Lidah Ungu

Lidah berubah warna menjadi ungu bila memakan buah tanaman liar yang satu ini. Cobalah makan buah senduduk, sudah pernahkah? Belum tahu buah senduduk ?

Buah senduduk itu buah hutan dari pohon serupa perdu. Nama ilmiahnya Melastoma malabathricum. Pohon liar ini punya deretan nama lain yang keren yaitu Malabar Melastone, Indian Rhododendron dan Singapore Rhododendron. Belum kuketahui nama yang umum dikenal di negara kita, karena tiap daerah punya nama tersendiri. Senduduk itu sebutan di masa kanak-kanak di Sumatera Utara yang sama dengan bahasa Melayu. Di tanah Minang disebut sikaduduak, sedangkan teman-temanku di Kalimantan Timur mengenalnya dengan nama karamunting. Coba sahabat lihat bunga pohon senduduk ini , bisa mengenali?

Bunganya indah berwarna ungu berdaun tebal dan berbulu, bila dipegang terasa agak tajam. Buahnya berbentuk lonceng terbalik, berwana keunguan. Bila telah matang buah akan pecah merekah seperti delima dan daging buahnya sepeti butiran pasir.

Semasa kecil buah ini selalu dicari. Ketika main petak umpet alias berondok alias sembunyian, aku dan teman-teman main masa kecilku bisa berubah haluan berhenti main, dan malah mencari buah matang merekah. Rasanya manis dan menjadikan lidah berwarna ungu. Ternyata tanaman, termasuk bunga dan buahnya, bisa membangkitkan kenangan masa kecil. Maka, senang sekali ketika menemukan tanaman ini di daerah Lembang, di halaman penginapan tempat training.  Kalau di situ tampaknya sengaja ditanam. Segera kupetik buahnya yang ranum dan memakannya, ingin merasakan sensasi petualangan di masa kanak-kanak. Memang, memakan buah ini lagi langsung terbayang  keriaan  masa bermain, tetapi ada pula rasa yang hilang, kenikmatan. Makan buah di masa berusia lanjut tak senikmat memakannya  saat masih bocah bau kencur.

Di daerah tempat tinggal sahabat tanaman ini disebut apa?  Tambahan info dari komentar mbak Prih yang ahli tanaman  ” Lebih mengenalnya dengan harendong (Sunda) mbak, saat kuliah berkali disebut sebagai bioindikator tanah masam, baru berikutnya tahu sebutannya senggani (Jawa).  “

33 thoughts on “Lidah Ungu

  1. Wong cilik berkata:

    Belum pernah liat buah yang seperti itu. Tapi waktu kecil juga suka makan buah yg membuat lidah berwarna ungu, di tempat saya di sebut Duwet …

  2. naniknara berkata:

    wah baru kali ini lihat gambarnya dan tahu namanya. Padahal saya lahir dan besar di kampung. tapi seingat saya kok nggak ada tanaman itu.

  3. Nh Her berkata:

    Sepertinya … lamat-lamat saya juga pernah mengalami sensasi lidah biru ini …
    namun saya tidak ingat apa nama tanaman ini

    Salam saya Kak

  4. bintangtimur berkata:

    Belum pernah lihat mbak, malah saya baru tau tentang buah ini di posting mbak Minda ini…duh, apa saya yang kurang gaul ya waktu anak-anak dulu?
    Yang saya tau dan suka itu uah arben *nulisnya gimana ya…*, juwet/jamblang dan kersen…biarpun agak-agak asem, tapi semuanya nikmat buat lidah anak kecil yang seneng coba-coba hal baru😉

  5. prih berkata:

    Lebih mengenalnya dengan harendong (Sunda) mbak, saat kuliah berkali disebut sebagai bioindikator tanah masam, baru berikutnya tahu sebutannya senggani (Jawa). Loh buahnya bisa dinikmati ya. Salam

  6. mechtadeera berkata:

    Wah..aku baru lihat di sini… jadi ikutan penasaran, mbak.. *maklum, ada ungu2 nya sih..hehe..*

  7. danirachmat berkata:

    Baru pertama kali lihat buah ini Mba Monda, bunganya cantik ya.
    Kalo kecil dulu suka makan buah kersen, apa ya bahasa Indonesianya? kalo anak-anak surabaya ngomongnya Keres. Kayak cherry gitu, pohonnya kokoh tinggi. Jadi sekalian belajar manjat juga.😀

  8. Arman berkata:

    wah seperti biasa, saya gak tau bu. gak pernah ngeh ama tanaman2 dan buah2an begini. huahahaha.

    tapi ngebaca lidah ungu, jadi inget kejadian beberapa hari lalu. si emma bibir ama lidahnya jadi ijo semua… gara2.. dia makan kertas krep ijo hasil prakaryanya andrew! ampun dah… huahahahhaa

  9. Imelda berkata:

    wah saya baru tahu juga mbak soal bunga dan buah ini. Tapi kalau baca namanya Rhododenron, banyak di sini yang serupa. Tapi memang belum pernah lihat ada yg berbuah

  10. marsudiyanto berkata:

    Dengar namanyapun baru sekali ini Bu…
    Senduduk itu serumpun dengan sejongkok ya😀
    Dulu pernah ada permen yang kalau dikunyah lidah kita jadi ungu.
    Kalo nggak salah merknya Jagoan Neon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s