Kopdar Wisata Silaturahmi

Kopdar seminggu penuh baru kali ini kurasakan, bertepatan dengan libur anak sekolah.  Setelah bersepakat dengan anak-anak yang ingin wisata ke luar Jawa, akhirnya kami memilih ke Sumatera Barat saja.

Siapa lagi yang dihubungi di sana, kalau bukan eMak Ladang Jiwa,  apalagi  menurut saran saudara lebih baik memilih basis di Bukittinggi, lebih dekat ke mana-mana. Pengalaman dahulu yang menginap di Padang di rumah tanteku memang membuat perjalanan terasa lebih jauh. Kumintakan eMak supaya mengatur jadwal ke kota-kota tujuan wisata yang kuinginkan dan juga tempat-tempat cantik yang pernah muncul di Ladang Jiwa.

EMak juga yang memilihkan kendaraan dan supir yang baik, tak emosional.  Berdua dengan pak supir, mereka mengatur jadwal yang paling efisien, karena jarak antar kota yang cukup berjauhan. Sangat beruntung dan tak menyangka sama sekali emak bersedia mengambil cuti dan tak praktek sore untuk menjadi teman seperjalanan sekaligus pemandu. Terimakasih banyak ya mak.. Kopdar dengan eMak ini  adalah kopdar ke dua kalinya, setahun setelah kopdar pertama di Jakarta.

Lengkaplah, perjalanan di Sumatera Barat mencakup banyak wisata, wisata silaturahmi, wisata  alam, wisata sejarah, dan yang tak pantas dilewatkan yaitu wisata kuliner.  Ceritanya nanti ya satu persatu, terus terang bingung harus menceritakan apa dulu karena banyak sekali bahan cerita.

Salah satu kota yang kami kunjungi  di hari ke empat adalah Sawahlunto, kota tambang yang berbudaya. Di sini ada teman blogger, Fitri Melinda. Gadis cantik yang suka trekking   ini dikontak juga untuk kopdar . Kami menjemputnya di rumah kontrakannya di Talawi dan meminta  Fitri menjadi pemandu juga. Kopdarpun terjadi di dalam mobil dalam perjalanan menuju Sawahlunto.  Fitri menawarkan beberapa obyek yang bagus,ke air terjun, ke puncakbukit untuk memandang kota Sawahlunto atau calon desa wisata Rantih, tetapi karena cuma bisa setengah hari di sana, maka kami hanya bisa tour dalam kota.

 

Rabu sore sampai  Minggu pagi kopdar dengan emak LJ, setengah hari dengan  Fitri, dan Senin pagi kembali kopdar berlanjut, seminggu penuh bukan?. Kali ini  dengan teman blogger lainnya, Niee teman blogger sekaligus sahabat penaku  dari Pontianak yang mampir dalam perjalanan untuk diklat di Bandung dan Una, gadis aktif dari Jakarta Selatan. Niee telah menghubungiku seminggu sebelumnya, setelah dicocokkan  kami hanya punya waktu kencan pada hari Senin pagi, jam 9.30 sampai 11.00, karena saat itu  aku masih cuti, dan sesaat sebelum Niee berangkat ke Bandung.

Kami bertemu di Sarinah Thamrin. Aku datang terakhir, Una dan Niee sudah menunggu di McD. Kedua gadis ini sangat gampang dikenali, apalagi belum banyak pengunjung di pagi itu. Dua gadis  muda enerjik ini mau juga ya bertemu ibu-ibu yang  sudah  dua kali lipat umur mereka he..he…Mereka berdua ini kukagumi karena isi blognya mencerminkan kecerdasan mereka,dan setelah bertemu langsung kesan gadis pintar dan ramah tampak semakin nyata.

Setelah Niee selesai sarapan,  mereka berdua kuajak pindah tempat ke foodcourt di basement. Ada tempat yang cukup nyaman di situ, Soto Betawi Bang Thamrin.  Asinan dan es selendang mayangnya menurutku enak. Una dan Irni setelah didesak mau juga ikut memesan asinan, karena Irni baru saja makan, mereka akhirnya memilih sepiring    berdua saja. Selain itu, kutawari Una untuk memesan makanan yang mirip rawon karena pakai kluwek, bernama  gabus pucung,yang  isinya ikan gabus. Di postingan nya Una pernah menulis tentang rawon, dan belum pernah tahu makanan sejenis dari Betawi. Tapi Una tak mau karena  terpengaruh ceritaku yang masih belum bisa merasakan nikmatnya gabus pucung,he..he…

Senangnya  merasakan  berkah ngeblog, makin banyak sahabat di mana-mana, semoga silaturahmi terus  terjaga, silaturahmi katanya bisa memperpanjang usia ,  entahlah kata siapa itu.

