Bunga Dalam Hidung

Di infotainment beberapa hari lalu ada Alyssa Subandono yang dilarikan  ke rumah sakit untuk mengeluarkan tissu kertas dari hidungnya. Ya  ampun besar juga lho  itu tissunya,di tv terlihat jelas ukurannya karena  kameramen merekam  proses pengambilan tissu.  Kejadiannya berawal   dari lokasi shooting  sinetron yaitu ketika melakukan  adegan berbelanja durian di supermarket. Karena tak tahan bau durian, si cantik Alyssa Subandono  menyumpal sendiri  hidungnya  memakai tissu selama proses perekaman adegan. Apa daya kemudian tissu   tak bisa dikeluarkan.

Teringat cerita  ibuku tentang kisah masa kecil, sewaktu balita aku pernah mengalami kejadian serupa itu. Yang kumasukkan ke hidung itu biji bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) yang berbentuk bulat hitam. Masalah terungkap gara-gara dari  hidungku tercium bau tak sedap. Untung mamaku bisa mengeluarkannya  sendiri dan tak perlu dibawa ke rumah sakit.

bunga pukul empat

Lain lagi cerita saudaraku yang tak sengaja  menelan uang logam kecil, pecahan sepuluh rupiah .  Kejadian itu segera terlihat dan bisa langsung ditangani dengan menepuk punggungnya.  Untung saja tak ada kejadian fatal menimpa kami berdua. Memang menjaga anak kecil itu tak boleh lengah,  tak boleh silap sedikitpun. Anak-anak cenderung memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Oleh karena itu harus berhati-hati meletakkan barang-barang seperti obat-obatan, cairan kimiawi lainnya,  benda tajam, atau benda yang berat. Bahkan makanan pun bisa membahayakan, hati-hati ketika anak makan bakso atau rambutan sendiri, ada resiko tertelan atau tersedak. Bila ada kejadian seperti tersedak itu segera lakukan pertolongan pertama, yaitu dengan menelungkupkan anak dan menepuk punggungnya.

33 thoughts on “Bunga Dalam Hidung

  1. danirachmat berkata:

    Mba Mondaaa.. kemaren saya juga mengalami kejadian yang hampir serupa sama Aaqil, dia makan bagian kecil yang dipasang di frame foto. Haduuuh, kalo inget kejadian itu serem banget. Untung ketahuan Mbaa. Bener banget jaga anak kecil ga boleh lengah..

  2. bintangtimur berkata:

    Iya mbak, menjaga anak kecil itu tidak mudah, apalagi di usia anak yang sedang senang-senangnya memasukkan segala barang ke mulutnya…
    *Eh, saya kok nggak lihat berita tentang Allysa Subandono ya*

  3. niee berkata:

    Aku juga pernah bun. Semacam bulu boneka gt. Malah sampe beberapa hari. aku nya pilek terus. ketahuan pas bulunya keluar sendiri gt.. hiii

  4. nh18 berkata:

    Kak …
    tulisan kakak ini mengingatkan saya akan suatu kejadian dulu …
    menimpa si Sulung …

    Hidungnya tak sengaja kemasukan … pelor pestol-pestolan … yang bulat kecil berwarna kuning atau merah …

    kita ke dokter THT … Alhamdulillah … peluru plastik tersebut bisa dikeluarkan …

    Mulai saat itu … saya buang semua pistol-postolan yang mengandung peluru kecil-kecil itu …
    bahaya

    salam saya Kak

    • monda berkata:

      iya oom inget ada mainan itu …
      banyak mainan yang sebetulnya tidak aman untuk balita ya oom..
      saking parnonya dulu nggak berani kasih anak makan kacang, bulat, musti dialusin dulu

  5. mechtadeera berkata:

    putra seorang teman juga pernah harus dibawa ke puskesmas karena memasukkan kacang hijau ke hidungnya… ah, anak2 memang selalu ingin tahu ya mbak… eh, bunga itu kalau tidak salah kembang Pacar banyu… begitu kami menyebutnya, dulu senang menempelkan warna-warni helai bunganya ke kuku..hehe..

