Cantik, Wangi, Memikat, Layak Pilihkah?

Memilih pasangan, tak hanya dilihat penampilannya. Bila ia cantik, wangi dan memikat layakkah dipilih ? Tentu harus dilihat tingkah laku, kepribadian, dan imannya.

Analogi ini bisa dilakukan ketika memilih tanaman hias. Begini ceritanya.

Di halaman rumah kami ada sebatang pohon yang belum kutahu namanya, padahal sudah bertahun-tahun kami miliki. Pohon ini berbunga kecil, dalam satu tangkai ada dua warna ungu dan putih. Baunyapun harum. Makanya dulu si penjual menyebutnya melati kosta.

Karena penasaran aku mencari info berdasar kata kunci bunga putih ungu. Aku dibawa oleh Google ke Prime Edges, blognyaPrima yang kini sedang inaktif. (rupanya saat artikel terbit, aku belum mengenal dia, pantas info ini terlewat). Bunga ini bernama Brunfelsia uniflora. Nama yang cantik. Ada pula yang menyebutnya bunga yesterday, today and tomorrow sesuai dengan perubahan warnanya, mula-mula ungu yang memucat menjadi pink dan akhirnya memutih.

Info yang kudapat bunga ungu itu akan berubah menjadi putih bila semakin tua. Yang mengejutkan, ternyata bunga ini beracun, bisa menyebabkan kerusakan motorik. Seluruh bagian tanaman ini beracun bila termakan. Info dari situs lain menguatkan juga. Jadi bagaimana menurutmu teman, kupertahankan bunga ini di halaman atau jangan?

Bunga ini dahulu sekali kami beli sehabis wisata ke Taman Bunga Nusantara, di daerah Puncak. Taman seluas puluhan hektar ini berdiri sejak 1995. Letaknya di jl. Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Di taman ini ada banyak jenis bunga lokal maupun bunga dari negara lain. Desain taman bisa saja berganti karena ada bunga yang masa penanamannya singkat. Taman yang ada mengikuti daya Taman Perancis, Taman Amerika, Taman Bali, Taman Mediterania dan taman sesuai jenis bunga, misal mawar, anggrek, dll.

Harga tiket masuk sekitar Rp 20.000,- waktu itu. Selain taman ada juga menara pandang, tempat bermain anak dan kereta untuk mengelilingi seluruh kawasan.

Karena kunjungan kami sudah lama berlalu (saat anak-anak masih kecil), maka untuk info terbaru silahkan kunjungi link di atas saja. Teman bisa lihat keindahan tamannya.

Iklan

56 thoughts on “Cantik, Wangi, Memikat, Layak Pilihkah?

  1. Anonim berkata:

    Apakah bunga/tanaman ini brupa perdu(kira+- 1m atau lbh dari 1 m, apakah batangnya berupa kayu? Tksh u/ infonya.

  2. grandchief berkata:

    wah bagus juga bunganya bisa berubah dari ungu ke putih,tapi kalau beracun mungkin harus agak diwaspadai kalau ada anak kecil,takutnya nanti bisa termakan ūüôā

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s