dulu ah, saya juga dulu mulai dari SD selalu jadi anak manies *sepertinamanya-ehehe* walaupun di TKnya sempet agak-agak rebel.
    Soal kenangan masa SD, saya sangat terkesan dengan guru fav semasa kelas 6 di mana wali kelas kami adalah seorang guru pindahan yang tentunya sangat kami tidak suka *sebabnya-guru-sebelumnya-adalah-guru-idola-kami* tapi alangkah salutnya dengan beliau (namanya pak Widodo) yang ternyata punya jurus ampuh mendekati murid dengan cara yang tegas dan metode reward-punishment. Salat 1 metode yang gak pernah saya lupain adalah waktu itu karena udah kelas 6 Pak Wid sengaja memberi PR kami untuk merekam ulang *berkelompok* acara cerdas cermat yang tayang setiap jam 5 sore trus kami diminta untuk menyalin ulang dan mempelajari semua pertanyaan+jawaban untuk besoknya dijadiin semacam kuis sebelum memulai pelajaran.. bikin kita pinter deh…

    Satu lagi ya bund, soal sepatu fav, saya suka sekali dengan sepatu yang biasanya dipake hanya pada hari sabtu yang sepadan dengan seragam pramuka, kalo ga salah saya dulu bilangnya sepatu bebop.. bunda tau ga kira-kira sepatu ini? 🙂

  3. Sugeng berkata:

    Saat-saat SD dulu kebanyakan memoryku agak hang. Yang saya ingat saya seneng berantem dan pernah nanggis saat berantem 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  4. wiwikbasuki berkata:

    Wach mbak Monda kuat sekali ya memorinya… aku aja yg lulus SD th 80 an nggak banyak yg nyangkut di memoriku. Tapi herannya nich… kenapa smp sekarang kalo mimpi ttg sekolah, settingnya selalu SD tercinta itu. Bahkan ngimpi pas masa kuliah ya mbak… tempat duduknya sdh sesuai, temen yg muncul jg temen kuliah… gedungnya tetep… gedung SD dulu…!! Halah…

  5. Hariez berkata:

    wah kalo buku yang sampulnya warna ungu saya pernah ngalamin pakai buku itu tuh..kalo di tempat saya (Bandung) namanya kalo tidak salah Leces 🙂

    Wah bener-bener ngupas nostalgia masa SD ya 🙂

    -Salam Hangat-

  6. nanangrusmana berkata:

    membaca tuisan ini saya jadi senyam senyum sendiri….teringat masa lalu saya juga jaman SD, tahunnya sekitar tahun yang sama periode tahun 70 an…. 🙂 hehe saya generasi jadul mba…..

    ya benar, tasnya model echolak kayak tas presiden, rasanya paling gaya banget saat itu, mainannya jelas kartu gambar Flash Gordon, dan Gundala putra petir….saya jadi ingat film gundala putra petir….paling heboh saat itu hehe 🙂 🙂 jagoan banget….ada juga Si Buta dari gua hantu….. 🙂 kalau membungkus buku tulis, pake kertas coklat dirempel rempel ( dilipat lipat bagian kiri-kanan atau kombinasi…pokonya cantik banget saat itu bungkus bukunya….( kalo lihat anak sekarang koq ngga ada ya yg bungkus buku kayak begitu… ) 🙂
    waahhhh masih banyak lagi ingatan khas jaman dulu……..terutama film anakanaknya film eropa yang tentang Raksasa, jagoannya manusia kecil keciiiiiiillll banget berlima kalau nggak salah, saya lupa judulnya….di TVRI hitam putih hehehe….
    🙂
    jadi melamun masa dulu……salam malam mba.

    • monda berkata:

      saya tak ingat ada film Gundala,
      kalau yang raksasa itu film Gulliver bukan ya…?

      ha..ha… lipit2 di sampil buku itu tau, tapi tak pernah berhasil rapih :D

  7. wahyu asyari m berkata:

    kebalikan, kalo saya teman berantem : banyak
    sampe lupa nama2nya..
    cowok si gitu, sering berantem 😀

  8. Yunda Hamasah berkata:

    Tentang Sepatu Favorit,

    Sepatu favorit tidak ada, karena harus pakai seragam, sepatu kanvas warna putih dan bertali. Setiap selesai dicuci harus dikapur dulu dengan kapur cair supaya warnanya tidak kekuningan.

    Jadul banget ya Bun, walau tak persis tapi aku juga punya sepatu sekolah hanya satu seragamnya item waktu itu, merknya BATA, sampai kudel dan disol2 sudah ndak bisa lagi disol baru dibelikan baru, membekas sekali Bun …

  9. melly berkata:

    Kayaknya klo buku tulis itu aku pernah ketemu. bekas punya sodaraku..hayah lama bgt ya bund..hehe

    oh iya bund, mainan gambaran itu wayang2an klo jamanku menyebutnya.
    gambar2 di selembar karton trus di gunting2..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s