Pekan Budaya

Sabtu lalu, sepulang bekerja kumampiri pameran Pekan Budaya Republik Islam Iran yang berlangsung tanggal 7-13 Maret 2012 di Museum Nasional. Pameran diadakan oleh Ministry Culture and Islamic Guidance dari Iran bekerja sama dengan Kementrian Diknas.

Pameran menampilkan karya seni para artis dari negeri itu. Ada pameran foto suasana di negeri Iran. Juga ditampilkan karya seni berupa kaligrafi di berbagai media, antara lain lempeng logam ( entahlah kuningan atau tembaga), kayu dan kertas, juga lukisan, busana, karpet, dan seni glass blowing.

Foto di atas tampak para pengunjung mengamati artis yang sedang membuat kaligrafi di atas kayu. Bapak ini juga mempersilakan pasangan muda berfoto dengan akting mengukir kaligrafi.

Di sebelah pengrajin ini ada meja pelukis kaligrafi yang bersedia menuliskan di atas kertas khusus nama pengunjung dalam aksara Hijaiyah, dengan syarat pemilik nama menuliskannya dulu dalam huruf Arab.

Foto berikut di atas adalah artis glass blowing sedang beraksi. Ia memanaskan batangan gelas dengan api yang tampaknya bersuhu tinggi. Batang gelas itu bisa memuai, diputar dan ditiup. Saat itu ia menampilkan cara membuat bangau kecil.

Para artis ini berkomunikasi dengan pengunjung cukup unik, ada yang didampingi penterjemah, ada yang mampu berbahasa Inggris dan ada pula yang hanya memakai bahasa isyarat.

Dari pameran ini pengunjung mendapat souvenir sebuah buku foto mengenai tempat-tempat menarik di negara itu berjudul The Land of Unexplored Wonders, 1 buah repro lukisan khas dan 1 buah repro kaligrafi. Bahkan artis kaligrafi logam itu memberikan tambahan foto reproduksi karyanya.

Selain pameran, pekan budaya ini juga memutar film di Taman Ismail Marzuki. Film Iran pernah beberapa kali diputar di televisi nasional. Temanya banyak yang menarik. Sayang tak sempat menonton, aku tahu pekan budaya inipun sudah menjelang waktu penutupan.

Iklan

26 thoughts on “Pekan Budaya

  1. bunda lily berkata:

    selalu suka dgn postingan BuMon yang detail kayak gini………….
    jadi nambah wawasan 🙂
    terus…..beli berapa buah tuh si karpet nya BuMon??
    (ngiler, apa daya nang hadong hepeng) 😦
    salam

  2. PakdeNe Arek-arek berkata:

    Karya orang2 sana juga bagus2 ya jeng. Orang2 yang naik haji sering pulang mbawa karpet dari Persia segala ha ha ha.
    Kapan ada pameran kayak gini di Surabaya ya.
    Salam hangat dari Surabaya

  3. Yunda Hamasah berkata:

    Pekan budaya Iran, woow kalau di Palembang aku kunjungi Bun 🙂
    Film Iran di TVRI yang aku inget (satu-satunya yang pernah kutonton, hehee… ) yang tentang adik-kakak gantian SEPATU, apa ya judulnya, lupa 😦

  4. marsudiyanto berkata:

    Kalo di Jakarta banyak acara yang bisa dijadikan tempat mampir ya Mbak
    Dikota kecil mana ada.
    Tuhan Maha Adil.
    Kotanya macet tapi ramai dan banyak tempat yang bisa dikunjungi. Sebaliknya kota yg nggak kenal macet dan suasananya tenang, kegiatanpun jarang dan kurang hiburan

  5. Mabruri Sirampog berkata:

    duuuhhhh, sneng ya bun bisa lihat budaya2 orang luar, apalagi ini Iran, negeri Islam yang tentunya sedikit2 sudah banyak kita kenal.
    Senang banget belajar kaligrafi. Terahir aku bikin kaligrafi kapan yah?? kayaknya waktu masih SMP. Sekarang ga pernah bikin lagi.. 😦

  6. ~Amela~ berkata:

    waaah.. pingiiin..
    pas lagi di jakarta dulu ga sempet maen2 ke pameran gini..
    maklum anak kos terkendala di ongkos
    sekarang, giliran ada duit sendiri malah jauuuh. hahha

  7. mama hilsya berkata:

    glass blowing ini pernah jadi mata pelajaran di sekolah dulu (bilangnya meniup kaca). hasilnya saya selalu ketakutan tiap akan memutar kran gas dan bentuknya ga pernah bagus.. selalu mletat-mletot.. salut sama artis glass blowing, kereen!

  8. LJ berkata:

    buatmu kak, sajian budaya yang begini ini santapan lezat..
    buatku, hiks.. berkatmu mulai agak mencintai.
    dulu di madinah diajak ke museum.. aku punya foto2nya
    tapi gak menelusuri sepenuh hati..

    menyesal, aku menyesal.. 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s