Weekly Photo Challenge : Breakfast

Meskipun dari rumah sudah sarapan, sesekali  ada juga keinginan untuk membeli makanan di jalan untuk disantap  sebelum mulai bekerja. Kadang-kadang kubeli bubur ayam,  atau jajan pasar.

Suatu pagi hari ketika baru turun dari kendaraan umum, kusempatkan mampir di  abang penjual uli bakar, apalagi  hampir tiap hari kulihat. Lama kelamaan ingin beli juga, lapar mata  ya….

Di Jakarta dan sekitarnya banyak juga ditemui pedagang uli bakar.  Makanan ini dibawa dengan pikulan.

Uli bakar ini terbuat dari beras ketan yang dikukus.  Selagi ketan masih hangat dicampur dengan parutan kelapa dan ditumbuk, kemudian dicetak persegi.

Uli yang telah setengah jadi inilah yang dibawa pedagang yang kemudian akan membakarnya di atas panggangan sederhana  sampai uli berwarna kecoklatan. Di atasnya kemudian ditaburi dengan gula pasir. Harga per potongnya Rp 1500, untuk potongan kira-kira sebesar 5 x 8 cm.  Rasanya renyah dan gurih.

Iklan

26 thoughts on “Weekly Photo Challenge : Breakfast

  1. bintangtimur berkata:

    Kayaknya saya bakal suka deh sama uli bakar ini…
    Selama ini saya makan ketan *nama lainnya uli kan, mbak…* bakar sama sambal oncom, tapi pas baca ditaburin gula pasir…wah, layak dicoba nih. Bukan apa-apa, saya suka banget roti tawar yang dibakar pake mentega dan gula pasir… 😀

  2. krismariana berkata:

    aku belum pernah makan uli bakar, mbak. lebih suka kue pancong. (eh bener nggak ya namanya?) tapi kalau pagi sekarang aku berusaha makan buah. dulu sih nggak terbiasa, tapi lama-lama enak juga. dan praktis lo 🙂

  3. dey berkata:

    makanan khas di lembang nih Mbak, ketan bakar namanya. Bumbunya banyak pilihan, sambel kacang, sambel oncom atau serundeng kelapa, tapi gak ada yang pakai taburan gula putih.

  4. niee berkata:

    wuiiihhh sepertinya sangat menggoda tuh bun..

    bener bun, aku juga udah sarapan dirumah tetep aja dikantor makan lagi,, gak tahan gak ngunyah 😆

  5. Lidya berkata:

    sate maranggi dicibungur yang enak bun 😀 duh jadi pingin pulang kerumah ortu nih makan sate maranggi.
    kalau ketan itu ada yg lewat depan rumah bun, penjualnya lewat menuju ke pasar kaget

  6. Lyliana Thia berkata:

    Jajanan pagi Indonesia luar biasa variasinya ya Bun.. Surga makanan deh pokoknya.. 😀
    Aku juga suka uli bakar.. Apalagi tape uli.. Wuih.. Klo gak inget sakit lambung bisa sikat smpe habis aku Bun.. Hahaha…

  7. LJ berkata:

    hedehh, aku udah mau tidur disuguhi sarapan uli bakar..

    memang enak banget itu kak, aku sukanya pake bumbu kacang
    belinya di Lembang..

    • monda berkata:

      lebih lengkap ya Tir,
      sate marangginya aja enak banget,
      bumbu oncom? wah ini baru tau… trims ya Tiara

      berarti yang kumakan itu sederhana banget ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s