Kantongi Sampahmu

Perilaku buang sampah sembarangan masih saja ada di mana-mana. Yang melakukannya bukanlah insan tak berpendidikan, tetapi pegawai negri yang masih berseragam dinas, pegawai swasta yang berkantor di daerah bisnis elit pelajar SMA, penumpang mobil pribadi dan lain-lain.

Mereka dengan santainya membuang bungkus makanan atau minuman di bawah kursi angkutan umum atau membuang ke jalan. Padahal peringatan sudah dipasang di mana-mana. Jika alasan tak ada tempat sampah, mengapa tidak dibawa saja dulu, dikantongi, disimpan dalam tas, dibuang ketika sudah bertemu tempat sampah.

Apa perlu dibuat slogan baru “kantongi sampahmu ” untuk melengkapi “Buanglah sampah pada tempatnya”

Teringat kejadian masa puluhan tahun lalu, yang masih membekas tentang seorang teman ibuku. Tante ini orang Jepang yang menikah dengan orang Indonesia. Beliau sempat jadi bahan omongan ibu-ibu lainnya dan dicap jorok karena menyimpan tissue bekas pileknya ke dalam tas.

Masa 30 tahun telah berlalu dan kita masih belum bisa bersikap yang baik seperti itu.

20120520-214043.jpg

Sekalian, untuk pemilik akun di twitter  tweet dengan #sobat bumi  tentang  lingkungan hidup, 2 tweet akan setara dengan 1 bibit pohon, ini adalah program CSR dari Pertamina.

Iklan

57 thoughts on “Kantongi Sampahmu

  1. bintangtimur berkata:

    Sampai sekarang, bungkus dan kertas apapun selalu saya masukkan ke dalam tas kalau sedang tidak ada tempat sampah di deket-deket situ…tapi sayang sekali mbak Monda, saya nggak punya akun twitter, jadi nggak bisa partisipasi deh 😦

    • monda berkata:

      partisipasi mbak Irma udah cukup banget, dan mudahan di lapangan di Garut itu ada yg ngikuti jejak mbak, ngambilin ceceran buangan orang malas

  2. Imelda berkata:

    Masak sih Kai yang 4 tahun, bisa membuka bungkus permen dan memasukkan dalam kantong/ tasku hanya supaya tidak buang sembarangan? Malu dong sama anak kecil 😀

    • monda berkata:

      iya memang anak kecil lebih disiplin lho… orang dewasa kok mundur ya…
      si sulungku juga pernah protes padaku ngeliat orang buang bungkus jeruk di angkot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s