88 respons untuk ‘Kopdar Wisata Silaturahmi

  1. Imelda berkata:

    wah mbak Monda beruntung sekali ya mendapatkan guide yang intelek, ditambah tukang motret lagi 😀 Potretin kita juga dong eMakkkkkk

  2. ded berkata:

    Wahh, ditunggu postingannya selama di Sumatera Barat ya Mb. Ngomong-ngomong klo habis lebaran ini saya jadi pulang kampung pengen ketemu eMak juga ah. Mudah2an eMak bisa ya… 🙂

  3. mechtadeera berkata:

    alhamdulillah ya mbak… seru sekali.. 🙂
    *duduk manis nunggu posting lanjutan ttg tempat2 indah itu ah..*

  4. Applausr berkata:

    kok ga ngajak ngajak toh ya…… saya juga mau toh….. semoga bisa ketemu suatu hari ya…

    Una memang anak muda yang hebat itu…. 🙂

  5. Vyan RH berkata:

    jurnal “duo butet” muncul juga….
    ka Monda tega ngga ngajak aku, padahal aku kan petugas kebersihan di Jam Gadang.. 😀 😀

    • Vyan RH berkata:

      Taruko, Rumah Bung Hatta, Sawahlunto, Harau Payakumbuh, Batusangkar, Anai, Rumah Puisi dan Maninjau udah didatangi. Tinggal Carocok Painan dan Lobang Jepang yg belum… 😀

      • LJ berkata:

        lobang jepang gak bisa masuk.. pagi itu masih tutup paktuo..

        kita sih berani aja turun sampai tembus ke ngarai,
        sayang banget.. krn masih tutup kita foto didepannya ajah.

        dulu berdua mamih kan kita sampe juga tembus ke ngarai..

  6. prih berkata:

    Safari kopdar seraya wisata SumBar nih. Bersabar menunggu seri postingan negeri Marah Rusli. Selamat menyambut Ramadhan kiranya dianugerahi kekuatanNya.

  7. Lyliana Thia berkata:

    Subhanallah Bun… Berkah selalu ya Bunda dengan banyak2 silaturahmi.. 😀
    Maaf Bun saya baru silaturahmi kesini.. 🙂

    Selamat memasuki bulan puasa Bunda… Mohon maaf lahir batin ya… 🙂

  8. Nh Her berkata:

    This is the beauty of blogging …

    (kalo diperhatikan … NIe Potianak ini mirip mukanya dengan Bibi Bandung …ya Kak ? .. Iya nggak sih ??? )

    Salam saya

  9. Niar Ningrum berkata:

    wuuhh sseminggu kopdar sama mbak LJ nan ayu 😀
    Ada mbak fitri juga, weh weh weh, itu bener2 puas yaa bunda 😀

    Mbak una si kriwil nonggol juga dimari, xixixixi 😀

    Indahnya persahabatan di dunia blogger 😀

      • wibisono berkata:

        terakhir kopdar bulan november kemarin mbak. ikut kopdar blogger nusantara..

        sebenarnya tiap bulan ada kopdar komunitas blogger solo bengawan tapi selalu ada acara yg lain juga..

  10. dey berkata:

    asik banget ya mbak, wisatanya bisa sekalian.

    Selama liburan ini, saya juga banyak kopdar nih, soalnya banyak temen2 dunia maya yg berkunjung ke Bandung. Ada 5 kali kopdar dengan banyak banget teman maya … 🙂

  11. LJ berkata:

    ihiiyyy.. mulai deh jadi ratu kopdar.. ngalahin Nchie.. 😛

    jadi gimenong pas ketemu emak lg setelah setahun,
    ternyata benar pendiam kaaannn..??!!!

    #langsung dpt lirikan tajam dari indira dan inka. =))

  12. niqué berkata:

    mana gambar makanan di ranah minang kak? pasti sodap2 juga kan?

    gara2 liat gambar asinan itu di blog Una tadi, secepatnya harus njajal nih, apalagi es selendang mayangnya, mana harganya gak bikin boncos pula hehehe

    btw, yang gabus pucung kok aku gak menemukan enaknya ya kak, apa karena masak sendiri ya hahaha … mesti nyobain masakan asli dari ahlinya kayaknya biar bisa bandingkan masakanku waktu itu kurang apa sehingga rasanya jadi aneh gitu 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s