Phylomemetic: Lagu “Rasa Sayange” Truly Indonesia

Artikel di atas adalah berita ditemukannya cara untuk melacak asal usual suatu lagu, dalam hal ini lagu daerah di Indonesia. Ternyata dengan rumus matematika dan fisika bisa diketahui lagu dari satu daerah mempunyai pola yang sama, sehingga bisa dipastikan Rasa Sayang Sayange berasal dari Maluku, Indonesia.
Ingin tahu lebih lanjut, silahkan menuju link dimaksud di Indonesia Proud.

Indonesia Proud

hokky situngkir di indonesiaproud wordpress comHokky Situngkir masih ingat peristiwa di akhir tahun 80-an itu. Di sebuah pastoral di kampungnya, Sidikalang, Sumatera Utara, dia berdiri di hadapan kakeknya. Bangunan itu sunyi. Di luar, angin kencang sedang bertiup. Sang kakek berhenti menggesek biola.

“Kau dengar suara angin ribut itu?”, tanya sang kakek. Dia menyuruh Hokky menajamkan telinga. Hokky, saat itu masih bocah enam tahun, lalu menyimak desau keras angin.

Si kakek lalu melanjutkan, “Sekarang, adakah kau dengar kicau burung di antara angin ribut itu?”

Sang kakek adalah Liberty Manik atau L.Manik, seorang komponis besar Indonesia, pencipta lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”.

Kini, Hokky berterima kasih pada mendiang kakeknya itu. Lewat L.Manik, telinga alumnus Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) itu diasah mengenal bunyi, dan juga musik. Dia juga akrab dengan lagu tradisional Indonesia. Apalagi, L. Manik juga dikenal ahli Gondang, musik khas Batak.

Hokky adalah anak muda yang menekuni sains, terutama komputasi. Kelompoknya, Bandung Fe…

Lihat pos aslinya 1.085 kata lagi

33 thoughts on “Phylomemetic: Lagu “Rasa Sayange” Truly Indonesia

  1. SITI FATIMAH AHMAD berkata:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda…

    Semoga sihat dan ceria di penghujung pekan.
    Baru aktif ngeblog lagi setelah dilanda sibuk yang menyita waktu untuk ke sana sini menyapa teman2 walau blognya tetap terisi.

    Hebat ya mbak, cara untuk memperolehi sesebuah lagu dan cara mengetahui asa muasalnya.

    Masa kecil dulu, lagu rasa sayang he.. itu selalu dinyanyikan untuk menyemangati anak-anak yang sudah lesu belajar. pantun yang mengiringinya juga pantun penuh motivasi.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

  2. niee berkata:

    segera meluncur ke TKP bun.. tapi baru tahu juga ternyata bisa pake rumus matematika gitu yak.. aaahhh seniman nasional kita emang TOP BGT dah😀

  3. Dhenok Habibie berkata:

    oalah ternyata bunda lagi memanfaatkan fungsi reblog to.. dhe dulu pernah nyoba reblog bund, tapi kok yaa jadi kayak postingan gitu.. langsung dhe delete aja, dan belum pernah nyoba reblog lagi..

  4. budiastawa berkata:

    Mantap, Bunda. Bunda telah berhasil menerapkan fasilitas Reblog dari WP.Com. Tapi sayangnya bunda tidak menuliskan apapun di artikel reblog ini. Lebih bagus lagi kalau Bunda menambahkan sedikit isi dari cerita itu. Sip.

  5. Clara Croft berkata:

    keren, ternyata ada juga cara mematahkan ide curi dari negara lain. Memang iya, kalo ngomongnya lagu mirip memang Malaysia mestinya klaim lagu Riau ato Kalimantan yang deket ama mereka ya? Mudah2an nanti juga ada anak muda bangsa yang mencari DNA tari-tarian dan membuktikan kalo tari pendet juga ga mungkin punyanya MAlaysia🙂

  6. LJ berkata:

    tadinya masih bingung ttg cara reblog.. xixi.

    sudah baca lengkap di sana dan Wow banget..!
    laksana menelisik DNA manusia.
    beginilah yang seharusnya ya kak..
    gak usah uring2an debat kusir tentang kepemilikan
    bicaralah saja dengan ilmu.. dan yg curang akan malu sendiri
    Subhanallah.

    • monda berkata:

      untunglah ada fasilitas reblog, tinggal klik dan langsung ada konfirmasi dari wp.com untuk tanya komentar kita
      jadi selamatlah kita dari copas dan ngambil hak cipta orang lain he..he.. karena pembaca di sini langsung ke link asli

      mantaplah ya…. orang2 jenius ini sampai pada pemikiran tentang pelacakan asal usul lagu…

  7. nh18 berkata:

    Sama dengan komentar Kak Monda di sana …

    Ini luar biasa …
    mereka meneliti sekuense lagu … dan meneliti probabilitas dengan kesamaan sekuens lagu dari daerah tertentu …

    Ini gabungan dari penguasaan teknologi yang tinggi … kehalusan cita rasa seni … dan Kebanggaan sebagai Anak Bangsa Indonesia …

    Saya suka sekali tulisan itu …
    Terima kasih Kak Monda telah me reblognya …

    Salam saya

    • nh18 berkata:

      dan saya rasa … cara yang sama … bisa juga untuk meneliti … lagu-lagu jaman sekarang …

      Ini lagu ciptaan siapa …
      karena biasanya juga ada kemiripan penggalan nadanya …

      (lha melebar …)(trainer nggak boleh dikasih kesempatan untuk bicara musik …)(qiqiqiqiqi)

      • monda berkata:

        sangat bangga ada penemuan ini oom, hebat betul… kagum..
        pokoknya banyak kata pujian deh..

        untuk lagu sekarang rasanya bisa juga ya oom,
        lagunya Yovi Widianto itu contohnya ka.., sepintas dengar aja sudah tahu itu ciptaannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s