  6. prih berkata:

    Pengingat bagi setiap kita yang menjaga kanak2 ya mbak. Beberapa saat lalu putra seorang teman juga harus o p telinga kemasukan benda asing. Salam

  7. Evi berkata:

    Saya juga pernah mengalami kejadian serupa Mbak Mon, memasukan gumpalan kapas ke hidung. Gak tahu untuk apa waktu itu. Makin dikeluarkan makin dalam masuknya. Aku jadi panik. Untung melihat pinset, jadi deh gak perlu merepotkan orang krn akhirnya bisa mengeluarkan sendiri

    • monda berkata:

      sakaing nggak tahannya bau durian itu katanya Lung…, tapi gimana kalau harus shooting he..he,,, ada nggak alasan putusin kontrak gara2 bau duren

  8. Arman berkata:

    iya kalo ama anak kecil emang mesti ati2 dah… soalnya emang suka apa2 dimasukin ke idung/mulut.

    tapi yang alyssa subandono itu kok bisa sih sampe tisunya gak bisa dikeluarin… serem juga ya..

  9. LJ berkata:

    eyampun, MS kecil itu iseng juga ya masuk2in biji bunga ke dalam hidung.😛

    baso itu tyt bahaya banget kak.. di luar negeri sudah ada anak sekolah yg tersedak bakso lalu meninggal… aku baca di food detik.

    • monda berkata:

      MS kecil itu banyak kejadian aneh2 he..he…, dulunya hiperaktif …

      iya betul ada kejadian dengan bakso itu,
      kalau yang tertelan rambutan itu di dalam negri, bulan lalu …ada di tv
      anak itu lagi ngulum rambutan, terus mendongak ngelihat tokek lewat, teman2nya pada ketawa2, eh dianya langsung tersedak, meninggal juga mak..

  10. mama-nya Kinan berkata:

    hmmm bener banget bunda….jadi ingat sama kinan…saat usia 7 bulanan, saya bikin bubur ceker dengan langsung masukin cekernya tanpa diambil kaldunya saja…ternyata cekernya hancur…dan ada tulang yang pecah pecah jadi kayak duri..saya heran ini anak kenapa disuap kok masih kayak ngunyah aja padahal dah lama dan udah abis buburnya dimulut..iseng saya aja untuk membuka mulut dengan setengah dirayu…betapa kagetnya saya..ada tulang ceker kecil yang menyerupai duri masih di kunyah kunyahnya dimulut..ya allah rasanya jantung saya berhenti berdetak kaget….dan terus berucah alhamdulilah ya allah ternyata kinan pinter nggak ditelan atau tetelan tulang kecil yang kayak duri itu…setelah itu kalo bikin bubur dengan ceker, saya bikin kaldu cekernya dulu….

  11. Ni Made Sri Andani berkata:

    Ya ampun… kokbisa punya ide memasukkan biji bunga kembang pukul empat itu ke hidung ya ?
    Aku dulu malah takut ..jangan sampai ada biji yang masuk ke tubuhku.. misalnya tertelan tanpa sengaja. Soalnya kata sepupuku, nanti bijinya tumbuh di perut lho… Aduuuh takutnya minta ampun..

    • monda berkata:

      ..
      pintar juga ya temannya kasih alasan…, jadi takut ada pohon keluar ya mbak
      hi..hi…,
      aku kecil itu emang iseng banget sih mbak….
      pernah mau ambil ular kecil yg lewat …aku bilang itu tali cantik, padahal ternyata ular berbisa lho, untung ada yang jagain

    • monda berkata:

      biji jeruk juga ya , kacang juga …
      jadinya waktu anak2 masih kecil jadi parno deh…, segala yang kecil2 itu diperhatiin bener.., jangan sampai tertelan

    • monda berkata:

      paling nggak yang kutahu sih emang ada 3 warna bunga pukul empat, merah , kuning dan putih ya bu…, tapi yang paling ngejreng yang warna merah ini ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s